Sukses

70% Konten Internet di Indonesia Dikuasai Asing

Pertumbuhan pengguna Internet di Indonesia sangat luar biasa. Namun sebagian besar masih sebagai penikmat konten saja. Saat ini 70% konten internet di Indonesia dikuasai oleh konten asing.

Jakarta: Pertumbuhan pengguna Internet di Indonesia memang sangat luar biasa. Namun ternyata, sebagian besar masih sebatas sebagai penikmat konten saja, belum banyak yang ikut berkontribusi menyumbangkan konten lokal yang bermanfaat.

Mirisnya, saat ini 70% konten internet di Indonesia dikuasai oleh konten asing. "Kita hanya menjadi pengguna, menjadi objek dari sasaran konten asing, namun tidak menikmati nilai ekonomisnya," kata Ketua Umum Klik Indonesia Henri Kasyfi Soemartono dalam siaran persnya, Selasa (11/12/2012).

Karena itulah, sekelompok komunitas dari berbagai disiplin yang peduli dengan konten Indonesia, bersatu melalui perkumpulan KlikIndonesia untuk menjadikan konten Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Misinya untuk membuat konten Indonesia lebih bernilai.

KlikIndonesia dibentuk untuk menandai kebangkitan konten Internet Indonesia. Deklarasinya sendiri baru akan digelar Rabu (12/12/2012). Dalam deklarasi tersebut juga akan diputar video berdurasi sekitar 5 menit yang berisi lagu KlikIndonesia serta dukungan dari berbagai tokoh dan selebritis yang peduli.

Selama ini, tambah Henri, masyarakat Indonesia salah kaprah. Bahwa pengguna Twitter Indonesia merupakan terbesar ke-5, pengguna Facebook Indonesia terbesar ke-4 dunia, adalah kebanggaan yang semu. Sebab, nilai ekonomisnya, pengguna Indonesia tidak menikmatinya, namun hanya sebagai objek semata.

"Seluruh nilai ekenomisnya, berupa pemasangan iklan dan lain-lain, semua milik asing, bukan kita. Kenapa kita tidak meningkatkan nilai ekonomis konten bangsa Indonesia dengan mengakses konten saudara-saudara sendiri?" ungkap Henri yang juga komisaris Internet Data Center Indonesia (IDC).

KlikIndonesia juga akan membantu para pembuat konten dan aplikasi Internet di Indonesia dalam mewujudkan setiap ide dan menerapkan keahliannya, hingga menjadi konten dan aplikasi yang mudah dan baik untuk diakses. Sejak dibuka pendaftaran pada 8 Desember lalu, sudah 150 lebih konten khas Indonesia yang mendaftar.

KlikIndonesia akan menjadi simpul penghubung dan mensinergikan seluruh aspek yang dapat mendukung industri Internet Indonesia untuk dapat saling bekerja sama memberikan manfaat. Selain itu kelompok ini juga akan bersinergi dengan penyedia konten dan aplikasi dari luar Indonesia agar memberikan nilai tambah bagi industri Internet Indonesia.

Bagi yang ingin bergabung, para pengurus konten di Indonesia bisa mendaftarkan kontennya melalui www.KlikIndonesia.or.id atau www.KlikIndonesia.org. (dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini