Sukses

Tangan Robot Balita Ini Dibuat dengan Printer 3D

Teknologi cetak 3D ternyata tak hanya bisa digunakan untuk keperluan industri. Sebuah tangan robot pun dicetak dengan menggunakan printer 3D.

Liam, seorang anak balita laki-laki asal Afrika Selatan terlahir tanpa jari di tangan kanannya. Namun, dua orang yang hobi membuat desain membuatkannya tangan palsu dengan menggunakan printer 3D.

Tangan buatan itu dinamai Robohand. Dikutip dari Techradar, Selasa (12/2/2013), Rich Van As dan Ivan Owens sang pembuat tangan tersebut, membuatkan tangan yang bisa digerakkan untuk memegang benda layaknya tangan normal.

Lima buah senar dipasangi untuk mengontrol gerakan jari yang diinginkan oleh Liam, sang pengguna Robohand. Teknologi sederhana tanpa menggunakan kabel atau elektronik dipakai oleh Rich dan Ivan.

Tangan yang digunakan oleh Liam juga dicetak hanya menggunakan printer 3D. Meskipun begitu Ivan dan Rich tetap ingin berbagi teknologi hasil kembangannya secara opensource dan berharap ada lebih banyak orang yang mengembangkan temuan mereka.

Kisah Robohand untuk Liam ini bermula saat Ibu Liam menemukan sebuah blog yang dioperasikan dua teman Ivan dan Rich. Teman dua desainer itu telah bereksperimen dengan prosthetics dan menuliskan perkembangannya.

Kemudian mereka menghubungi Ivan dan Rich yang telah bersepakat membuatkan Liam pengganti jarinya yang hilang. Kini, tim Robohand masih terus mengembangkan teknologi untuk tangan pengganti. Mereka berencana melakukan penelitian berikutnya dengan menggalang dana untuk membantunya.
 
Ingin melihat bagaimana Liam beraktivitas dengan Robohand? Lihat saja videonya disini.

(DEN/DEW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini