Sukses

Cara Buat Konten Moon Phase yang Ramai di TikTok

Liputan6.com, Jakarta - Konten dengan tagar Moon Phase kini tengah bersliweran di TikTok. Sesuai namanya, konten ini sebenarnya hanya menampilkan fase-fase Bulan atau perubahan bentuk Bulan jika dilihat dari Bumi.

Namun yang kini membedakan, sejumlah kreator di TikTok mencari bentuk fase Bulan yang sesuai dengan tanggal lahirnya lalu diunggah di media sosial tersebut.

Berdasarkan pantuan Tekno Liputan6.com, Senin (10/1/2021), banyak dari tampilan fase Bulan juga dijadikan sebagai wallpaper di smartphone. Beberapa di antaranya menyandingkan fase Bulan miliknya dengan orang terdekat.

Mengingat tren ini cukup ramai di TikTok, bagi kamu yang belum mengetahui cara untuk melakukannya, kami akan memberikan langkah-langkahnya.

Kali ini, kamu bisa memanfaatkan situs Lunaf.com. Lewat situs ini, kamu bisa mengetahui seperti apa fase Bulan/Moon Phase saat ulang tahunmu.

Hanya perlu diingat, data yang ditampilkan di sini dimulai dari tahun 2001. Karenanya, bagi kamu yang lahir sebelum tanggal tersebut perlu menambahkan tahun kelahiran dengan angka 19.

Lalu untuk mengetahui seperti apa langkah-langkahnya, simak caranya berikut ini:

  1. Buka situs Lunaf.com
  2. Setelahnya pilih menu Lunar Calendar
  3. Begitu terbuka, ada opsi Lunac Calender by Decades di bagian bawah, pilih rentang yang sesuai dengan tahun kelahiranmu
  4. Jika sudah terbuka, pilih tahun yang lebih spesifik dengan tahun lahirmu
  5. Terakhir, buka opsi bulan saat kamu lahir dan pilih yang sesuai dengan tanggal lahirmu
  6. Apabila hasilnya sudah ditampilkan, kamu dapat melakukan screenshot dan menyimpan gambar tersebut

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

TikTok Jadi Aplikasi Paling Banyak Diunduh di 2021

Tahun 2021 tampaknya jadi tahun di mana TikTok berada di atas angin. Sebuah laporan kembali mengungkapkan bahwa media sosial ByteDance ini menjadi aplikasi dengan unduhan tertinggi di dunia.

Menurut Apptopia, TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh sepanjang 2021, baik secara global maupun di Amerika Serikat (AS), bahkan mengungguli Instagram di peringkat kedua di dua data tersebut.

Mengutip laman blog resmi Apptopia, Minggu (2/1/2022), TikTok memiliki 656 juta unduhan secara global, diikuti Instagram (545 juta), Facebook (416 juta), WhatsApp (395 juta), dan Telegram (329 juta).

Sementara secara berturut-turut, Snapchat (327 juta), Zoom (300 juta), Messenger (286 juta), CapCut (255 juta), dan Spotify (203 juta), berada di peringkat enam hingga sepuluh secara global.

Di AS sendiri, TikTok mendapatkan 94 juta unduhan, diikuti Instagram (65 juta), Snapchat (56 juta), Cash App (56 juta), dan Zoom (52 juta). 

3 dari 3 halaman

Media Sosial Terpopuler

Data dari Apptopia juga menyebut, TikTok menjadi aplikasi media sosial yang paling banyak diunduh di 2021, baik di AS maupun di dunia.

Pada kategori tersebut, TikTok kembali mengalahkan Instagram, Facebook, WhatsApp, dan Snapchat secara global. Khusus di AS, TikTok mengungguli Instagram, Snapchat, Facebook, Discord, serta Twitter.

Adapun, Apptopia mencatat bahwa peringkat mereka mengombinasikan data dari iOS dan Google Play, kecuali dari Tiongkok di mana hanya ada data iOS.

Selain itu, mereka juga menyertakan data dari aplikasi versi "lite" ke dalam data masing-masing aplikasi.

(Dam/Ysl)