Sukses

Pengguna Twitter Kini Bisa Berbagi Tip ke Akun Favorit

Liputan6.com, Jakarta - Twitter meluncurkan fitur Tips untuk para pengguna di platformnya. Sesuai namanya, fitur yang sebelumnya dikenal dengan nama Tip Jar ini memungkinkan pengguna Twitter memberikan tip sebagai bentuk dukungan untuk akun favorit mereka.

Dalam pengumumannya, fitur ini sekarang hadir dengan lebih banyak pilihan pembayaran, termasuk dengan mata uang kripto. Menurut Product Lead for Creator Monetization di Twitter, Esther Crawford, beberapa orang saat ini bisa menautkan profil pembayaran ke bio dan tweet mereka.

Esther menuliskan, fitur ini membantu pengguna untuk memberi tip pada akun favorit mereka di Twitter. Mulai dari akun favorit yang dikagumi pendapatnya, kreator konten komedi lewat kicauannya, membantu pemilik usaha kecil, hingga berdonasi.

"Apa pun yang ingin Anda dukung (dan kami tahu Anda sudah memiliki ide memberikan tip untuk beberapa hal), Tips hadir untuk membantu Anda melakukannya," tulis Esther seperti dikutip dari blog Twitter, Jumat (24/9/2021).

Fitur ini akan lebih dulu hadir untuk pengguna di iOS, baru hadir untuk pengguna Android dalam beberapa minggu mendatang. Nantinya, akan ada ikon menyerupai uang dolar di profil yang menandakan akun tersebut sudah mendukung fitur Tips.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Metode Pembayaran di Tips

Lebih lanjut disebutkan fitur Tips ini sudah mendukung beberapa layanan pembayaran, seperti Bandcamp, Cash App, Chipper, Patreon, Razorpay, Wealthsimple Cash, dan Venmo. Ada pula tambahan dua layanan pembayaran lain, seperti GoFundMe dan PicPay platform pembayaran seluler Brasil.

Sementara untuk memberikan tip dengan Bitcoin, pengguna dapat memanfaatkan layanan Strike. Untuk diketahui, Strike merupakan aplikasi pembayaran di Bitcoin Lightning Network yang memungkinkan seseorang mengirimkan dan menerima Bitcoin.

Layanan ini menawarkan sistem pembayaran instan dan gratis secara global. Namun perlu diketahui, Strike baru tersedia untuk pengguna di El Salvador dan Amerika Serikat, keculai Hawaii dan New York.

"Kami ingin semua orang di Twitter memiliki akses untuk mendapatkan uang. Mata uang digital yang mendorong lebih banyak orang untuk berpartisipasi dalam ekonomi dan membantu orang saling mengirim bantuan moneter lintas batas dan minim gangguan," tulis Esther menutup pernyataannya.

 

3 dari 4 halaman

Twitter Spaces

Selain meluncurkan fitur Tips, Twitter juga meningkatkan kemampuan di fitur Spaces. Kemampuan baru ini memungkinkan host untuk merekam dan memutar kembali ruang percakapan yang sudah dilakukan.

Fitur ini memang menjadi salah satu kemampuan yang dijanjikan hadir di Spaces sejak awal diperkenalkan. Namun Twitter menuturkan, fitur ini baru akan tersedia dalam beberapa bulan mendatang.

Sebelumnya, Twitter juga melaukan uji coba untuk memudahkan pencarian sesi Space. Pengguna iOS yang masuk dalam daftar uji bisa mencari sesi Spaces berdasarkan judul, termasuk nama host.

(Dam/Tin)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang Facebook dkk