Sukses

Cara Main Game Piala Dunia 2022 Qatar di Aplikasi Google Pakai HP, Seru dan Menyenangkan!

Liputan6.com, Jakarta - Selain memeriahkan Piala Dunia 2022 Qatar dengan Doodle, Google juga merilis mini game atau game online di aplikasi Google untuk para pengguna di perangkat seluler.

Game ini bisa dimainkan secara multiplayer dan online di HP. Dalam game ini, kamu cukup memasukkan bola ke dalam gawang dengan melakukan swipe pada layar, di mana tim yang dipilih berdasarkan timnas yang akan bertanding di dunia nyata.

Setelah pertandingan aslinya digelar, hasil dari game yang dimainkan bakal muncul di menu permainan.

"Pilih game dan tim yang ingin kamu dukung dan bermain dengan penggemar lain untuk mencetak GOAAAAALLLLS paling virtual," tulis Google.

"Saat bel terakhir berbunyi di pertandingan kehidupan nyata, pertandingan virtual juga akan berakhir dan menentukan pemenang!," tambah Google dalam instruksinya.

Lantas, bagaimana cara main game Piala Dunia 2022 Qatar di aplikasi Google? Yuk, simak beberapa langkahnya.

- Pertama-tama, buka aplikasi Google di HP atau smartphone dan ketik kata kunci yang berkaitan dengan Piala Dunia, seperti: 'Piala Dunia', 'Piala Dunia 2022', 'Piala Dunia Qatar 2022', atau 'World Cup Qatar 2022'.

- Lalu, tekan ikon bola berwarna biru yang muncul di layar.

- Pilih pertandingan antara kedua negara.

- Kemudian jendela baru akan muncul. Pilih tim nasional atau negara yang kamu sukai.

- Setelah memilih tim, game dimulai dan yang harus kamu lakukan hanyalah membuat gol dengan mendorong bola ke arah gawang (caranya swipe pada layar).

- Jika bola yang kamu tendang tertangkap kiper, maka kamu kalah dalam permainan.

- Bila ingin kembali bermain, cukup klik 'Play Again' atau 'Bermain Kembali'.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Nonton Piala Dunia 2022 di TV Digital dan Vidio

Piala Dunia 2022 akan bergulir pada 20 November 2022 hingga 18 Desember 2022 di Qatar. Ini menjadi kali pertama Piala Dunia diadakan di Timur Tengah.

Laga pembuka Piala Dunia kali ini akan dilakukan di Stadion Al Bayt yang mempertemukan Qatar melawan Ekuador. Laga tersebut dijadwalkan akan berlangsung pada 20 November 2022 pukul 23.00 WIB.

Kali ini, siaran Piala Dunia akan ditayangkan di berbagai platform milik Emtek Grup. Untuk TV free to air, pertandingan bisa disaksikan di SCTV, Indosiar, Moji, serta Mentari TV.

Sementara untuk layanan streaming, penonton bisa menyaksikan event sepakbola terbesar dunia ini melalui platform Vidio. Dan, pertandingan Piala Dunia 2022 juga bisa disaksikan melalui TV satelit Nex Parabola.

Perlu diketahui, ada delapan pertandingan eksklusif yang hanya ditayangkan di Vidio. Jadi, delapan pertandingan ini tidak bisa ditonton melalui kanal penayangan lain.

Mengingat gelaran Piala Dunia akan segera berlangsung, Tekno Liputan6.com akan membagikan tips untuk menontonnya melalui TV digital atau platform Vidio. Nah, seperti apa? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Nonton Piala Dunia di TV Digital

  • Siapkan TV digital yang sudah mendukung DVB-T2. Apabila belum memiliki TV yang mendukung siaran TV digital, kamu perlu menyiapkan STB (Set Top Box).
  • Hidupkan TV, termasuk STB apabila menggunakannya.
  • Bukan Pengaturan, lakukan Auto Scan untuk memindai program yang tersedia.
  • Tunggu hingga seluruh siaran TV digital muncul.
  • Setelahnya, pastikan kamu telah mendapatkan SCTV, Indosiar, Moji, dan Mentari TV, karena empat saluran tersebut yang menyiarkan Piala Dunia 2022.

Nonton Piala Dunia di Vidio

  • Masuk ke akun Vidio yang sudah dimiliki.
  • Buka menu Berlangganan yang muncul di laman depan aplikasi atau situs.
  • Pilih menu FIFA World Cup Qatar 2022 yang muncul di bagian paket berlangganan.
  • Untuk menonton pertandingan di HP dan tablet, kamu bisa memilih paket berlangganan Rp 59.000.
  • Sementara untuk menonton di semua perangkat, kamu bisa membeli paket berlanggan Rp 89.000. Namun untuk sekarang, ada promo dengan harga Rp 79.000.
  • Setelahnya, kamu tinggal menyaksikan pertandingan Piala Dunia 2022. 
3 dari 5 halaman

Nobar Piala Dunia 2022 Jangan Sampai Menyalahi Aturan

Selama Piala Dunia 2022 berlangsung, kegiatan nonton bareng atau nobar tentu saja menarik untuk dilakukan. Hanya saja, kegiatan ini tidak boleh sembarangan karena berpotensi menyalahi aturan. 

Hal ini seperti disampaikan oleh General Manager Business Development & Content Entertainment Group (IEG), Belafonti dalam keterangan yang diterima Liputan6.com belum lama ini. Menurutnya, IEG sebagai perwakilan dari SCM terkait lisensi nonton bersama, bakal membantu agar kegiatan ini tidak ilegal. 

Selain Piala Dunia, hal yang sama juga berlaku untuk Premier League atau EPL. Seperti diketahui, hak siar kompetisi paling elite di tanah Inggris tersebut juga berada di tangan Emtek Group melalui SCM.

"Kami dari Indonesia Entertainment Group atau IEG, yang mewakili grup SCM terkait lisensi nonton bersama untuk Premier League dan Piala Dunia, siap membantu dalam proses pendaftaran atau pembelian lisensi nonton bersama," kata Belfonti.

Sejauh ini, sebenarnya sudah banyak venue atau pengelola acara nobar yang tertib aturan. Mereka tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Daftarnya bisa dilihat pada situs www.ieg.id/nobar. Sementara bagi yang berminat menggelar kegiatan ini, bisa langsung mengirimkan email ke sportshub@ieg.co.id. 

4 dari 5 halaman

5 Nobar yang Berpotensi Menyalahi Aturan

Menggelar nobar selama Piala Dunai 2022 tentu menjadi kegiatan yang mengasyikkan. Hanya saja, ada sejumlah aturan yang perlu diperhatikan agar kegiatan acara nonton bersama ini tidak menyalahi aturan. 

Di bawah ini merupakan lima hal yang perlu diperhatikan:

1. Menggunakan akun OTT/Pay TV pribadi untuk kegiatan nonton bersama

Meskipun sudah memiliki akun pribadi Vidio atau Nex Parabola yang memungkinkan Anda untuk menyaksikan siaran Liga Inggris dan Piala Dunia 2022, bukan berarti akun tersebut bisa digunakan untuk nonton bersama. Seperti namanya, akun pribadi hanya ditujukan untuk penggunaan personal, bukan untuk kebutuhan nobar.

2. Melakukan kegiatan nonton bersama di ruang publik, yang berpotensi mendatangkan keramaian

Hal ini juga menjadi salah satu aksi nobar yang tidak boleh dilakukan dan berpotensi menyalahi aturan, terutama jika dilakukan di area komersial. Jika Anda adalah pihak yang memang ingin menggelar acara nobar, Anda dapat melakukan registrasi dan pembelian lisensi dari IEG atau agen resmi yang mewakili.

3. Melakukan promosi, baik secara online maupun offline, agar khalayak umum datang ke venue

4. Menarik bayaran bagi pengunjung yang datang ke venue, baik berupa tiket masuk, cover charge, dll.

5. Meminta pengunjung melakukan pembelian tertentu dengan/tanpa nilai minimal tertentu. 

5 dari 5 halaman

Infografis Piala Dunia 2022

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.