Sukses

Daftar Kategori Paling Laris di Tokopedia Jelang Akhir 2021

Tokopedia mengumumumkan beberapa temuan menarik tentang perilaku belanja daring masyarakat Indonesia menjelang akhir tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Tokopedia mengumumumkan beberapa temuan menarik tentang perilaku belanja daring masyarakat Indonesia menjelang akhir tahun 2021.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, menyebut perusahaan mendapati peningkatan transaksi hampir 1,5x lipat.

"Khususnya di wilayah Indonesia bagian barat, selama menjelang akhir tahun 2021, dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya," tutur Ekhel dikutip dari keterangan perusahaan pada Selasa (28/12/2021)

Peningkatan ini, kata Ekhel, antara lain didorong oleh berbagai inisiatif Tokopedia, seperti hyperlocal dan serangkaian program turunan lainnya. Inisiatif-inisiatif tersebut, menurut dia, mampu menjaga dan meningkatkan antusiasme masyarakat terhadap belanja daring.

Inisiatif hyperlocal disesuaikan dengan kebutuhan setiap daerah dan bertujuan mempertemukan pembeli dengan penjual terdekat di areanya. Tujuannya untuk memberikan kesempatan yang setara kepada UMKM di seluruh penjuru Indonesia untuk bertumbuh.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kategori Paling Laris

Khusus di wilayah Indonesia bagian barat, kategori Rumah Tangga, Kesehatan dan Perawatan Diri, Makanan dan Minuman, serta Elektronik menjadi beberapa kategori paling laris di Tokopedia, menjelang akhir tahun 2021.

Sementara itu, jumlah penjual di Tokopedia juga meningkat. Tokopedia mencatat peningkatan jumlah penjual hampir 1,5x lipat, khususnya di wilayah Indonesia bagian barat, selama menjelang akhir tahun 2021, dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Salah satu contoh pegiat usaha dari Surabaya yang menjual beragam produk kerajinan dari kulit sapi, Verne Indonesia, menyebut Tokopedia menjadi kanal utama untuk penjualan produk mereka.

"Setiap bulan kami bisa melayani 50 sampai 60 pesanan, dan kami mencatat peningkatan jumlah transaksi hampir 2x lipat dibandingkan tahun lalu," ujar Marsetio Hariadi, Manager di Verne Indonesia.

3 dari 4 halaman

Komitmen Perusahaan

Ekhel pun mengatakan bahwa Tokopedia akan terus berkomitmen membantu masyarakat beradaptasi menghadapi perkembangan era melalui teknologi.

"Kami akan terus berusaha untuk berkolaborasi dengan para mitra strategis demi menciptakan inovasi terbaik," pungkas Ekhel.

4 dari 4 halaman

Infografis 7 Tips Aman Belanja di Pasar Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.