Sukses

Bikin Instagram Live Kini Makin Mudah dengan Fitur Penjadwalan

Liputan6.com, Jakarta - Instagram baru saja mengumumkan fitur baru untuk memudahkan para kreator melakukan live streaming di platformnya. Jadi, fitur ini memungkinkan kreator untuk menjadwalkan siaran langsung yang akan mereka lakukan.

Dikutip dari Tech Crunch, Jumat (15/10/2021), kreator kini bisa menjadwalkan siaran langsung di Instagram Live hingga 90 hari ke depan. Mereka juga dapat membagikan informasi tersebut untuk follower melalui Feed atau Stories.

"Live Scheduling memungkinkan kamu menjadwalkan streaming hingga 90 hari ke depan dan para follower dapat membuat pengingat untuk bisa menyaksikan siaran tersebut," tulis Instagram melalui akun resmi Twitternya.

Tidak hanya itu, Instagram juga menghadirkan fitur yang diberi nama Practice Mode. Lewat fitur ini, kreator dapat membuat semacam gladi resik sebelum melakukan live streaming

Kreator dapat mempersiapkan beberapa hal, mulai dari memastikan jaringan, pencahayaan, dan persiapan lain yang diperlukan. Instagram menuturkan fitur ini menjadi salah satu yang diminta kreator sejak beberapa waktu lalu.

Menurut Instagram, fitur ini akan tersedia untuk kreator di seluruh dunia. Kehadiran fitur penjadwalan ini membuat Instagram mengikuti jejak media sosial lain yang sudah memiliki kemampuan tersebut, seperti YouTube maupun Facebook.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Instagram Bakal Peringatkan Pengguna Saat Ada Masalah di Platform IG

Di sisi lain, Instagram baru saja mengumumkan fitur baru yang dapat memperingatkan pengguna apabila terjadi masalah di layanannya. Fitur ini hadir setelah beberapa hari lalu layanan milik Facebook ini bermasalah dan tidak dapat diakses.

"Kurangnya kejelasan (jika terjadi masalah) bisa membuat frustrasi. Untuk itu kami ingin mempermudah menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi, langsung dari kami," tulis Instagram seperti dikutip dari blog resminya, Rabu (13/10/2021).

Untuk itu, Instagram kini sedang menguji coba fitur baru yang akan memberikan notifikasi di Feed saat terjadi gangguan atau masalah teknis di platform-nya, termasuk apabila masalah itu nantinya sudah selesai diatasi.

Namun, bukan berarti setiap masalah akan diinformasikan ke pengguna. Instagram mengatakan bakal menginformasikan masalah apabila memang ada keluhan dan pertanyaan dari pengguna.

3 dari 3 halaman

Uji Coba di AS

Instagram mengatakan fitur ini akan diuji coba lebih dulu di Amerika Serikat dan akan hadir dalam beberapa bulan ke depan. Aplikasi media sosial ini mengatakan, mengingat fitur ini masih tahap masih uji coba, ada kemungkinan fitur akan digulirkan ke wilayah lain secara bertahap sambil terus mempelajari umpan balik pengguna.

Tidak hanya itu, Instagram juga menghadirkan tool baru bernama Account Status. Lewat tool baru ini, pengguna dapat mengetahui aktivitas termasuk distribusi konten mereka.

Nantinya, tool ini memudahkan pengguna untuk mengetahui apabila memang ada unggahannya yang melanggar dan berisiko diblokir. Selain itu, dalam beberapa bulan ke depan, Instagram akan menambahkan informasi mengenai cara konten mereka didistribusikan

(Dam/Ysl)