Sukses

Cara Bikin Profil dan Ubah Tampilan Subtitle di Netflix

Liputan6.com, Jakarta Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menikmati konten Netflix secara optimal. Netflix sendiri menyediakan berbagai fitur untuk memastikan pelanggannya dapat menikmati beragam tayangan yang menghibur dan menarik.

Bagi anggota keluarga yang tergabung dalam satu akun berlangganan Netflix, membuat profil pribadi akan memastikan pelanggan dapat menemukan tayangan favorit dengan lebih mudah.

Selain itu, kamu juga bisa mengubah tampilan subtitle agar menonton film jadi lebih nyaman. Berikut langkah mudah yang bisa kamu lakukan.

Membuat Profil

Untuk memastikan daftar tontonan maupun rekomendasi kamu tidak tercampur dengan anggota keluarga lain, buatlah profil pribadi. Satu akun Netflix bisa digunakan untuk lima profil berbeda, termasuk satu profil yang aman bagi usia kanak-kanak.

Untuk membuat profil pribadi, kamu cukup mengklik “Kelola Profil” lalu pilih “Tambahkan Profil”. Cantumkan nama (setiap profil harus memiliki nama yang berbeda) dan tambahkan foto profil untuk memberikan sentuhan pribadi.

Saat pertama kali membuat profil, kamu akan diminta untuk memilih sejumlah film dan serial yang disukai.

Jangan sampai lewatkan langkah ini karena jawaban yang diberikan akan membantu Netflix untuk memberikan rekomendasi tayangan yang sesuai dengan kegemaran.

Mengubah Tampilan Subtitle

Untuk semakin menunjang pengalaman menonton pelanggan, mengutip siaran resminya, Jumat (20/5/2022), Netflix menyediakan layanan teks di setiap tayangan, terutama yang menggunakan bahasa asing seperti Stranger Things dan The Sound of Magic.

Di samping menyediakan terjemahan dalam bentuk teks, fitur ini juga dapat diatur menurut pilihan pelanggan.

Agar sesuai dengan kebutuhan penglihatan maupun keinginan pribadi, kamu dapat mengubah warna dan ukuran teks.

Kamu bahkan bisa menyetelnya dengan mengklik Akun dan memilih Tampilan Subtitle untuk mengganti warna, jenis huruf, latar belakang, hingga bayangan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Personalisasikan Daftar Tontonan

Di samping dua cara di atas, kamu juga bisa membuat profil yang sesuai selera dengan menambahkan film dan serial yang ingin ditonton ke dalam pilihan “Daftar Saya”.

Dengan fitur ini, kamu memiliki daftar pribadi yang memuat berbagai tayangan untuk ditonton. Untuk menambahkan tayangan, pilih serial atau film yang ingin ditonton dan klik “Tambahkan ke Daftar Saya” atau klik “+Daftar Saya”.

Jika menggunakan komputer, arahkan kursor pada judul film/serial dan klik simbol “+” di ujung kanan atas.

Di akun pelanggan, pilihan “Daftar Saya” akan muncul sebagai baris tersendiri. Untuk dapat melihatnya dengan mudah, kamu juga dapat mengunjungi Netflix.com/MyList jika menggunakan komputer.

Di sisi lain, Netflix dilaporkan akan menghadirkan jenis konten baru di layanannya. Berdasarkan laporan Deadline, jenis konten baru yang dimaksud adalah konten yang ditayangkan secara live streaming.

Dikutip dari The Verge, Minggu (15/5/2022), konten live streaming ini disebut bisa menjadi opsi untuk beberapa konten, seperti event spesial standup comedy atau reality show yang membutuhkan interaksi langsung penonton.

Laporan menyebut, fitur ini baru dikembangkan oleh sekelompok kecil orang di Netflix dan masih dalam tahap awal. Karenanya, belum ada informasi lebih lanjut mengenai kapan konten live streaming ini akan dirilis ke publik.

 

3 dari 5 halaman

Netflix Belum Memberikan Respons

Terkait adanya laporan ini, Netflix juga belum memberikan respons. Namun perlu diketahui, Netflix sendiri memang dilaporkan tengah mencoba berbagai cara untuk bisa meningkatkan jumlah pelanggan.

Alasannya, Netflix pada 19 April 2022 lalu mengumumkan, telah kehilangan 200.000 pelanggan, tiga bulan pertama 2022. Netflix bahkan memprediksi akan kehilangan 2 juta pelanggan lagi per kuartal kedua 2022.

Terlebih, Disney Plus sebagai salah satu kompetitor aplikasi Netflix sudah lebih dulu menghadirkan tayangan live streaming. Pada Februari 2022, Disney Plus menayangkan siaran langsung Academy Awards dan menjadi yang pertama dilakukan oleh platform tersebut.

Tidak hanya itu, Disney Plus juga berencana menayangkan siaran langsung kompetisi tari Dancing With the Stars pada akhir tahun ini. Untuk itu, wajar apabila Netflix memiliki rencana untuk menghadirkan layanan live streaming di platformnya.

Selain itu, Netflix belum lama ini memberi tahu ke para karyawannya, perusahaan akan menurunkan harga paket pada akhir 2022. Sebagai imbasnya, perusahaan disebut-sebut akan menghadirkan iklan di layanannya.

Menurut laporan The New York Times, saat ini perusahaan tengah bersaing dalam bisnis streaming. Saham Netflix disebutkan anjlok bulan lalu setelah perusahaan melaporkan kehilangan pelanggan.

CEO Netflix, Reed Hastings, pada April lalu mengatakan, perusahaan terbuka untuk menambahkan iklan ke layanan. Hal ini pun mengejutkan industri media dan periklanan.

Pasalnya, seperti dikutip CNN, Rabu (11/5/2022), Hastings selama bertahun-tahun menolak untuk memasang iklan di Netflix.

"Mereka yang telah mengikuti Netflix tahu bahwa saya menentang kerumitan periklanan dan penggemar berat kesederhanaan berlangganan. Namun sebanyak saya menggemarinya, saya penggemar pilihan konsumen yang lebih besar," kata Hastings.

 

4 dari 5 halaman

Ingin Dapat Lebih Banyak Uang

Ia pun menjelaskan, konsumen mungkin lebih senang dengan biaya berlangganan yang lebih rendah namun toleran terhadap iklan. "Mendapatkan apa yang mereka inginkan akan sangat masuk akal," tuturnya.

April lalu, Hastings juga mengatakan, platform streaming Netflix tengah mencoba mencari cara menghadirkan iklan ke platform selama satu atau dua tahun ke depan. Namun kehadiran iklan tampaknya lebih cepat dari yang direncanakan.

Netflix menolak berkomentar atas hal ini. Namun, perusahaan ditengarai tengah mencari cara untuk menghasilkan lebih banyak uang serta menaikkan nilai sahamnya.

Namun, kabar tentang kehadiran iklan di Netflix membuat investor cukup takut dan justru menurunkan nilai saham hingga 1 persen.

Tidak hanya menambahkan iklan ke platform, Netflix juga berencana untuk mengurangi keleluasaan berbagi password di kalangan pelanggan. Netflix akan memulai upaya membatasi pembagian kata sandi di kalangan pengguna bersamaan dengan debut iklan di platformnya.

Maret lalu, perusahaan mengatakan, mereka bekerja selama setahun penuh guna menemukan cara yang memungkinkan anggota tidak serumah saling berbagi password sembari membayar biaya langganan lebih mahal.

Pada April lalu, Netflix memiliki 221 juta pelanggan. Hal ini menjadikan Netflix sebagai pemimpin di pasar streaming. Namun pada kuartal pertama 2022 Netflix justru kehilangan sekitar 200 ribu pelanggan.

Tidak cukup sampai situ, Netflix juga memperkirakan akan kehilangan dua juta pelanggan pada kuartal kedua 2022.

5 dari 5 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia