Sukses

Ini Smartphone Pertama di Dunia yang Akan Pakai Android 16

Liputan6.com, Jakarta - Google dijadwalkan akan meluncurkan smartphone terbarunya, Pixel 6 series, dalam acara bertajuk Pixel Fall Launch pada 19 Oktober 2021.

Rencananya, raksasa mesin pencari tersebut akan merilis dua ponsel barunya, yakni Pixel 6 dan Pixel 6 Pro.

Jelang hari tersebut, berbagai bocoran informasi tentang HP Android baru milik Google pun semakin ramai beredar di internet.

Salah satu paling hangat adalah kedua seri Pixel 6 ini akan mendapatkan update OS (sistem operasi) hingga Android 16.

Kabar ini datang dari cuitan @OXIR di akun Twitter-nya. Dia mengklaim, Android 12 akan langsung terinstal di Google Pixel 6 series.

"Android menerima update utama hingga 4 tahun, ini berarti Pixel 6 series akan terima pembaruan Android 13 hingga Android 16," tulis @OXIR yang dikutip via Gizchina, Selasa (12/10/2021).

Bila memang kabar ini benar adanya, maka duo Pixel 6 ini akan menjadi ponsel flagship pertama yang terkonfirmasi terima update Android 16.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Bocoran Pixel 6 Series

Bocoran gambar render Google Pixel 6 Pro. (Doc: Jon Prosser/ Rendersbyian)

Sebelumnya, leaker kenamaan Jon Prosser kembali membagikan informasi dan memperlihatkan gambar render terkait wujud duo Pixel 6 tersebut.

Mengutip Phandroid, Selasa (18/5/2021), Google akan memindahkan kamera selfie di kiri atas ke posisi tengah layar untuk Pixel 6.

Untuk kamera belakang, Pixel 6 akan dilengkapi dengan dua kamera dan flash LED yang terpasang dalam posisi sejajar secara vertikal.

 

3 dari 3 halaman

Spesifikasi Pixel 6 dan Pixel 6 Pro

Google ungkap informasi soal Pixel 6 dan Pixel 6 Pro. (Doc: Google/ GSM Arena)

Sementara itu, Pixel 6 Pro akan hadir dengan tiga kamera utama--yang tentunya sudah dilengkapi dengan sebuah flash LED.

Kedua smartphone memiliki frame kamera yang memiliki kesan retro di bodi belakangnya. Desain kamera retro ini mengingatkan kita pada Nexus 6P.

Pixel 6 dan Pixel 6 Pro akan didukung chipset Tensor. Chipset merupakan chip yang dirancang khusus, meski diproduksi pihak ketiga, desain chip dilakukan oleh pihak Google.

(Ysl/Isk)