Sukses

Waspada, Pakai Satu Nomor WhatsApp Login di 4 Smartphone Bisa Dijahili Hacker

WhatsApp merilis sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk login satu akun di 4 smartphone, namun selain manfaat, fitur ini juga memungkinkan smartphone pengguna dijahili hacker.

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini WhatsApp memperkenalkan fitur yang memungkinkan satu akun WhatsApp bisa login di empat smartphone berbeda. Kabar kehadiran fitur baru WhatsApp ini disambut meriah oleh pengguna WhatsApp di seluruh dunia, terutama mereka yang punya lebih dari satu ponsel.

Fitur baru WhatsApp yang memungkinkan login satu akun WhatsApp di empat smartphone ini juga memudahkan bagi perusahaan dan organisasi. Pasalnya, satu akun WhatsApp jadi bisa dipakai bersamaan di empat perangkat milik perusahaan.

Kehadiran fitur ini membantu perusahaan meningkatkan komunikasi dengan kemudahan dalam menjawab pesan lebih cepat.

Meski begitu berguna untuk mendukung bisnis dan organisasi, fitur baru WhatsApp ini perlu disikapi dengan rasa hati-hati dari penggunanya. Pasalnya, pihak ketiga bisa dengan mudah menyelinap ke akun WhatsApp kamu. 

Mengutip Gizchina, Selasa (2/5/2023), CEO di perusahaan keamanan Jidaw Systems Ltd, Jide Awe, mengungkap, fitur baru WhatsApp ini bisa membuat pengguna lebih rentan terhadap kemungkinan peretasan pihak lain.

Para penjahat siber juga bisa mengambil manfaat dari peluncuran fitur satu akun login di empat smartphone, untuk menjalankan serangan phishing terhadap para penggunanya.

Dalam sebuah wawancara, ahli keamanan siber ini mengatakan, memiliki banyak perangkat terhubung ke satu akun yang sama bisa memberi hacker peluang lebih banyak. Salah satunya adalah hacker bisa mengakses data pribadi atau mengambil alih akun WhatsApp tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ajak Pengguna Terapkan Keamanan Maksimal di WhatsApp

Jide Awe juga bilang, dengan hadirnya fitur ini, WhatsApp telah menerapkan beberapa langkah pengamanan. Langkah-langkah keamanan ini akan membantu melindungi pengguna dari ancaman semacam itu. Mulai dari enkripsi end-to-end dan manajemen jarak jauh.

Fitur-fitur baru yang dihadirkan tentunya akan memberikan tingkat kenyamanan dan fleksibilitas tertentu bagi pengguna. Pasalnya, fitur ini menyediakan lebih banyak cara bagi pengguna untuk mengakses akun WhatsApp mereka.

"Kemampuan untuk menggunakan hingga empat perangkat berbeda secara bersamaan memudahkan pengguna untuk tetap terhubung dengan kontak mereka," kata Jide Awe.

Ia menambahkan, fitur tersebut memungkinkan pengguna mengelola perangkat mereka dan logout dari jarak jauh. Kemampuan ini memberi kontrol yang lebih besar bagi pengguna atas akun mereka.

 

3 dari 4 halaman

Manfaat Login Satu Akun WhatsApp di 4 Smartphone

Meski begitu, penggunaan fitur baru tersebut tergantung pada preferensi pengguna, pasalnya tidak semua pengguna menganggap fitur login di empat perangkat bermanfaat. Sejumlah orang mungkin melihatnya sebagai cara yang lebih nyaman untuk mengakses WhatsApp di perangkat mereka yang lain. Namun, mungkin saja orang lain lebih suka tetap menggunakannya hanya di satu perangkat.

Dengan persaingan yang dibawa oleh aplikasi serupa, misalnya Telegram, hal ini bisa membantu WhatsApp tetap kuat. WhatsApp pun bisa menarik lebih banyak pengguna dengan fitur ini.

Agar fitur ini berhasil tentu tergantung bagaimana pengguna menerimanya. Untuk melindungi akun pengguna dari penyusup pihak ketiga, peneliti keamanan ini pun menyarankan pengguna mengaktifkan semua fitur keamanan yang tersedia di WhatsApp.

Selain risiko keamanan yang mungkin ditimbulkan, fitur ini akan membantu melindungi obrolan pengguna agar tidak hilang. Pasalnya selama ini banyak pengguna kehilangan akses ke percakapan penting WhatsApp mereka karena kegagalan perangkat.

 

4 dari 4 halaman

WhatsApp Umumkan Satu Akun Bisa Login di 4 Smartphone

Sebelumnya, WhatsApp mengumumkan perluasan fitur baru yang memungkinkan satu akun WhatsApp digunakan di beberapa smartphone secara bersamaan.

Sebelumya fitur serupa sudah dihadirkan oleh aplikasi pesan Telegram, memungkinkan pengguna untuk login satu akun melalui beberapa perangkat sekaligus. Hal ini pun membuat pengguna lebih mudah, salah satunya untuk mengirim file atau tautan link dari satu perangkat ke perangkat lain.

Pada WhatsApp, menurut CEO Meta Mark Zuckerberg, "Kini pengguna bisa login ke satu akun WhatsApp di empat smartphone sekaligus."

Siaran pers WhatsApp menyebut, setiap smartphone yang ditautan akan terhubung ke WhatsApp secara independen. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa pesan, media, dan panggilan pribadi pengguna terenkripsi secara end-to-end.

"Dan jika perangkat utama Anda tidak aktif selama periode yang lama, akun WhatsApp Anda akan secara otomatis keluar dari perangkat pendamping lainnya," tulis perusahaan.

Menggunakan fitur baru WhatsApp ini, perusahaan mengatakan ponsel yang tertaut sebagai perangkat pendamping akan membuat berkirim pesan jadi lebih mudah.

"Sekarang Anda dapat beralih di antara beberapa ponsel tanpa perlu keluar dan Anda dapat langsung melanjutkan chat terakhir Anda," kata platform perpesanan milik Meta itu.

Pembaruan ini telah dirilis ke pengguna secara global, dan akan tersedia di aplikasi WhatsApp semua orang dalam beberapa pekan ke depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.