Sukses

5 Bulan Setelah Dirilis, Baru 5,2 Persen Perangkat yang Pakai Android 13

Liputan6.com, Jakarta - Kurang dari enam bulan setelah dirilis, sistem operasi Android 13 ternyata baru dipasang di 5,2 persen perangkat Android yang ada di dunia. Demikian menurut informasi distribusi Android dari Google.

Sebelumnya, Google selalu memberi tahu ke pengembang mengenai berapa banyak perangkat yang menjalankan sistem operasi terbaru tiap bulannya. Namun, selama beberapa tahun terakhir, informasi ini jadi kian tidak teratur. Terakhir, Google meng-update informasi ini pada Agustus lalu, hanya beberapa hari sebelum Android 13 dirilis.

Mengutip 9to5Google, Sabtu (21/1/2023), hari ini jadi pertama kalinya Google mengumumkan distribusi Android di tahun 2023. Informasi tersebut sekaligus memberi tahu ke pengguna, seberapa cepat Android 13 dikirimkan ke perangkat pengguna.

Menurut Android Studio, saat ini sebanyak 5,2 persen dari total perangkat Android yang beredar di dunia menjalankan sistem operasi terbaru Android 13.

Sementara, Android 12 dan Android 12L kini dijalankan di 18,9 persen perangkat Android yang beredar di pasaran. Jumlah ini meningkat signifikan, dibandingkan pada Agustus tahun lalu, yakni di 13,5 persen perangkat Android.

Kemudian untuk sistem operasi Android yang lebih lawas seperti Android Oreo (8.0) menurun di bawah 10 persen dari total perangkat Android. Hal yang sama dengan Android Jelly Bean (4.3) yang pada Agustus lalu masih terdeteksi di 0,3 persen kini tak lagi terdaftar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Android Lainnya

Lalu, jumlah perangkat yang menjalankan sistem operasi Android KitKat (4.4) juga turun. Dari yang semula 0,9 persen menjadi 0,7 persen perangkat yang ada di pasaran.

Meski sebenarnya angka persebaran Android 13 yang mencapai 5,2 persen tidak terlalu banyak, kecepatan update ini juga bisa tercapai berkat vendor smartphone yang menggulirkan Android 13 dengan cepat. Mulai dari Google, Samsung, OnePlus, Sony, dan lain-lain.

Sebelumnya di masa lalu, ketika data ini berdasarkan perangkat Android yang mengakses layanan Google Play Store selama periode satu minggu. Sementara data saat ini bergantung pada Android Studio dengan dasar metrik yang sama.

3 dari 4 halaman

Tentang Android 13

Untuk diketahui, pada Februari 2022, Google sempat merilis versi pertama dari Android 13 beta, sebelum diikuti dengan peluncuran Android 13 public beta pertama pada April. Update terakhir dikeluarkan pada Juni menjadi pembaruan keempat dan bentuk final dari Android 13 beta.

Kehadiran Android 13 membawa beberapa fitur baru bagi Android, seperti desain ulang Material You dengan skema warna otomatis berdasarkan warna wallpaper, kill switch untuk mencegah aplikasi pihak ketiga mengakses kamera dan microphone, end-to-end encryption, dan fitur clipboard universal.

Lantas, seperti apa cara mengunduh Android 13 versi beta untuk perangkat yang sudah mendukung, terutama di seri Pixel? Simak langkah-langkahnya seperti dikutip dari laman CNET, Sabtu (3/9/2022) berikut ini. 

Sebelum menjalankan proses pemasangan Android 13 pada smartphone, pastikan perangkat sudah tersambung jaringan WiFi yang stabil dalam keadaan terpasang charger. Ini disebabkan selama proses instalasi, baterai perangkat harus terisi kurang lebih 50 persen agar over-the-air update berfungsi.

Anda bisa memulai mengunduh software dengan mengunjungi aplikasi Settings lalu scroll ke bawah untuk menemukan opsi System Update.

4 dari 4 halaman

Cara Pasang Android 13 di Perangkat

pabila update tersedia, pemberitahuan akan muncul setelah Anda memilih opsi tersebut. Namun, jika update belum muncul, Anda dapat mengetuk pilihan Check for update.

Pastikan perangkat memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk mengunduh software. Proses penginstalan bisa gagal sebab tidak adanya ruang untuk menyimpan hasil unduhan software.

Selanjutnya, Anda dapat langsung menekan tombol Download and install yang terletak di bawah sebelah kanan untuk memulai pemasangan. Umumnya, proses penginstalan software akan berjalan selama 20 sampai 30 menit, tergantung dengan ukuran dan kondisi perangkat.

Setelah proses pengunduhan selesai dan smartphone di-reboot, Anda dapat langsung menjalankan perangkat dengan software Android 13.

(Tin/Ysl)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS