Sukses

Ini Deretan HP Android Xiaomi yang Bakal Dapat Update MIUI 14

Liputan6.com, Jakarta - Bulan lalu, Xiaomi mengungkapkan update sistem operasi MIUI 14 bersama dengan peluncuran Xiaomi 13 series. Pada acara peluncuran ini, perusahaan hanya mengungkapkan, perangkat mereka yang terbaru akan mendapat pembaruan ke MIUI terbaru.

Oleh karena itu, para pengguna perangkat lawas Xiaomi tidak mengetahui apakah mereka akan mendapatkan update ke MIUI versi terbaru.

Kini, Xiaomi mengungkap informasi lebih detail terkait kapan Xiaomi akan mulai menguji build software untuk perangkat atau smartphone mereka yang lebih lawas.

Mengutip Gizchina, Selasa (25/1/2023), sepanjang akhir pekan kemarin, terungkap bahwa pengguna Redmi Note 9 series dan Poco M2 series akan mendapatkan MIUI 14.

Menurut Xiaomiui, beberapa perangkat di bawah ini akan mendapatkan update MIUI 14:

- Redmi Note 9

- Redmi Note 9S

- Redmi Note 9 Pro

- Redmi Note 9 Pro Max

- Redmi Note 9 Pro 5G

- Redmi 9

- Redmi 10X 4G

- Redmi 10X 5G

- Redmi 10X Pro 5G

- Poco M2

- Poco M2 Pro

Bisa dilihat dari daftar di atas, termasuk di dalamnya perangkat Redmi 9 dan smartphone Xiaomi yang hanya tersedia eksklusif di Tiongkok, Redmi 10X series.

Namun untuk sejumlah alasan, model internasional Redmi Note 9 Pro 5G, Xiaomi Mi 10T Lite 5G, dan Xiaomi Mi 10i 5G tidak masuk dalam daftar smartphone Xiaomi yang mendapatkan update.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tak Dapat Update Android 13

Sebagian smartphone di daftar tersebut telah mendapatkan update dua versi MIUI dan dua Android sebelumnya. MIUI 14 akan menjadi update MIUI ketiga sekaligus yang terakhir bagi perangkat-perangkat di atas.

Sayangnya, smartphone dalam daftar di atas tidak akan bisa di-update ke Android 13. Sekadar informasi, MIUI 14 dikembangkan bagi smartphone yang sebelumnya berbasis Android 12.

Informasi lain juga mengungkap, update MIUI 13 untuk perangkat-perangkat ini hadir belakangan. Sementara pembaruan MIUI 14 digulirkan lebih cepat ke perangkat-perangkat di dalam daftar ini.

3 dari 4 halaman

Tentang MIUI 14

Sebelumnya, Xiaomi resmi mengumumkan kehadiran MIUI 14 bersama dengan kehadiran lini Xiaomi 13. MIUI versi terbaru ini berbasis Android 13 dan dibekali dengan sejumlah perubahan tampilan, fitur baru, termasuk peningkatkan kolabroasi antar perangkat.

Dikutip dari Gizmochina, Selasa (13/12/2022), Xiaomi menyebut MIUI 14 memiliki firmware yang lebih kecil dibandingkan MIUI 13, serta mengadopsi arsitektur sistem yang ditingkatkan. Dengan demikian, MIUI 14 memiliki kinerja dan efisiensi lebih baik.

Di sektor desain, MIUI 14 hadir dengan sejumlah perubahan ikon maupun keseluruhan tampilan antarmuka. Kini, ikon aplikasi tampil lebih besar dan bisa disesuaikan ukurannya.

Format widget pun tampil lebih segar, begitu pula dengan folder di Home Screen, sehingga pengguna diberi opsi kustomisasi lebih luas. Yang menarik, ada pula widget baru untuk tumbuhan dan hewan yang bisa diletakkan di Home Screen.

4 dari 4 halaman

Peningkatan Kinerja dan Privasi di MIUI 14

Bicara soal kinerja, Xiaomi mengklaim MIUI 14 lebih ringan dibandingkan pendahulunya. Perusahaan asal Tiongkok itu juga menyebut performa sistem pada MIUI telah meningkat 60 persen.

Secara keseluruhan, ukuran firmware MIUI 14 juga lebih kecil hanya sekitar 13.09GB. Pembaruan turut dilakukan pada opsi manajemen notifikasi, sehingga pengguna bisa menutup notifikasi hanya dengan satu satuan.

Pada MIUI versi terbaru ini, fitur privasi juga ditingkatkan kemampuannya oleh Xiaomi. Kini, semua tindakan dalam sistem dilakukan secara lokal di perangkat, tanpa ada data pengguna yang disimpan di cloud.

Sejumlah fitur berbasis kecerdasan buatan turut dibenamkan di MIUI 14, salah satunya adalah kemampuan ekstraksi teks dari gambar.

Xiaomi juga juga meningkatkan kemampuan asisten suara berbasis kecerdasan buatan untuk melakukan sejumlah tugas berbekal perintah suara sederhana.

(Tin/Isk)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS