Sukses

Ingin HP Android Terasa Baru Lagi? Ini 4 Tips yang Bisa Kamu Coba

HP Android memerlukan perawatan rutin agar tetap dalam kondisi yang prima dan mampu bekerja dengan baik. Berikut adalah cara untuk membuat HP terasa baru lagi.

Liputan6.com, Jakarta - Seperti yang kita ketahui, smartphone memerlukan perawatan rutin. Dengan perawatan rutin, kamu bisa memastikan ponsel tetap dapat bekerja dengan baik dalam waktu yang lama. 

Tidak hanya itu, perawatan rutin juga memungkinkan pengguna mengidentifikasi apabila ditemukan masalah pada perangkatnya, termasuk mengatasi dan mencegah potensi masalah lain. 

Namun sebelum mengenal masalah di bagian dalam, pengguna perlu lebih dulu membersihkan bagian luar ponsel, seperti debu atau kotoran. Sebab, HP yang kotor bisa berdampak juga pada kebersihanmu sebagai pengguna. 

Tidak hanya buruk bagi kesehatan pengguna, debu dan kotoran yang terkumpul pada lubang speaker dan port pengisi daya dapat mempersingkat masa pakai ponsel. 

Kendati demikian, perawatan software ponsel juga menjadi hal penting yang perlu dipahami pengguna. Sebab, mungkin saja, pengguna tidak pernah mencoba mengubah beberapa pengaturan smartphone karena tidak mengerti dan membiarkannya begitu saja. 

Untuk itu, seperti dirangkum dari Cnet, Senin (20/03/2023), terdapat beberapa cara sederhana untuk mengatur ulang dan menyesuaikan HP Androida kamu agar tetap dalam kondisi prima, bahkan terasa segar seperti baru lagi. 

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak beberapa cara berikut ini yang bisa kamu coba.  

1. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Selain file, aplikasi yang tidak terpakai juga kerap terlupakan oleh para pengguna ponsel.

Parahnya, aplikasi ini tidak hanya memenuhi penyimpanan dan memperlambat kinerja ponsel. Namun, juga berpotensi mengakses informasi pribadi karena izin yang pengguna berikan saat meluncurkan aplikasi pertama kali. 

Cara untuk menghapusnya dapat bervariasi berdasarkan perangkat, tetapi kebanyakan ponsel memiliki cara yang cukup umum. Setelah menentukan mana aplikasi yang akan dihapus, ketuk lama pada ikon aplikasi dan pilih opsi "hapus instalan".

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Bersihkan File Lama untuk Longgarkan Penyimpanan

Bagi pengguna ponsel, salah satu hal yang paling sering terlupakan adalah file-file lama, terutama unduhan. Saking banyaknya, file yang tidak terlalu penting, seperti tangkapan layar acak dan GIF kiriman teman, dapat memenuhi penyimpanan smartphone.

Untuk mulai membersihkan, periksalah folder Unduhan. Pengguna dapat memilah dan menghapus beberapa file yang sudah tidak terpakai atau tidak diinginkan.

Jika ragu untuk menghapusnya, memindahkannya ke Google Drive juga bisa menjadi opsi yang tepat. Selain itu, pengguna juga perlu memeriksa folder-folder media untuk beberapa aplikasi, misalnya WhatsApp Pictures dan Videos.

Kedua folder ini kemungkinan besar menyimpan media yang sebenarnya sudah tidak penting, seperti foto atau video yang telah dikirim. Meski tidak disimpan dalam galeri, file tersebut masih mengendap dalam penyimpanan WhatsApp sehingga memperbesar ukuran aplikasi.

 

3 dari 4 halaman

3. Sesuaikan Pengaturan Home Screen

Salah satu hal yang menguntungkan bagi pengguna Android adalah kemampuannya untuk mempersonalisasi seluruh tampilan ponsel, baik dengan mengubah pengaturan atau memakai Launcher.

Meskipun Launcher dapat mempermudah pengaturan tampilan ponsel, mulailah untuk menelusuri pengaturan layar home screen yang sudah tersedia. Hal ini dapat memberikan kesan pada ponsel layaknya perangkat baru. 

Pengguna dapat menekan lama pada area kosong di layar utama dan mulai mengubah ukuran kisi aplikasi, tata letak, dan widgets yang bisa memudahkan pengguna.

Walaupun terasa seperti personalisasi kecil, perubahan ini memungkinkan pengguna lebih nyaman dalam mengakses ponsel.

 

4 dari 4 halaman

4. Telusuri Pengaturan Ponsel dan Optimalkan Tampilan

Di samping melakukan personalisasi terkait tampilan, perlu diketahui pula bahwa penyesuaian pada HP Android dapat dioptimalkan untuk memperoleh kinerja sesuai yang diharapkan.

Misalnya, mengaktifkan mode gelap yang akan memberikan tampilan aplikasi yang lebih baik dan menghemat masa pakai baterai. 

Kemudian, pengguna juga dapat menyesuaikan opsi privasi, terutama pada fitur yang sedang tidak digunakan. Untuk mengubahnya, buka aplikasi Pengaturan, lalu pilih Privasi dan Pengelola Izin. 

Telusuri setiap kategori untuk melihat aplikasi mana yang saat ini memiliki akses ke data pribadi pengguna. Jika menemukan aplikasi yang dapat mengakses lokasi, lebih baik matikan ketika tidak sedang digunakan.

Dengan melakukan beberapa langkah di atas, pengguna dapat menghemat daya dan merasakan perubahan yang lebih baik pada smartphone pengguna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.