Sukses

Cara Hilangkan Rekomendasi Akun untuk Diikuti di Instagram

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah kamu terganggu dengan berbagai rekomendasi akun Instagram untuk diikuti di Instagram?

Ada kalanya rekomendasi akun Instagram untuk diikuti di Instagram ini cukup mengganggu karena timeline Instagram pengguna bukannya berisi unggahan dari orang yang diikuti, tetapi malah dari akun yang tidak dikenal.

Seperti laman Instagram Explore, Instagram mendasarkan rekomendasi pada orang-orang memiliki banyak mutual friends atau koneksi bersama, profil yang dicari oleh si pengguna, atau kontak yang ditemukan di perangkat si pengguna.

Jika kamu termasuk orang yang merasa adanya rekomendasi akun Instagram orang yang perlu diikuti ini mengganggu, berikut adalah cara untuk menghilangkannya dan tetap privat di Instagram.

1. Scroll pada feed Instagram kamu hingga ada akun yang direkomendasikan untuk diikuti

2. Di samping tulisan "Because you follow (akun tertentu)", tap X.

Jika cara itu tidak cukup, kamu bisa menonaktifkan notifikasi rekomendasi tentang teman yang perlu diikuti.

1. Pada perangkat smartphone, buka aplikasi Instagram

2. Pilih Profile picture

3. Tap ikon garis tiga yang ada di sudut kanan atas laman profile

4. Pilih Setting

5. Ketuk menu Notifikasi

6. Pilih menu Following dan Followers

7. Di bawah Account Suggestions (rekomendasi akun) pilih Off

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Hilangkan via Instagram.com di Komputer

Cara lain yang bisa dilakukan adalah menonaktifkannya melalui Instagram.com di browser smartphone:

1. Buka instagram.com di browser mobile

2. Masuk ke profile picture lalu, menuju ke kanan bawah untuk membuka profil Anda

3. Ketuk Edit profile

4. Nonaktifkan ceklis pada kotak yang ada di sebelah "Similar account suggestions/ Saran akun serupa"

5. Ketuk "Submit"

Melalui Instagram.com di komputer

1. Buka Instagram.com

2. Klik profile picture di bagian sudut kanan atas, klik Profile

3. Klik Edit profile

4. Klik untuk menghapus ceklis pada kotak di samping Saran akun serupa

5. Klik Submit

Perlu diingat, ketika kamu menonaktifkan saran akun untuk muncul di profil kamu, akun kamu juga tidak akan disarankan di profil orang lain.

3 dari 4 halaman

Stories Instagram Sempat Error

Sebelumnya, beberapa pengguna Instagram yang menggunakan iPhone mengeluh ketika mereka mencoba melihat Instagram Stories baru yang di-posting oleh sesama pengguna, mereka malah kembali mendapatkan Stories yang sudah mereka lihat.

Perusahaan kemudian mengakui bug tersebut, dan tak lama setelah itu merilis pembaruan untuk aplikasi iOS guna memperbaiki masalah tersebut.

Di toko aplikasi Apple (App Store), Instagram mengatakan pembaruan, terdaftar sebagai Versi 239.1 yang berisi perbaikan bug dan peningkatan kinerja.

Dilansir CNET, Kamis (16/6/2022), laporan tentang Stories eror tampaknya dimulai sejak Senin (14/6/2022), di mana banyak pengguna Instagram di iPhone mengeluh tentang bug tersebut.

Christine Pai, juru bicara Meta yang mewakili Instagram, mengatakan kepada CNET melalui email bahwa perusahaan menyadari bahwa banyak pengguna mengalami kesulitan mengakses Instagram Stories.

"Kami menyelesaikan masalah ini secepat mungkin untuk semua orang yang terkena dampak dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," kata Pai.

Bug tersebut diketahui muncul sehari sebelum Head of Instagram, Adam Mosseri, mengumumkan tool baru untuk membantu orangtua memandu penggunaan remaja.

Antara lain termasuk memperluas notifikasi "take a break" dan menambahkan fitur "nudge" yang mendorong pengguna muda untuk melihat jenis konten lain, jika mereka menghabiskan terlalu banyak waktu untuk posting dengan tema tertentu di halaman "Explore" Instagram.

4 dari 4 halaman

Pin Postingan di Profile Instagram

Instagram baru saja mengulirkan update yang memungkinkan penggunanya untuk menyematkan atau mem-pin 3 postingan atau Reels di profile mereka.

Sama seperti di TikTok dan Twitter, postingan yang sudah di pin ini akan terus tampil di bagian atas grid Instagram pengguna.

“Profil Anda adalah tempat Anda, jadi kami mencari lebih banyak cara untuk memberi Anda kendali atas pengalaman itu,” kata Instagram head, Adam Mosseri.

Adapun untuk menggunakan fitur baru Instagram ini terbilang sangat mudah, kamu hanya perlu memilih foto atau Reels yang diingkan dan klik tiga titik di kanan atas.

Nanti akan muncul jendela baru dengan pilihan "Pin to your profile", dan langsung klik. Cara lain yang bisa kamu pakai adalah dengan tap dan tahan foto yang diinginkan, nanti akan muncul opsi "Pin to profile".

Perlu diketahui, saat ini pengguna hanya dapat menyematkan 3 postingan atau Reel di grid Instagram profile mereka.

Informasi, Instagram sudah diketahui sedang uji coba fitur pin postingan dan Reels ini sejak akhir April 2022.

Adapun fitur pin ini awalnya ditemukan oleh spesialis rekayasa balik, Allesandro Paluzzi, yang melihat kemampuan pin tersebut di dalam kode Instagram pada Januari.

(Tin/Isk)