Sukses

YouTube Music Luncurkan 2022 Recap, Begini Cara Bikinnya

Liputan6.com, Jakarta - YouTube baru-baru ini meluncurkan 2022 Recap di YouTube Music, sebagai kilas balik untuk musik-musik dan artis yang didengarkan pengunanya selama tahun 2022.

Adapun, kamu sudah bisa menemukan 2022 recap di aplikasi YouTube Music baik di iOS maupun Android.

Mengutip blog resmi YouTube, Jumat (2/12/2022), beberapa statistik hasil personalisasi baru yang bisa ditemukan di Recap tahun ini:

Top Trends: di halaman Rekap aplikasi YouTube Music, kamu akan melihat artis yang kamu temukan sebelum sebagian besar pengguna lain.

Identity: di laman Recap YouTube Music, kamu juga akan menerima "kepribadian musik" yang dipersonalisasi, yang menangkap getaran musikmu, berdasarkan kebiasaan mendengarkan

Hard-to-Find Content: YouTube juga membagikan konten unik yang paling disukai pengguna di aplikasi YouTube dan YouTube Music di 2022 Recap

Selain itu, YouTube juga melakukan integrasi dengan Google Photos untuk 2022 Recap tahun ini.

Menurut platform Google itu, secara eksklusif, di halaman Recap aplikasi YouTube Music, pengguna akan bisa melihat kartu yang bisa dibagikan, dan menyoroti lagu teratas dari setiap musim.

"Anda bahkan dapat memilih untuk mempersonalisasinya dengan menambahkan gambar Anda sendiri langsung dari Foto Google, menggabungkan musik dan kenangan untuk melihat nostalgia tahun Anda," kata YouTube.

Lebih lanjut, YouTube juga menjelaskan mereka juga menghadirkan Recap YouTube Music di aplikasi utama YouTube. Ini memungkinkan lebih banyak pengguna untuk terhubung dengan playlist, statistik, dan story yang dapat dibagikan, yang dipersonalisasi.

Pengguna bisa melihatnya dengan membuka aplikasi YouTube di iOS dan Android, lalu melakukan penelusuran "2022 Recap." Nantinya akan ada playist Recap dan pengguna bisa mengklik banner untuk melihat stories-mu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Cara Bikin 2022 Recap di YouTube Music

Di aplikasi YouTube Music, 2022 Recap bisa dilihat dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi YouTube Music, lalu klik foto profil di bagian kanan atas aplikasi tersebut
  2. Pilih "Recap Anda"
  3. Klik "Tonton Sekarang"
  4. Nantinya, akan ada hasil statistik untuk durasi mendengarkan, artis yang lagunya paling sering diputar, artis teratas, lagu yang paling banyak didengarkan, hingga kepribadian musik pengguna
  5. Hasilnya ini bisa dibagikan ke media sosial dengan mengklik Bagikan, atau diunduh ke perangkat.
3 dari 3 halaman

Cara Bagikan Lagu dari YouTube Music ke Instagram Stories

Sebelumnya, YouTube Music telah menggulirkan fitur untuk dapat membagikan musik atau lagu ke Instagram Stories.

Tentu saja, ini jadi salah satu fitur yang banyak dinanti oleh para pengguna YouTube Music. Apalagi, Spotify atau Apple Music sudah lama memiliki fitur berbagi semacam ini.

Untuk membagikan atau memamerkan lagu yang kamu dengar dari YouTube Music ke Instagram Stories, caranya pun mudah:

  1. Buka aplikasi YouTube Music dengan perangkat selulerPutar atau pilih lagu yang ingin kamu bagikan
  2. Pilih menu 3 titik untuk membuka opsi menu
  3. Pilih Bagikan dengan tanda panah ke kanan.
  4. Akan ada beberapa opsi untuk dapat membagikan musikmu. Pilih Instagram untuk membuka lagu di aplikasi tersebut
  5. Setelah membuka lagu di aplikasi Instagram, kamu akan melihat gambar thumbnail yang bisa diklik dari sampul album dari YouTube Music.

Di situ, kamu bisa mengedit Story menggunakan fitur yang ada untuk menambahkan overlay di bagian atas gambar thumbnail. Jika sudah selesai membuat Story, kamu bisa membagikannya dengan followers-mu, atau dengan teman sebagai sebuah pesan langsung.

Saat orang melihat Story yang berisi tautan thumbnail YouTube Music-mu dan mengkliknya, lagu akan terbuka dan diputar di aplikasi YouTube Music, atau di YouTube Music lewat browser seluler.

(Dio/Isk)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS