Sukses

8 Cara Temukan Email Tertentu dalam Hitungan Detik: Tips Gmail Level Dewa

Liputan6.com, Jakarta - Gmail adalah layanan email andal dan serbaguna, tetapi dengan begitu banyak email di kotak masuk kamu, mungkin sulit bagi kamu untuk menemukan pesan spesifik yang kamu cari.

Untungnya, Gmail menawarkan berbagai opsi pencarian tingkat lanjutan yang dapat membantu kamu menemukan email yang kamu perlukan dengan cepat.

Di dalam artikel ini, kita akan melihat beberapa tips Gmail tingkat lanjutan alias 'level dewa' yang paling berguna untuk membantu kamu menemukan email tersebut.

1. Search Bar

Gunakan Search Bar di bagian atas kotak masuk untuk memasukkan kata kunci atau frasa tertentu yang terkait dengan email yang kamu cari. Ini adalah cara paling dasar dan mudah untuk menemukan email yang kamu cari.

Kamu dapat mencari berdasarkan kata kunci, subjek, pengirim, penerima, dan bahkan frasa tertentu di dalam bodi email. Misalnya, kalau kamu ingat bahwa email itu memuat kata "artikel", kamu cukup mengetik "artikel" di Search Bar dan semua email yang memuat kata itu akan muncul.

2. Search Operator

Kamu juga dapat menggunakan operator pencarian (Search Operator) tertentu untuk mempersempit hasil pencarian. Gmail memiliki serangkaian operator yang dapat kamu gunakan untuk memfilter hasil pencarian.

Misalnya, "from:namasaya@email.com" hanya akan menampilkan email yang dikirim dari alamat tertentu. Contoh lainnya, "subject:meeting" hanya akan menampilkan email dengan kata kunci "meeting" di baris subjek.

Kamu dapat menggabungkan beberapa operator sekaligus untuk lebih mempersempit hasil pencarian.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

3. Rentang Waktu

Untuk menelusuri email dalam rentang tanggal tertentu, gunakan keyword "before:yyyy/mm/dd" dan "after:yyyy/mm/dd". Ini berguna jika kamu mencari email dari jangka waktu tertentu, dan kamu dapat menentukan rentang tanggal yang ingin dicari.

Misalnya, "before:2022/01/01" akan menampilkan semua email yang diterima sebelum 01/01/2022 dan "after:2022/01/01" akan menampilkan semua email yang diterima setelah 01/01/2022.

4. Lampiran

Tidak jarang email disertai dengan sejumlah lampiran. Nah, kalau kamu ingat bahwa email yang kamu cari memiliki lampiran tertentu., kamu bisa gunakan operator "has:attachment". Operator ini berguna saat kmau mencari email yang berisi lampiran, entah itu dokumen, gambar, atau video.

5. Alamat email tujuan

Untuk mencari email yang dikirim ke alamat tertentu, kamu dapat menerapkan operator "alamat@email.com". Operator ini berguna untuk mencari email yang dikirim langsung kepada alamat tertentu.

6. Alamat email asal

Sebaliknya dari tips nomor 5, kamu juga bisa menelusuri email yang dikirim dari alamat tertentu dengan memakai operator "from:alamat@email.com". Operator ini bermanfaat untuk mencari email dari pengirim tertentu atau dari domain tertentu.

 

3 dari 4 halaman

CC dan BCC

7. Alamat email cc

Kamu juga dapat memakai operator "cc:alamat@email.com" untuk menelusuri email yang dikirim atau diberi cc ke alamat tertentu. 

8. Alamat email bcc

Selain itu, kamu dapat menggunakan operator "bcc:alamat@email.com" untuk mencari email yang dikirim ke atau diberi bcc ke alamat tertentu. 

Itu adalah beberapa contoh dari banyak pilihan pencarian lanjutan yang tersedia di Gmail. Dengan menggunakan Search Bar dan Operator secara bersamaan, kamu akan dapat dengan mudah menemukan email tertentu. Selain itu, kamu juga dapat mencoba berbagai kombinasi operator untuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik. Selamat mencoba!

4 dari 4 halaman

Infografis Google dan Facebook (Liputan6.com/Abdillah)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS