Sukses

Trik Mengelompokkan Tab di Google Chrome Agar Terlihat Lebih Rapih

Liputan6.com, Jakarta - Siapa dari kamu yang memiliki kebiasaan membuka banyak tab di peramban atau browser Google Chrome?

Selama bekerja atau mengerjakan tugas sekolah, kita biasa membuka lebih dari satu halaman website untuk menghadiri pertemuan online, melakukan penelusuran, sampai mengerjakan tugas.

Karena banyaknya halaman situs terbuka di dalam satu browser bisa memusingkan dan membuat performa PC/laptop lemot. Sebagai solusi, Google memperkenalkan fitur Tab Group di Chrome.

Tab Group di Chrome bisa mengatasi masalah ini, dengan cara mengelompokkan halaman situs ke dalam sebuah grup tertentu.

Fitur ini juga memudahkan pengguna untuk membuka lebih dari satu website dalam sekali membuka grup.

Untuk membuat group tab, kita bisa langsung klik kanan pada salah satu tab yang diinginkan. Setelah muncul pilihan menu, pilih Add tab to Group dan klik New Group, untuk membuat grup baru.

Kita juga bisa mengatur nama grup dan warna yang diinginkan, setelah itu klik Return. Tab yang termasuk ke dalam grup tersebut akan memiliki warna yang seragam, menandakan tab tersebut termasuk ke dalam grup yang sudah dibuat.

Tab Group ini bisa digunakan ketika kita ingin membuka beberapa tab secara bersamaan, tanpa membukanya satu-satu. Hanya dengan mengeklik kiri label grup di bagian atas browser, kita bisa membuka beberapa tab atau menutupnya kembali bersamaan.

Jika mengeklik kanan pada label grup, kita akan disajikan beberapa pilihan untuk mengatur isi grup. Misalnya, menu New Tab in Group bisa digunakan untuk menambah tab kosong di dalam grup.

Sementara itu, Ungroup akan menghapus label grup, tanpa perlu menutup halaman-halaman yang terbuka. Namun, jika ingin menghapus grup sekaligus menutup halaman di dalamnya, kita bisa memilih menu Close Group.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Cara Menyimpan Tab Group

Perlu diketahui, label grup yang sudah dibuat tidak akan tersimpan sehingga kita bisa membukanya kembali setelah menutup browser. Google belum menyediakan fitur tersebut untuk menyimpan Tab Group pada menu klik kanan.

Oleh karena itu, untuk menyalakan fitur penyimpanan Tab Group, pengguna bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini.

1. Buka tab di browser Chrome dan ketik chrome://flags di kolom pencarian.

2. Ketik tab groups pada kolom pencarian di bagian atas.

3. Setelah itu, akan muncul pilihan Tab Groups Save. Klik tombol di sebelah kanan kolom lalu ubah menjadi Enable, untuk mengaktifkan fitur.

4. Klik Relaunch.

Setelah browser selesai memuat ulang halamannya dan kita bisa menyimpan Tab Group dengan cara mengeklik kanan label dan memilih menu Save Group.

3 dari 4 halaman

5 Ekstensi Chrome Ini Dapat Intip Aktivitas di Browser

Screen with browsers on Desktop: Microsoft Edge, Firefox, Google Chrome, Opera-Browser and Brave (Photo by Denny Muller on Unsplash)

Baru-baru ini, analis ancaman siber di McAfee mendapati ada lima ekstensi Google Chrome yang mampu mengintip aktivitas penelusuran (browsing) pengguna.

Secara keseluruhan, kelima ekstensi ini telah diunduh lebih dari 1,4 juta kali oleh pengguna awam.

Adapun ekstensi jahat ini dibuat untuk memantau pengguna berkunjung situs e-commerce, dan memodifikasi cookie pengguna agar terlihat mereka masuk menggunakan Link referral.

Dengan cara ini, pembuat ekstensi bisa mendapatkan biaya afiliasi untuk setiap pembelian di toko elektronik tersebut.

Berikut ini adalah 5 ekstensi browser berbahaya temuan peneliti McAfee, sebagaimana dikutip dari BleepingComputer, Rabu (21/8/2022).

- Netflix Party (mmnbenehknklpbendgmgngeaignppnbe) – 800,000 unduhan

- Netflix Party 2 (flijfnhifgdcbhglkneplegafminjnhn) – 300,000 unduhan

- Full Page Screenshot Capture – Screenshotting (pojgkmkfincpdkdgjepkmdekcahmckjp) – 200,000 unduhan

- FlipShope – Price Tracker Extension (adikhbfjdbjkhelbdnffogkobkekkkej) – 80,000 unduhan

- AutoBuy Flash Sales (gbnahglfafmhaehbdmjedfhdmimjcbed) – 20,000 unduhan

4 dari 4 halaman

Ekstensi Sudah Dihapus dari Google Chrome Store

businessinsider.com

Informasi, ekstensi di atas ini masih berfungsi seperti yang dijanjikan. Karena itu, sulit bagi korban tahu aktivitas jahat tersebut.

Nah, bagi kamu yang menggunakan salah satu eks di atas, mungkin ada baiknya untuk segera menghapusnya dari browser kamu.

Sejak dikabarkan berbahaya, kedua ekstensi Netflix Party telah dihapus dari toko, tetapi ini tidak menghapusnya dari browser web, jadi pengguna harus mengambil tindakan manual untuk mencopot pemasangannya.

Sementara itu, Pada saat penulisan ini, Full Page Screenshot Capture – Screenshotting dan FlipShope – Price Tracker Extension masih tersedia di Chrome Web Store.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.