Sukses

Cara Manfaatkan Foto dari Smartphone untuk Tingkatan Penjualan Online

Liputan6.com, Jakarta - Foto tidak dimungkiri berperan penting bagi pelaku bisnis yang mulai berjualan online. Sebab, foto dapat memberikan informasi secara visual mengenai produk yang ditawarkan lewat platform digital.

Namun menurut pengajar basic food & product photography, Meyani Kristina Ningrum, banyak pelaku bisnis online belum begitu menyadari foto berkualitas dapat mendongkrak penjualan.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (14/10/2021), Meyani menuturkan, hal ini disebabkan beberapa dari pelaku bisnis online minder tidak memiliki kemampuan fotografi. Selain itu, banyak dari mereka merasa tidak memiliki kamera profesional.

Padahal, menurut Meyani, di era digital saat ini, perangkat memotret tidak harus menggunakan kamera canggih dan mahal, seperti mirrorless atau DSLR. Pelaku bisnis sebenarnya dapat memanfaatkan kamera smartphone.

"Kehadiran perangkat smartphone terbaru saat ini rata-rata telah dilengkapi dengan kamera belakang beresolusi tinggi, yang mumpuni untuk memotret produk atau subjek orang," tuturnya menjelaskan.

Ia pun mencontohkan, salah satunya adalah Oppo A16. Hadir dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 13MP, lensa bokeh 2MP, dan lensa makro 2MP, smartphone ini dapat digunakan untuk mendukung kebutuhan foto produk yang dijual.

Berbekal kamera dan konsep, pelaku bisnis tinggal berkreasi untuk membuat foto produk yang apik. Selain itu, pelaku bisnis juga dapat mengoptimalkan fitur yang disertakan di smartphone untuk menghasilkan foto yang lebih menarik.

Apabila sudah selesai, pelaku bisnis tinggal mengolah hasil foto di aplikasi seperti Lightroom Mobile, Picsart, dan Canva agar terlihat artistik saat dipajang di media sosial maupun e-commerce. Nah, bagaimana? Selamat mencoba.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Oppo A16 Kini Hadir dengan Varian RAM 4GB dan Memori 64GB

Untuk diketahui, Oppo Indonesia baru saja mengumumkan varian terbaru terbaru Oppo A16. Smartphone yang pertama kali diperkenalkan pada Juli ini kini hadir dengan varian RAM 4GB dan ROM 64GB.

Kehadiran varian baru ini tidak lepas dari tanggapan positif konsumen terhadap Oppo A16. Menurut PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto A, pihaknya mencatat ada kenaikan penjualan yang konstan sebesar 3,3 per bulan sejak pertama kali smartphone ini diperkenalkan.

"Beberapa area mencatatkan kenaikan angka penjualan yang signifikan seperti pada wilayah Pekanbaru, Lampung dan Manado," tuturnya dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (24/9/2021).

Selain kenaikan penjualan yang cukup stabil, warna dari smartphone Oppo yang terbilang tidak biasa ini ternyata mendapat sambutan baik dari konsumen. Hal itu dapat dilihat dari 52,5 persen konsumen memilih warna space silver, ketimbang crystal black.

Dengan fakta ini, Oppo merasa konsumen berarti mulai mempertimbangkan kehadiran warna unik untuk menjadi bagian ekspresi gaya hidupnya. Untuk itu, pada Oppo A16 varian RAM 6GB/ROM 64GB ini dihadirkan warna baru, yakni pearl blue.

3 dari 3 halaman

Harga Oppo A16 Varian Baru

Adapun varian baru dari Oppo A16 ini hadir dengan dua pilihan warna, yakni pearl blue dan space silver. Oppo membanderol smartphone ini dengan harga Rp 2.499.000 dan sudah dapat dibeli secara offline, tapi ketersediaannya masih bertahap.

Nantinya, konsumen juga dapat membeli smartphone ini secara online. Mereka bisa mendapatkannya lewat aplikasi Oppo Store atau jaringan Oppo Official Store yang ada di sejumlah e-commerce.

(Dam/Ysl)