Sukses

Google Doodle Christopher Reeves, Tanda Penghormatan untuk Sang Aktor Superman

Saat ulang tahun Christopher ke-69, Google memberikan Doodle sebagai tanda penghormatan bagi sang pahlawan penyandang disabilitas.

Liputan6.com, Jakarta - Google Doodle memberikan penghormatan pada aktor "Superman" Christopher Reeve, yang menjadi aktivis penyandang disabilitas. Penghormatan diberikan bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke-69 pada Sabtu, 25 September 2021. 

Reeve lumpuh dari leher ke bawah dalam kecelakaan menunggang kuda pada tahun 1995. Ia pun menghabiskan sisa hidupnya untuk mempertahankan hak-hak penyandang disabilitas dan mengadvokasi penelitian tentang cedera tulang belakang.

Dilansir CNN, Senin (27/9/2021), Reeve pertama kali dikenal dunia pada 1978, karena peran utamanya dalam film Superman.

"Keberanian dan kemanusiaannya setelah kecelakaan yang membuatnya lumpuh yang menyentuh begitu banyak orang di seluruh dunia," kata keluarga Reeve dalam sebuah pernyataan di Google.

Reeve melakukan upayanya termasuk mengadvokasi penelitian sumsum tulang belakang, dan mendukung peningkatan cakupan asuransi dan pembayaran untuk penyandang disabilitas. Yayasan Christopher dan Dana Reeve mendistribusikan jutaan donasi individu.

Menurut Google, Reeve juga bertugas di dewan organisasi lain untuk membantu penyandang disabilitas lain.

Dana, istri dari Reeve selalu memberikan semangat bagi suaminya. Dengan begitu, Reeve tetap memiliki keinginan untuk bertahan setelah kecelakaannya, menurut biografi di situs web Christopher and Dana Reeve Foundation.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pahlawan Penyandang Disabilitas

Reeve mengatakan, ketika itu sang istri membisikan kata-kata penyelamat padanya, 'Kamu tetap kamu. Dan aku mencintaimu'. Menurut Reeve, itu lebih berarti baginya daripada sekadar pernyataan komitmen pribadi.

"Dalam arti tertentu itu adalah penegasan bahwa pernikahan dan keluarga berdiri di atas segalanya, dan jika keduanya utuh, begitu pula dengan dunia Anda," kata Reeve.

Ketika Reeve melihat penyandang disabilitas lain yang sedang berjuang bersamanya dalam rehabilitasi, ia mendorong dan mengadvokasi para penyandang disabilitas lainnya. 

"Saya merasa saya perlu melakukan sesuatu, tidak hanya untuk diri saya sendiri tetapi untuk semua orang dalam kondisi yang sama," tulis Reeve.

Dalam autobiografinya yang berjudul "Still Me", Reeve menulis, orang sering bertanya kepadanya apa itu pahlawan, dan Reeve selalu mengatakan bahwa pahlawan adalah seseorang yang melakukan sesuatu dengan berani tanpa memikirkan konsekuensinya.

Oleh karena itu Google memberikan penghormatan kepada Reeve sebagai sang pahlawan bagi penyandang disabilitas.

"Selamat ulang tahun, Christopher Reeve, yang tetap menjadi pahlawan bagi banyak orang baik di dalam maupun di luar layar!" tulis Google dalam penghormatannya.

 

Penulis : Vania Dinda Marella

3 dari 3 halaman

Infografis Menggoyang Dominasi Google

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.