Sukses

4 Tips Rekam Fancam Konser Musik Pakai HP untuk Hasil yang Bagus, Meski Jauh dari Panggung

Liputan6.com, Jakarta - Di pertengahan pertama tahun 2023 ini, Indonesia kembali kehadiran banyak musisi terkemuka dari berbagai negara untuk menggelar konser musik mereka. Tercatat, hingga akhir bulan Mei ini, akan ada sejumlah gelaran konser dari artis K-Pop hingga Jepang, di antaranya Red Velvet, Babymetal, dan Suga BTS (Agust D). 

Momen ini pun menjadi waktu yang pas untuk menikmati musik dari musisi favorit kamu secara langsung. Tak lupa, mengabadikan momen konser atau merekam fancam pun menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilakukan untuk menjadi kenang-kenangan.

Akan tetapi, terkadang jarak menonton yang jauh dari panggung menjadi halangan bagi penonton untuk merekam artis dengan jelas dan jernih. Meskipun tersedia layar besar yang memperlihatkan artis dengan jelas, sepertinya tidak lengkap apabila fancam hanya berisi rekaman layar. 

Perlu diingat pula, sebagian besar konser di Indonesia tidak mengizinkan penonton membawa kamera profesional ke dalam venue. Karenanya, penonton hanya bisa memaksimalkan penggunaan kamera smartphone untuk merekam fancam

Meski kualitasnya tak sebagus kamera profesional, terdapat beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mendapatkan hasil fancam yang bagus. Tak harus membeli tiket VIP, kamu juga bisa merekam dengan baik dari jarak yang jauh. 

Penasaran apa saja? Simak beberapa tips rekam fancam konser untuk dapatkan hasil yang bagus hanya dengan kamera HP berikut ini.

2 dari 5 halaman

1. Atur Resolusi Perekaman Video

Untuk mendapatkan hasil fancam yang jernih, kamu perlu mengatur resolusi video di smartphone kamu terlebih dahulu. Saat ini, beberapa HP sudah memiliki resolusi tinggi seperti Full HD, bahkan 4K. 

Semakin tinggi resolusi yang digunakan, tentu hasil fancam akan lebih jelas dan gambar tidak pecah.

Namun, perlu dipahami bahwa video beresolusi tinggi seperti 4K akan memiliki ukuran yang besar sehingga menghabiskan memori penyimpanan. Karenanya, kamu perlu menghapus beberapa aplikasi atau file yang tak terpakai untuk melonggarkan memori sebelum berangkat ke venue konser.

Selain itu, pengguna juga bisa menyiapkan memori tambahan seperti kartu SD atau layanan cloud untuk menambah penyimpanan ponsel sehingga tidak mendadak penuh dan mengganggu perekaman fancam

3 dari 5 halaman

2. Atur Exposure Secara Manual

Untuk beberapa konser musik yang diselenggarakan secara indoor, minimnya pencahayaan mungkin menjadi masalah yang dihadapi ketika merekam fancam

Tidak hanya itu, terangnya warna-warni cahaya panggung yang silih berganti terkadang membuat fokus video menjadi berubah-ubah dan menghasilkan banyak noise pada video fancam.

Untuk mengatasinya, kamu perlu menentukan titik fokus dan menguncinya agar tidak kembali berubah ketika cahaya panggung berganti. Selanjutnya, coba turunkan exposure atau kecerahan video untuk meminimalisir noise pada gambar fancam.

Dengan metode ini, fancam kamu akan terfokus pada artis di atas panggung yang diterangi oleh lampu sorot. Hasil fancam juga akan terlihat berkualitas tinggi dan jernih dengan minimnya noise yang mengganggu.

4 dari 5 halaman

3. Gunakan Fitur Stabilization atau Berdiri Tegak Saat Merekam

Pada kebanyakan HP saat ini, sudah tersedia beberapa fitur canggih yang dapat membantu hasil rekaman kamu menjadi lebih baik, salah satunya stabilization.

Jika ponsel kamu memilikinya, coba gunakan fitur ini dan atur kembali resolusi serta pencahayaan sebelum mulai merekam.

Fitur stabilization dapat membantu mengurangi guncangan atau shaky ketika mengambil video. Hal ini akan membuat hasil fancam lebih stabil meskipun kamu banyak bergerak ketika merekam. 

Namun jika HP kamu tidak memilikinya, kamu dapat menggunakan kedua tangan untuk memegang ponsel dan berdiri tegak agar tangan tetap stabil. Hindari pula spot yang terlalu ramai untuk menghindari tangan atau tubuh kamu tersenggol dan terhimpit penonton lain.

5 dari 5 halaman

4. Gunakan Lensa Telezoom Kecil

Bagi yang hobi nonton konser, perangkat telezoom mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Alat ini merupakan lensa mini yang dapat menambah kemampuan zoom pada HP kamu menjadi beberapa kali lipat lebih tinggi.

Alat ini akan membantu kamu merekam artis dengan lebih jelas dan dekat ketika kamu berada di posisi yang jauh dari panggung. Dengan menggunakan alat ini, kamu juga tidak perlu terlalu banyak menggunakan pengaturan zoom di HP untuk menghindari hasil yang buram.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan telezoom untuk merekam fancam anggota tertentu dari kejauhan. Namun, pastikan kamu telah mengatur fokus lensa telezoom dengan benar agar bisa menangkap gambar yang jelas dan tidak blur.

Sayangnya, penggunaan telezoom sering kali membuat hasil video sangat shaky karena zoom yang tinggi. Maka dari itu, kamu perlu memegang HP dengan stabil ketika merekam agar tidak banyak guncangan.

Di samping itu, kamu juga dapat mengedit hasil fancam di aplikasi edit video untuk menambahkan stabilization untuk memperbaikinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.