Sukses

Cara Hapus Akun Facebook Secara Permanen

Liputan6.com, Jakarta - Kamu sudah jenuh dan bosan menggunakan jejaring media sosial milik Meta, yaitu Facebook. Jika ya, maka ada baiknya kamu beristirahat menggunakan platform tersebut.

Selain meng-unistall aplikasi perangkat mobile, salah satu cara untuk menjauhkan diri dari media sosial itu adalah dengan menghapus akun Facebook.

Tentunya sebelum mulai menghapus, kamu harus mengetahui akun Facebook yang sudah di delete tidak akan bisa dikembalikan atau diakses.

Selain itu, seluruh postingan, likes, gambar, hingga foto yang pernah dipampang di laman media sosial tersebut akan dihapus bersih dari platform.

Bilamana merasa ada foto atau video penting dan ingin tentap menyimpannya, kamu dapat men-download seluruh informasi pribadi dari Facebook.

Adapun informasi tersebut berisikan semua data relevan terkait dengan akun kamu, termasuk foto, sesi aktif, riwayat chat, alamat IP, data pengenalan wajah, iklan yang pernah diklik, dan beberapa nama kontak.

Sebelum lanjut ke cara hapus akun Facebook, tim Tekno Liputan6.com akan menjaabarkan cara untuk men-download informasi milik kamu.

Sebagaimana dirangkum dari The Verge, Sabtu (6/8/2022), berikut ini adalah cara download data pribadi Facebook kamu via web.

- Klik panah bawah di pojok kanan atas.

- Buka Settings & Privacy (Pengaturan & Privasi) > Pengaturan (Settings).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Download Data di Facebook

Facebook (JUSTIN SULLIVAN / AFP)

- Di kolom sebelah kiri, klik Informasi Facebook Anda atau Your Facebook Information.

- Di tengah, temukan dan klik Unduh Informasi Anda atau Download Your Information.

- Kamu sekarang berada di laman Unduhan atau Download. Pilih informasi yang ingin di download (atau semuanya).

- Di dekat bagian atas halaman, di bawah Pilih opsi file atau Select file Options ada daftar drop-down yang memungkinkan kamu membuat rentang tanggal (yang diperlukan untuk melanjutkan).

- Unduh atau download data kamu dalam HTML atau JSON, dan pilih antara kualitas media tinggi, sedang, atau rendah.

- Bila sudah siap, cari tombol Minta unduhan atau Request a download. Kamu akan mendapatkan notifikasi melalui email saat file sudah siap, dan akan tersedia selama beberapa hari.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 5 halaman

Cara Hapus Akun Facebook

Ilustrasi logo Facebook sebagai salah satu platform layanan Meta. (Sumber foto: Pexels.com).

Setelah selesai mengunduh data-data pribadi akun Facebook, maka kita lanjutkan dengan bagaimana cara menghapus akun kamu.

Peringatan terakhir, setelah mengeklik Hapus akun atau Delete account maka ini untuk selama-lamanya. Ok, sudah siap? Mari kita lanjutkan.

Buka kembali laman "Informasi Facebook Anda" atau "Your Facebook Information" dan klik "Penonaktifan dan Penghapusan" atau "Deactivation and Deletion."

Di laman ini, kamu dapat memilih antara menonaktifkan sementara atau menghapus akun Facebook secara permanen.

Jika ingin menghapusnya, pilih Hapus akun (Delete account) lalu klik Lanjutkan (Continue). Kamu akan mendapatkan kesempatan lain untuk mengunduh data atau memilih penonaktifan daripada penghapusan.

 

4 dari 5 halaman

Bisa Backup ke Layanan Lain

Ilustrasi Facebook (Photo by Joshua Hoehne on Unsplash)

Kamu juga dapat memindahkan informasi ke layanan lain, seperti Google Photos, Google Documents, Dropbox, atau Koofr (situs penyimpanan foto).

Setelah mengklik Hapus akun (Delete account), akun kamu akan ditandai untuk dihentikan dan tidak dapat diakses oleh orang lain yang menggunakan Facebook.

Perlu diketahui, proses penghapusan ini akan membutuhkan waktu beberapa hari. Kamu akan mendapatkan informasi tentang proses ini lewat notifikasi email.

Gimana, mudah bukan? Selamat mencoba sahabat Tekno Liputan6.com.

(Ysl/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Journal_Fakta Tren Istilah Healing Bagi Pengguna Media Sosial

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS