Sukses

Cara Menjaga Data Pribadi Aman dari Modus Penipuan Stiker Add Yours Instagram

Liputan6.com, Jakarta - Warganet di Indonesia sedang menyoroti kabar tentang fitur stiker Add Yours di Instagram Stories dapat disalahgunakan oleh penjahat siber.

Dibuat agar pengguna berbagi inspirasi OOTD hingga tantangan membagikan foto aktivitas di Instagram, nyatanya fitur ini rentan dipakai untuk berbuat jahat.

Kejadian ini diungkap oleh pemilik akun Twitter @ditamoechtar_. Dia mengatakan, salah seorang rekannya bercerita telah menjadi korban penipuan melalui telepon untuk mengirimkan sejumlah uang.

"Yang bikin temen saya percaya, si penipu manggil dia 'pim'. 'Pim' adalah panggilan kecil teman saya, yang hanya orang dekat yang tau," tulisnya.

Setelah diingat kembali, ternyata teman tersebut baru saja mengikuti tantangan variasi panggilan nama yang ada di Instagram Stories lewat fitur stiker Add Yours.

Meski layanan online mengklaim memiliki tingkat keamanan tinggi, bukan berarti kita sebagai pengguna menjadi tidak memperhatikan keamanan akun.

Karena tetap ada kemungkinan penjahat siber bisa mendapatkan informasi pribadi, seperti nama, alamat, foto, dan lainnya dari postingan stiker Add Yours di Instagram Stories tanpa kamu sadari.

Karena hal tersebut, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar data pribadi tidak bocor atau tersebar luas.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

1. Jangan berbagi informasi pribadi

Berkaca dari metode penipuan menggunakan stiker Add Yours di Instagram ini, kamu harus bijak saat membagikan informasi di media sosial.

Terlebih lagi bila berhubungan nama lengkap, umur, alamat, hingga nama orang tua. Bila ada yang mantang kamu membagikan informasi tersebut, ini patut dicurigai.

Kenapa? Karena berawal dari nama, umur, dan alamat saja kamu berpotensi menjadi korban modus rekayasa sosial atau profiling.

2. Lock akun Instagram

Bila bersikeras untuk mengikuti tren Add Yours di Instagram, ada baiknya untuk tidak membagikannya secara publik di Stories.

Kamu dapat me-lock akun Instagram agar hanya orang-orang terdekat yang follow akun bisa melihat postingan atau mengatur postingan hanya orang terdekat saja yang dapat melihat.

 

3 dari 4 halaman

3. Ganti password

Ilustrasi Instagram. (via: istimewa)

Bila pernah membagikan informasi terkait dengan password yang digunakan di media sosial dalam tantangan stiker "Add Yours", ada baiknya kamu mulai mengganti kata sandi yang dipakai untuk login.

4. Gunakan OTP/ 2FA

Agar lebih meyakinkan dan aman, kamu dapat mengaktifkan fitur OTP (One Time Password) atau 2FA (Two Factor Authentication) guna memastikan agar akses ke layanan hanya dapat dilakukan oleh kamu sendiri.

5. Edukasi keluarga dan orang terdekat

Penting untuk mengedukasi keluarga, teman, atau orang-orang terdekat mengenai pentingnya menjaga data dan bijak dalam bertukar membagikan informasi dengan pihak mana pun.

(Ysl/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Data Pengguna Facebook Indonesia Bocor