Sukses

Aplikasi Mobile Steam Baru Diluncurkan, Bisa Sign-in Pakai QR Code

Liputan6.com, Jakarta Valve beberapa waktu yang lalu secara resmi meluncurkan versi baru aplikasi Steam untuk Android dan iOS dengan desain yang baru, setelah sebelummya diuji pada Agustus 2022 lalu.

Dalam beta testing-nya saat itu, mengutip Engadget, Valve menyebut mereka membuat ulang aplikasi "pada framework yang baru dan memodernisasi desain."

Selain itu, Valve juga menambahkan beberapa fitur baru, termasuk salah satunya adalah fitur sign-in ke akun Steam di PC menggunakan QR code.

Mengutip laman resmi Steam, Kamis (20/10/2022) Valve mengklaim bahwa "aplikasi seluler adalah cara terbaik menjaga keamanan akun Anda dengan autentikasi dua faktor."

Metode sign-in baru pun memberikan pilihan pengguna untuk mengakses akun Steam tanpa harus repot-repot mengetikkan nama pengguna (username) dan kata sandi (password).

Ini menggunakan kredensial two-factor authentication yang disimpan di ponsel, untuk memverifikasi identitas pengguna.

Apabila menggunakan metode masuk dengan QR, aplikasi akan menampilkan halaman konfirmasi dengan detail seperti peta yang disertai perkiraan lokasi perangkat yang Anda masuki, setelah kode dipindai dengan ponsel.

Namun jika lebih suka memakai username dan password, aplikasi mobile Steam ini akan tetap menanyakan apakah pengguna ingin menerima atau menolak upaya masuk.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Fitur Baru Aplikasi Mobile Steam

Jika ingin memastikan tidak ada perangkat yang ditautkan ke akun, pengguna dapat menjawab tidak dan dapat meninjau serta mencabut akses jika diperlukan, di laman Authorized Devices.

Pengguna juga dapat memakai fitur Authorized Devices apabila dirinya lupa memutus tautan akun Steam dengan perangkat yang bukan miliknya, contohnya dalam skenario lupa sign out dari Steam saat di rumah teman.

Aplikasi seluler baru Steam ini juga menampilkan semua game pengguna di Library.

Saat pengguna mengklik cover game di daftar, akan ditampilkan opsi yang memungkinkan Anda mengunduh game dari jarak jauh ke PC, dan opsi lain yang memberikan pengguna kuasa untuk melakukan uninstall.

Fitur baru lainnya termasuk pengalaman penelusuran store yang ditingkatkan untuk tampilkan seluler, serta notifikasi Steam yang dapat disesuaikan dengan penjualan, permintaan pertemanan, dan kategori lainnya.

Dalam pengumumannya, Valve juga menyebut akan membawa cara sign-in QR ke Steam Deck, menambahkan tipe notifikasi yang baru, serta membawa daftar Authorized Devices ke Steam Client dan browser.

3 dari 4 halaman

Steam Ubah Jadwal Obral Game Musiman

Sebelumnya, Steam mengumumkan bakal mengubah jadwal empat seasonal sales mereka, dimana biasanya platform distribusi game itu menggelar berbagai diskon untuk judul-judul yang mereka jual.

Mengutip laman resminya, Minggu (2/10/2022), mulai tahun 2023, jadwal untuk Lunar New Year Sale dihapus dari empat penjualan musiman besar, dan digantikan dengan Spring Sale.

Steam mengatakan, penambahan Spring Sale banyak diminta dari komunitas pengembang dan publisher mereka.

"Ini akan memungkinkan kami menciptakan lebih banyak ruang di antara empat seasonal sales utama kami dan memberikan lebih banyak peluang sepanjang tahun bagi pengembang untuk memperluas dan menjalankan kalender diskon mereka."

Berikut ini jadwal tiga Seasonal Sale Steam terbaru yang akan digelar mendatang. Kamu dapat memperhatikan jadwal ini jika berencana untuk memburu obral game dalam waktu dekat:

  • Autumn Sale: 22 November sampai 29 November
  • Winter Sale: 22 Desember sampai 5 Januar
  • Spring Sale: 16 sampai 23 Maret

Lebih lanjut Steam menjelaskan alasan dihilangkannya Lunar New Year Sale, yang biasanya digelar di sekitar jadwal Tahun Baru Imlek setiap tahunnya.

Perlu diketahui, Steam pertama kali menggelar Lunar New Year Sale pada tahun 2016, untuk merayakan masuknya pengembang game dan konsumen dari wilayah seperti Taiwan, Hong Kong, Tiongkok, dan Korea Selatan.

4 dari 4 halaman

Alasan Lunar New Year Sale Dihilangkan

Namun menurut perusahaan, selama bertahun-tahun, mereka sering mendapatkan masukan yang menyebut, diskon Tahun Baru Imlek terlalu dekat dengan periode obral liburan di bulan Desember.

"Kami pikir banyak penerbit masih akan memilih untuk mendiskon game di sekitar liburan Tahun Baru Imlek, menggunakan alat diskon khusus," kata platform milik Valve itu.

"Tapi kami mengira pelanggan akan lebih baik dilayani dengan sedikit lebih banyak waktu antara penjualan musiman besar di seluruh Steam," kata mereka.

Untuk Spring Sale nantinya akan sama seperti obral musiman lain di Autumn, Summer, dan Winter. Selama periode ini, semua halaman depan di Steam akan memiliki tata letak yang berbeda, dengan fokus pada penawaran promosi yang disorot.

Pengembang dan penerbit akan tetap bisa merilis game selama penjualan musiman ini, namun kata Steam, visibilitas untuk rilis baru berkurang secara signifikan saat penjualan berjalan.

(Dio/Isk)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS