Sukses

Cara Matikan Suara Refresh di Twitter

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini pengguna Twitter menyadari ada perubahan di Twitter, di mana aplikasi tersebut menghadirkan suara saat pengguna me-refresh Twitter.

Ketika pengguna menggeser layar ke bawah untuk me-refresh timeline, notifikasi, hingga DM, akan ada suara kicau robotik yang terdengar seperti burung.

Suara tersebut membuat sebagian pengguna menyukainya tetapi tidak sedikit juga yang terganggu. Ada beberapa tips Twitteruntuk menghentikan suara tersebut. Dikutip dari The Verge, Senin (1/8/2022), berikut caranya:

1. Atur Smartphone ke Mode Silent

Cara pertama sangat sederhana, yakni dengan mengubah ponsel ke mode silent atau senyap. Dengan membuat smartphone memasuki mode silent, suara tidak bisa diputar.

Berdasarkan pengujian, untuk membisukan suara, di iPhone, pengguna bisa membalik tombol yang ada di atas tombol volume hingga muncul warna oranye.

Untuk Android, perlu diketahui bahwa suara refresh belum diluncurkan ke semua ponsel Android. Namun, jika di aplikasi Twitter Android kamu sudah ada suara refresh, kamu bisa men-silent dering di Android.

Pengguna juga bisa mengecilkan tombol volume hingga tidak terdengar apa pun. Pengguna juga bisa masuk ke Setting ponsel kemudian mengaturnya untuk masuk ke mode getar atau membisukannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Matikan Efek Suara di Twitter

2. Aplikasi Twitter iOS

Membisukan nada dering di ponsel mungkin bukan solusi ideal. Pasalnya pengguna nanti malah tak bisa mendengar ada notifikasi penting lain yang masuk ke ponsel.

Kabar baiknya, juru bicara Twitter Trenton Kennedy membagikan video yang memperlihatkan ada sebuah opsi di aplikasi Twitter yang memungkinkan pengguna mematikan suara.

Pada aplikasi Twitter di iOS, pengguna bisa mengakses opsi tersebut dengan masuk ke aplikasi, ketuk Profile Picture di bagian kanan atas.

Lalu, masuk ke menu Setting and Privacy > Accessibility, display, and languages > Display and Sound.

Di bagian bawah Sound, pengguna bisa menonaktifkan Sound effect. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Di Android

3. Aplikasi Twitter di Android

Pada aplikasi Twitter Android, menunya memiliki label dan opsi yang sedikit berbeda.

Di aplikasi Twitter versi Android, buka Setting & Privacy > Accessibility, display and language > Display > matikan atau nonaktifkan efek suara.

Setelah pengguna mematikan efek suara, seharusnya tidak lagi terdengar suara saat kamu mencoba me-refresh halaman Twitter.

Perlu diingat, secara teori, cara di atas akan mematikan efek suara lain di aplikasi.

(Tin/Ysl)