Sukses

5 Tanda Kamu Perlu Ganti Smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah orang seringkali berganti smartphone ke model terbaru tiap kali ada vendor yang merilis ponsel barunya. Namun, sebagian orang lainnya memilih untuk tetap bertahan dengan smartphone mereka, hingga sudah tidak bisa lagi dipakai.

Khusus buat jenis orang yang kedua, mungkin kamu bertanya-tanya, kapan sebaiknya harus berganti smartphone? Apa iya mau menunggu sampai smartphone yang dipakai benar-benar mati total baru berganti smartphone?

Tentunya menunggu smartphone hingga mati total sebelum membeli yang baru juga bukan keputusan bijaksana. Pasalnya hal ini malah akan bikin repot, misalnya kamu jadi kesulitan memindahkan data ke smartphone baru.

Masalah lainnya, kamu mungkin butuh smartphone untuk berkontak dengan kolega, tapi karena ponsel mati sebelum diganti, hal ini bisa mengganggu pekerjaan. Lantas, kapan sebaiknya kamu berganti smartphone?

Berikut adalah tanda-tanda kamu perlu ganti smartphone:

  1. Baterai Sangat Rusak dan Boros

Setelah beberapa tahun menggunakan smartphone yang sama dan memakainya tiap hari dan baterainya belum diganti, hal ini akan membuat baterai mengalami penurunan kualitas. Sangat wajar karena smartphone selalu diisi daya tiap hari.

Untuk itu, kalau baterai smartphone sudah mulai boros atau bahkan "gemuk", membeli smartphone dengan kapasitas baterai besar mungkin jadi solusi yang baik.

Kamu memang bisa memakai powerbank untuk mengatasi solusi masalah baterai smartphone boros, tetapi penggunaan powerbank justru akan membuat kualitas baterai kian menurun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Memori Sangat Penuh

Kalau kamu pengguna iPhone, setelah baterai mengalami degradasi, kurangnya ruang penyimpanan atau memori adalah penyebab paling umum untuk berganti perangkat.

Perlu dicatat, memori yang sangat penuh jadi masalah universal yang memengaruhi semua jenis smartphone, bukan hanya iPhone tetapi juga Android atau ponsel dengan OS lainnya.

Memang ada sejumlah tips dan praktik terbaik untuk membantu pengguna mengosongkan ruang memori selain menghapus aplikasi dan menghapus file.

Kalau kamu pengguna Android, kamu bisa menambahkan memori eksternal, namun sebenarnya aplikasi yang terpasang di ponsel memakan lebih banyak memori.

Sesekali membersihkan memori mungkin bisa dilakukan. Namun, jika kamu harus menghapus aplikasi untuk bisa menginstal aplikasi baru, mungkin kamu harus mempertimbangkan untuk membeli smartphone baru dengan ruang penyimpanan yang lebih besar.

3 dari 5 halaman

3. Smartphone Mulai Nge-crash dan Lag

Kalau smartphone sudah terlalu lama dipakai, mungkin penggunaan dan berpindah-pindah antara satu aplikasi ke aplikasi lain membuat smartphone nge-lag atau mengalami crash.

Misalnya kamu membuka browser, kemudian membuka WhatsApp, lalu Instagram, atau memakai Waze untuk melihat lokasi dan smartphone kamu nge-lag atau tidak merespon perintah, itu bisa jadi tanda untuk ganti smartphone.

Hal ini pun bisa sangat mengganggu kamu beraktivitas menggunakan smartphone. Apalagi di kondisi sibuk seperti sekarang ini, berbagai hal dilakukan melalui smartphone. Pasti rasanya menyebalkan tiap buka aplikasi, smartphone malah mengalami lag.

4 dari 5 halaman

4. OS dan Aplikasi Tak Lagi Dapat Update

Pengguna smartphone perlu peduli dengan keamanan perangkatnya, salah satunya adalah dengan selalu update sistem operasi atau aplikasi.

Tentu tidak masalah memakai smartphone dengan OS versi lama, tetapi hal ini bisa membuat smartphone jadi lebih rentan. Saat ini vendor smartphone memang memberikan update software untuk jangka waktu yang lama, untuk perangkat kelas menengah, ponsel bisa dapat update OS antara 2-3 tahun setelah rilis.

Sementara bagi ponsel flagship, vendor menjanjikan update hingga 4 tahun setelah smartphone dirilis. Masalahnya, ketika sebuah smartphone tidak lagi mendapatkan update OS, sejumlah aplikasi mungkin tidak lagi kompatibel dengan smartphone tersebut.

Ambil contoh aplikasi WhatsApp yang setop bekerja di smartphone dengan OS lawas. Tentunya hal ini bisa mengganggu aktivitas kamu di smartphone. Jika kondisi ini terjadi, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk berganti smartphone.

5 dari 5 halaman

5. Kamera Mulai Usang

Siapa sih yang tidak butuh kamera di smartphone? Meski bukan orang yang suka berfoto-foto, kamera kini jadi fitur penting di smartphone.

Meskipun saat kamu membeli smartphone, kameranya mampu menghasilkan foto yang bagus, tetapi seiring berjalannya waktu kualitas fotonya bisa jadi tidak sebagus saat awal beli.

Jika kinerja kamera dalam menghasilkan gambar mulai menurun, mungkin ini saatnya berganti smartphone.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.