Sukses

Pengguna WhatsApp di Android Kini Bisa Transfer Riwayat Percakapan ke iPhone

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp mengumumkan telah menghadirkan kemampuan memindahkan riwayat chat dari Android ke iPhone, setelah sebelumnya perusahaan merilis kemampuan serupa untuk iPhone ke Android.

Kehadiran fitur ini diumumkan oleh CEO Meta Mark Zuckerberg melalui unggahan di Facebooknya. Menurut Mark, fitur ini memang menjadi yang paling banyak diminta oleh pengguna.

"Kami menambahkan kemampuan beralih antar ponsel dengan aman dan mentransfer riwayat chat, foto, video, dan pesan suara antara Android dan iPhone sambil mempertahankan enkripsi end-to-end," tulis Mark seperti dikutip dari unggahan di Facebook-nya, Kamis (16/6/2022).

Untuk sekarang, fitur ini memang masih tersedia untuk aplikasi WhatsApp versi beta. Namun fitur ini kemungkinan akan digulirkan secara bertahap untuk seluruh pengguna dalam beberapa minggu ke depan.

Perlu diketahui, proses transfer data ini hanya berlaku pada iPhone baru atau yang sudah disetel ke pengaturan pabrikan. Selain itu, pengguna juga memerlukan aplikasi Move to iOS yang ada di Android untuk memindahkan data ke iPhone.

Jadi, saat melakukan pengaturan iPhone untuk pertama kali, pengguna perlu memilih opsi 'Move data from Android', lalu melakukan pemindahan seluruh data yang ada di perangkat lama.

Setelah semua langkahnya diikuti dan iPhone selesai disetel, pengguna tinggal membuka WhatsApp dan masuk menggunakan nomor telepon yang sudah didaftarkan. Kemudian, riwayat percakapan yang perangkat Android akan muncul di WhatsApp versi iOS.

Sebagai informasi, fitur ini hanya mampu berjalan di perangkat yang minimal menjalankan Android 5 dan iOS 15.5. Lalu perlu diketahui, apabila di iPhone masih memiliki riwayat percakapan akan ditimpa oleh riwayat percakapan yang dipindahkan dari Android.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Grup WhatsApp Kini Bisa Tampung hingga 512 Anggota

Sebelumnya, WhatsApp juga dilaporkan telah merilis secara bertahap kemampuan untuk membuat grup dengan jumlah peserta hingga mencapai 512 anggota. Sebelumnya, anggota grup dibatasi sampai 256 akun.

Hal ini seperti diungkap oleh situs WABetaInfo, dikutip Minggu (12/6/2022). Sebelumnya, kemampuan untuk menambahkan hingga 512 orang di grup WhatsApp hanya diluncurkan ke sejumlah penguji secara terbatas.

Fitur ini sudah dirilis ke hampir semua pengguna pada pekan ini, dan bisa didapatkan apabila kamu memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbaru, baik lewat Play Store atau App Store.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com menggunakan aplikasi yang sudah di-update, saat mencoba untuk membuat sebuah grup WhatsApp, nantinya akan terlihat di bawah tulisan "Add Participants", jumlah anggota maksimal mencapai 512 akun.

Diketahui, ini merupakan salah satu kemampuan baru yang diluncurkan oleh aplikasi chatting milik Meta tersebut. Beberapa fitur kabarnya juga sedang digodok oleh WhatsApp.

Sebelumnya, WhatsApp juga dilaporkan sedang menyiapkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyunting atau mengedit pesan yang sudah terkirim.

"WhatsApp sedang mengembangkan opsi baru yang memungkinkan kamu mengedit pesan teks," ungkap WABetaInfo sebagaimana dikutip dari The Sun, Senin (6/6/2022).

"Akhirnya kita dapat memperbaiki kesalahan ketik apa pun setelah mengirim pesan," sambung WABetaInfo memaparkan soal fitur baru WhatsApp tersebut.

3 dari 5 halaman

Fitur Edit Pesan yang Sudah Terkirim

Postingan tersebut menekankan bahwa mungkin tidak akan ada riwayat edit yang memungkinkan pengguna memeriksa versi pesan WhatsApp sebelumnya.

Akan tetapi, itu bisa saja berubah, mengingat fitur tersebut masih dalam pengembangan. Juga tidak jelas apakah akan ada jendela batas waktu untuk mengedit pesan yang sudah terlanjur dikirim.

"Sayangnya, karena fitur ini sedang dalam pengembangan, kami tidak tahu kapan fitur ini akan diluncurkan ke penguji beta," tambah WABetaInfo.

Mungkin WhatsApp dapat menghapus fitur tersebut sebelum diluncurkan. Dan mungkin perlu berhari-hari, berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan untuk menguji fitur baru itu sepenuhnya sebelum hadir untuk semua pengguna.

Awal Mei lalu, WhatsApp mengumumkan kemampuan untuk berkirim file melalui platformnya kini telah ditingkatkan. Lewat peningkatan ini, pengguna sekarang bisa berkirim file dengan ukuran lebih besar dari sebelumnya.

4 dari 5 halaman

Penggguna WhatsApp Bisa Kirim File Hingga 2GB

Dikutip dari blog WhatsApp, Jumat (6/5/2022), pengguna kini dapat mengirimkan file dengan ukuran hingga 2GB dalam sekali waktu. Tidak hanya itu, perusahaan juga memastikan pengiriman ini tetap dilindungi oleh enkripsi end-to-end.

"Kini, kamu bisa mengirimkan file di WhatsApp hingga 2GB dalam sekali waktu, dan dilindungi dengan proteksi end-to-end," tulis perusahaan melalui situsnya. Peningkatan kemampuan berkirim file ini terbilang signifkan.

Seperti diketahui, sejauh ini kemampuan berkirim file di aplikasi WhatsApp dibatasi hingga 100MB saja. Karenanya, kemampuan baru ini jelas kian membantu para pengguna aplikasi chatting milik Meta ini.

Menurut WhatsApp, peningkatan kemampuan ini diharapkan bisa membantu kolaborasi antara pengguna, baik untuk keperluan bisnis maupun produktivitas.

Untuk mengoptimalkan fitur ini, WhatsApp menyarankan pengguna untuk memakai WiFi ketika berkirim file dengan ukuran besar.

"Kami merekomendasikan memakai WiFi untuk mengirimkan file berukuran besar dan kami akan menampilkan penghitung saat (pengguna) mengunggah atau mengunduh file untuk memberikan informasi bagi Anda berapa lama transfer akan berlangsung," tulisnya.

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Cek Fakta: Kumpulan Hoaks Seputar Covid 19 terbaru yang beredar di WhatsApp (Liputan6.com/Abdillah)