Sukses

Gampang Banget, Ini Cara Screenshot Panjang di iPhone

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna iPhone mungkin kamu kini sedang bertanya-tanya bagaimana cara mengambil screenshot di perangkat kamu? Gampang banget caranya.

Tapi sebelumnya, kamu perlu mengetahui, saat kamu men-screenshot layar, smartphone kamu menjepret seluruh layar dan menyimpannya sebagai gambar. Screenshot pun bisa dilakukan di smartphone iPhone atau Android.

Lantas bagaimana kalau kamu ingin mengambil sesuatu yang ada di bagian bawah, yang tidak bisa dimuat pada dimensi normal screenshot?

Untungnya, smartphone iPhone atau Android mengizinkan kamu untuk mengambil screenshot panjang dengan mudah.

Cara screenshot panjang di iPhone

Jika iPhone kamu menjalankan iOS 14 atau yang lebih baru, kamu bisa mengambil screenshot panjang tanpa butuh aplikasi pihak ketiga.

Apple menawarkan fungsi ini langsung di dalam tools screenshot di iPhone.

Tool ini berfungsi pada aplikasi-aplikasi yang mendukungnya, misalnya aplikasi besutan Apple atau aplikasi lain seperti Google Chrome.

2 dari 4 halaman

Cara Screenshot Panjang di iPhone

  1. Pada iPhone, masuk ke laman yang ingin di-screenshot panjang
  2. Pencet tombol Power dan volume up secara bersamaan di iPhone, seperti cara biasa saat kamu ingin mengambil screenshot.
  3. Sentuh gambar mengambang yang memperlihatkan thumbnail screenshot pada sisi bawah kiri.
  4. Pindahkan pilihan ke bagian tab Full Tab atau layar penuh pada gambar screenshot. Catatan: berdasarkan panjangnya sebuah halaman, iPhone kamu akan butuh waktu beberapa saat untuk memindai bidang yang di-screenshot. Ketika bisa dilakukan, pengguna bisa melihat dan scroll halaman di dalam tool screenshot. Kamu bisa menandai atau mencoret-coret hasil screenshot, menambahkan teks, atau tanda tangan, dan memotongnya.
  5. Ketika hasilnya sudah kamu pilih, ketuk "Done" yang ada pada sudut kanan atas dan pilih "Save PDF to Files". iPhone pun akan menyimpan hasil screenshot panjang tersebut dalam bentuk PDF di aplikasi Files.
3 dari 4 halaman

Harga iPhone 16 Ultra, Padahal iPhone 15 Belum Rilis

Terlepas dari cara melakukan screenshot panjang di iPhone, desas-desus Apple untuk mengubah nama model "Pro Max" ke "Ultra" tampaknya akan menjadi kenyataan.

Selain lebih mudah diucapkan, perusahaan berbasis di Cupertino ini juga sudah memakai nama "Ultra" di produk Apple Watch terbarunya.

Adapun strategi perubahan nama ini diungkap oleh Mark Gurman dari Bloomberg lewat laporan Power On.

Mengutip Bloomberg via Gizchina, Senin (6/2/2023), Gurman mengklaim Apple bakal merilis iPhone dengan harga di atas kedua model iPhone Pro.

Bila benar, maka besar kemungkinan perusahaan bakal mengganti nama Pro Max ke iPhone 16 Ultra saat debut pada tahun 2024 mendatang.

Informasi, iPhone 14 Pro saat ini dijual mulai dari harga USD 999 atau sekitar Rp 15 jutaan. Sedangkan untuk iPhone 14 Pro Max dibanderol USD 1099 atau Rp 16,5 jutaan.

4 dari 4 halaman

Orang Mau Bayar Mahal Demi iPhone

Dalam salah satu sesi presentasi, Tim Cook, CEO Apple mengatakan kepada investor bagaimana konsumen rela mengucurkan uang lebih untuk mendapatkan HP iPhone terbaik.

"Saya pikir orang-orang bersedia mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan apa yang terbaik sesuai dengan kemampuan finansial mereka," kata Cook.

Hal ini diucapkan Cook ketika ditanyakan soal apakah ada kemungkinan untuk menaikkan harga iPhone.

Rumor tentang kenaikan harga iPhone model baru memang sudah sejak lama jadi pembicaraan internal di Apple.

Perusahaan pun sudah berkali-kali merilis model Pro di lini iPhone, untuk mendorong pengguna mengeluarkan lebih banyak uang.

Karena dibanderol dengan harga mahal, Apple pun tidak segan-segan menggunakan berbagai material, CPU, dan kamera terbaiknya di iPhone 15 yang akan dirilis tahun ini.

Berdasarkan bocoran yang ada saat ini, Apple akan menambahkan lensa periskop ke varian iPhone 15 Pro Max.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.