Sukses

Sederet Pengujian Ekstrem yang Bikin Oppo A77s Tahan Banting

Liputan6.com, Jakarta - Pabrik baru Oppo di Periuk, Kota Tangerang, Provinsi Banten, memiliki ruangan khusus yang digunakan untuk memastikan fungsi perangkat yang sudah dibuat.

Di ruangan bernama Quality Control Lab, perangkat tersebut akan diuji coba dengan sejumlah tes.

Saat Tekno Liputan6.com mengunjungi Oppo Manufacturing Indonesia, beberapa waktu lalu, sejumlah tes yang dilakukan adalah uji coba sinyal, kamera, hingga ketahanan warna bodi. Selain itu, ada pula bagian khusus yang digunakan untuk menguji ketahanan sebuah produk.

Pada Oppo A77s, Oppo melakukan enam pengujian utama yang ekstrem. Antara lain uji jatuh dari ketinggian, uji jatuh, tahan air, radiasi, hingga tes kualitas sinyal. Pengujian ini dikenal dengan nama Oppo Enduring Quality.

Selain itu, ada rangkaian tes lain seperti uji tekan tombol daya sebanyak 500.000 kali, uji tekan tombol suara sebanyak 150.000 kali, uji cabut pasang lubang audio 3,5mm sebanyak 10.000 kali, serta uji cabut pasang port USB 20.000 kali.

Adapun uji coba dilakukan pada sampel perangkat yang sudah diproduksi. Apabila ditemukan masalah, proses produksi untuk seluruh perangkat itu akan disetop sementara hingga ditemukan solusi.

Untuk diketahui, pabrik Oppo Manufacturing Indonesia ini menggantikan pabrik sebelumnya yang berlokasi tidak jauh dari lokasi sekarang.

Pabrik lama Oppo Indonesia berada di Kelurahan Pabuaran Tumpeng, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Provinsi Banten. Selain lokasi anyar, pabrik baru ini juga hadir dengan peningkatan fasilitas dan operasional yang signifikan.

Menurut PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto A, pabrik ini menggunakan standar operasional yang mengacu pada standar internasional dan Tiongkok. Bahkan, desain pabrik ini mirip dengan kantor pusat Oppo yang ada di Tiongkok.

Dengan standar yang lebih baik, Aryo menuturkan, operasional di pabrik ini pun lebih efisien. Perusahaan asal Tiongkok ini menerapkan OPS (Oppo Production System) yang mengadopsi Lean Manufacturing System.

"Pabrik ini menerapkan OPS untuk membuat sistem produksi yang lebih efisien dan cepat dibandingkan pabrik sebelumnya," tutur Aryo dalam kunjungan Oppo Manufacturing Indonesia di Tangerang, Selasa (18/10/2022).

Hal ini juga dimungkinkan karena lokasi warehouse dan produksi yang kini berada dalam satu gedung, sehingga perpindahan bisa dilakukan lebih cepat. Berbeda dari pabrik sebelumnya dimana lokasi warehouse dan produksi berbeda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Harga dan Spesifikasi Oppo A77s, HP Android dengan Ekspansi RAM hingga 8GB

Oppo A77s baru saja resmi melenggang di Indonesia, Kamis (13/10/2022). Smartphone ini merupakan penerus dari Oppo A76 yang diklaim laris di pasaran.

Soal spesifikasi Oppo A77s, smartphone ini memiliki layar 6,56 inci dengan refresh rate 90Hz. Performanya disokong chipset Snapdragon 680 4G, RAM 8GB, dan memori 128GB yang dapat diekspansi hingga 1TB.

Smartphone ini juga mendukung fitur RAM Expansion hingga 8GB. Namun, fitur tersebut baru akan hadir lewat pembaruan software.

Oppo A77s menjalankan ColorOS 12.1 berbasis Android 12, dengan beberapa fitur untuk mendukung keamanannya, seperti Privasi Data Foto dan Dasbor Privasi.

Sebagai pendukung performanya, ada baterai berkapasitas 5.000mAh yang didukung fitur pengisi daya cepat 33W SuperVOOC. Berbekal teknologi itu, baterai HP Android ini bisa terisi hingga 50 persen dalam waktu kurang dari 30 menit.

Di sektor fotografi, Oppo membenamkan dua kamera belakang di smartphone ini yang terdiri dari lensa utama 50MP dan depth sensor 2MP. Sementara untuk kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan 8MP.

Sebagai tambahan, Oppo A77s hadir dengan stereo speaker serta sudah mengantongi sertifikasi IPX4 dan IPX5.

Untuk harga Oppo A77s sendiri adalah Rp 3.499.000. Oppo membuka pre-order smartphone ini mulai 17 hingga 26 Oktober 2022.

Konsumen akan mendapatkan hadiah eksklusif OPPO Enco Buds2 di setiap pembelian OPPO A77s selama masa pre-order.

Perangkat ini dapat dipesan melalui kanal penjualan Oppo di e-commerce, MyOppo, jaringan Oppo Store, dan partner retail Oppo di seluruh Indonesia.

3 dari 4 halaman

Menjawab Tingginya Respons Pasar

Menurut PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto A, smartphone ini merupakan suksesor Oppo A76 yang mendapat respons positif di Tanah Air.

"Oppo A76 menjadi seri yang mendapatkan respons yang baik di pasaran, karena itu kami menghadirkan perangkat ini menjadi suksesor A76," tutur Aryo dalam konferensi pers yang digelar di Oppo Gallery di Jakarta, Kamis (13/10/2022).

Lebih lanjut, Aryo menuturkan, smartphone ini sekaligus menjawab tingginya respons pasar terhadap Reno7 4G warna sunset orange. Karenanya, Oppo kini membawa desain smartphone tersebut ke Oppo A77s.

Aryo menyebut desain sunset orange di Oppo A77s ini sama persis dengan yang ada di Reno7 4G. Selain sunset orange, varian warna lain yang tersedia adalah starry black dengan desain Oppo Glow.

4 dari 4 halaman

Tabel App Annie yang menunjukkan durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS