Sukses

Top 3 Tekno: Perempuan Dihukum 34 Tahun karena Unggahan Twitter Jadi Sorotan

Liputan6.com, Jakarta - Seorang perempuan Arab Saudi dijatuhi hukuman kurungan 34 tahun karena me-retweet cuitan aktivis. Berita ini menjadi sorotan para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Kamis (18/8/2022) kemarin.

Informasi lain yang juga populer datang dari pembuat malware yang bisa mengelabui sistem keamanan Android 13.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Perempuan Arab Saudi Dihukum hingga 34 Tahun Gara-Gara Unggahan Twitter

Seorang perempuan Arab Saudi dijatuhi hukuman kurungan 34 tahun karena me-retweet cuitan aktivis melalui akun Twitter. Ia juga membagikan unggahan yang mendukung hak perempuan untuk mengemudi.

Perempuan yang dijatuhi hukuman 34 tahun penjara adalah Salma al-Shehab, kandidat PhD di University of Leeds di Inggris. Ia ditahan pada Januari 2021, saat kembali ke Arab Saudi untuk berlibur.

Mengutip The Verge, Kamis (18/8/2022), Shehab awalnya dijatuhi hukuman enam tahun karena menggunakan media sosial untuk "mengganggu ketertiban umum dan mengacaukan keamanan serta stabilitas negara."

Hal ini karena dia membagikan ulang cuitan (retweet) milik aktivis Saudi yang tinggal di pengasingan, di mana aktivis tersebut menyerukan pembebasan tahanan politik di kerajaan.

Insiden tersebut diberitakan dalam bagian editorial di The Washington Post dengan tulisan, "sekilas lain di bawah brutalnya kediktatoran Saudi di bawah putra mahkota dan kepala negara de facto, Mohammed bin Salman."

Sekadar informasi, media tersebut memang punya sejarah dengan Mohammed bin Salman (MBS). Apalagi setelah adanya laporan bahwa badan intelijen AS secara langsung menyebutkan bahwa pembunuhan jurnalis sekaligus kolumnis The Washington Post Jamal Khashoggi disetujui oleh MBS.

Baca selengkapnya di sini 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pembuat Malware Bisa Kelabui Sistem Keamanan Baru di Android 13

Google baru meluncurkan Android 13 ke deretan ponsel Pixel buatan mereka pada 2 hari lalu atau lebih 16 September 2022.

Walau baru hitungan beberapa hari saja, pengembang malware Android telah menyesuaikan taktik mereka untuk melewati fitur keamanan "Restrited setting" atau "Pengaturan terbatas".

Informasi, fitur ini diperkenalkan Google bersamaan dengan peluncuran sistem operasi Android 13 dan dipublikasikannya source code tersebut di AOSP.

Sebagai bagian dari rilis ini, Google bekerja untuk menangkal malware yang mencoba mengaktifkan izin Android yang kuat, seperti AccessibilityService.

Dengan memanfaatkan hal ini, pelaku kejahatan dapat melakukan berbagai upaya berbahaya dan tanpa diketahui oleh pengguna tablet dan HP Android.

Mengutip laporan tim ThreatFabric, Kamis (18/8/2022), malware Android baru ini mampu melewati fitur ini dan mengirim kode khusus untuk mengaktifkan akses istimewa diperangkat korban.

Threat Fabric menemukan sebuah dropper baru bernama "BugDrop" saat ini sedang dalam pengembangan, setelah banyak kelemahan pada fase awalnya.

BugDrop ini ini menampilkan kode mirip dengan Brox, proyek tutorial pengembangan malware didistribusikan secara bebas dan beredar di forum peretas.

Baca selengkapnya di sini 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

3. Realme Narzo 50i Prime Resmi Melenggang, HP Gaming Sejutaan

Bersama dengan peluncuran Realme Pad Mini, Realme ikut memperkenalkan smartphone terbarunya, yakni Realme Narzo 50i Prime. Seperti namanya, perangkat ini diposisikan sebagai smartphone gaming di kelas entry level.

Dibanderol dengan harga mulai dari Rp 1,3 juta, Realme Narzo 50i Prime dibekali chipset Unisoc T612 dan penyimpanan UFS 2.2. Perangkat ini memiliki layar berukuran 6,5 inci beresolusi HD+.

Dari segi tampilan, HP Android ini memiliki desain garis vertikal baru setipis 8,5mm dan bobot 182 gram. Ada dua warna yang ditawarkan, yakni dark blue dan mint green.

Sebagai penunjang performanya, ada baterai berkapasitas 5.000mAh yang mendukung pengisian daya 10W. Berbekal kapasitas baterai tersebut, Realme Narzo 50i Prime juga mendukung kemampuan reverse charging.

Untuk departemen fotografi, ada kamera belakang 8MP dan kamera depan 5MP. HP Realme ini menjalankan Realme UI R Edition berbasis Android 11.

Realme akan membuka flash sale smartphone ini pada 23 hingga 31 Agustus 2022. Namun program flash sale ini akan berbeda untuk tiap varian yang ditawarkan.

Flash sale untuk varian RAM 3GB/ROM 32GB dilakukan setiap pukul 10.00 WIB di Lazada, Tokopedia, Blibli, Akulaku, TikTok, dan Realme.com. Sementara varian RAM 4GB/ROM 64GB dilakukan secara eksklusif di JD.ID dan Realme.com.

Baca selengkapnya di sini 

4 dari 4 halaman

Infografis Waspada Penipuan Online Shop via Medsos. (Liputan6.com/Abdillah)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS