Sukses

Top 3 Tekno: Kemkominfo Imbau Warga Tidak Sebar Info Menyesatkan Soal Erupsi Gunung Semeru

Kemkominfo mengimbau warga untuk tidak menyebarkan informasi menyesatkan terkait erupsi Gunung Semeru, paling populer di kanal Tekno Liputan6.com, Selasa (7/12/2021).

Liputan6.com, Jakarta - Berita tentang imbauan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) agar tidak menyebarkan informasi menyesatkan terkait erupsi Gunung Semeru, paling populer di kanal Tekno Liputan6.com, Selasa (7/12/2021).

Selain itu, berita tentang doa warganet untuk Rumini, korban erupsi semeru yang meninggal berpelukan dengan ibunya, dan petinggi PlayStation dipecat karena dugaan terlibat pedofilia juga populer kemarin.

Lebih lengkapnya simak berita berikut ini.

1. Kemkominfo: Jangan Sebarkan Info Menyesatkan Soal Erupsi Gunung Semeru

Tim SAR melakukan operasi pencarian orang hilang menyusul erupsi Gunung Semeru di desa Sumberwuluh, Lumajang, Jawa Timur, Senin (6/12/2021). Berdasarkan laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jumlah korban meninggal sampai Minggu sore berjumlah 14 orang. (ADEK BERRY/AFP)

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) meminta agar tidak ada pihak yang membuat situasi usai letusan Gunung Semeru menjadi lebih sulit dengan informasi yang menyesatkan.

Nursodik Gunarjo, Direktur Pengelolaan Media Kemkominfo mengatakan, bencana seperti erupsi Gunung Semeru memang erat kaitannya dengan kerisauan, kesedihan, keresahan, dan ketakutan.

Nursodik, dalam konferensi pers virtual BNPB pada Senin (6/12/2021) malam mengatakan, hal-hal tersebut tengah dirasakan oleh masyarakat di Lumajang erupsi Gunung Semeru.

Baca Selengkapnya di Sini

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Warganet Doakan Rumini, Korban Erupsi Semeru yang Meninggal Berpelukan dengan Ibu

Warga memeriksa kerusakan di rumahnya di daerah yang terkena dampak letusan Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). Gunung Semeru memuntahkan kolom tebal abu, gas yang membakar dan lava menuruni lerengnya dalam letusan tiba-tiba yang dipicu oleh hujan lebat. (AP Photo/Trisnadi)

Erupsi Gunung Semeru pada Sabtu, 4 Desember 2021, menyisakan duka yang mendalam tidak hanya bagi masyarakat sekitar Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, tetapi juga bagi warganet di linimasa Twitter Indonesia.

Sekadar informasi, menurut data BNPB per Senin sore, 22 orang ditemukan meninggal dunia, 2.004 orang mengungsi, dan 27 orang hilang akibat meletusnya gunung tertinggi di Pulau Jawa itu.

Dari banyaknya korban, dua kisah yang ramai diberitakan adalah kabar ibu dan anak bernama Rumini (28) dan Salamah (70). Keduanya ditemukan meninggal dunia dalam kondisi berpelukan pasca Gunung Semeru meletus.

Baca Selengkapnya di Sini

 

3 dari 3 halaman

3. Sony Pecat Petinggi PlayStation karena Diduga Terlibat Pedofilia

Logo PlayStation. (Doc: Sony)

Seorang pejabat eksekutif PlayStation dipecat oleh Sony karena diduga terlibat aksi pedofilia, usai dirinya tertangkap dalam sebuah video yang diunggah oleh kanal operasi amatir di YouTube.

Dalam video yang diunggah di kanal People v Preds., George Cacioppo, Senior Vice President di Sony Interactive Entertainment, diduga mencoba mengatur pertemuan dengan bocah laki-laki berusia 15 tahun.

Dilansir New York Post, Selasa (7/12/2021), menurut profil LinkedIn-nya, Cacioppo sudah bekerja di PlayStation lebih dari delapan tahun. Terakhir ia menjadi Senior Vice President of Engineering.

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.