Sukses

5 Tips Buat Podcast Cuma Modal Smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Podcast atau siniar tidak dimungkiri tengah menjadi salah satu konten yang diminati. Terlebih pengguna platform audio streaming, seperti Spotify, Tidal, Deezer, Primephonic, Qobuz, Dan YouTube Music terus bertambah.

Konten podcast yang berupa audio juga membuatnya lebih mudah dinikmati sambil berkegiatan. Namun tidak hanya mudah dinikmati, konten audio semacam ini lebih memungkinkan untuk dibuat.

Podcast disebut cocok untuk para kreator yang memang suka bercerita, menyuarakan opini, atau membuat konten pengalaman diri. Hanya memang masih ada beberapa calon kreator masih kebingungan untuk memulai membuat konten podcast.

Salah satunya adalah ketersediaan perangkat, seperti mixer atau mikrofon. Padahal di era saat ini, kontenĀ podcast sebenarnya bisa dibuat dengan menggunakan smartphone.

Nah, seperti apa caranya untuk memulai merekam podcast dengan smartphone? Berikut ini ada beberapa tips yang akan membantu kamu untuk memulai menjadi podcaster pemula.

Tentukan Tema Pembicaraan

Siapkan naskah lebih dulu sesuai tema yang ingin dibicarakan. Kalau memungkinkan, pilih topik relevan yang dapat menarik pendengar.

Cara paling mudah untuk memilih topik adalah membahas sesuatu yang disukai atau menjadi passion. Berbekal topik yang dikuasai, para pendengar podcast dapat menilai kamu sebagai ahli yang terpercaya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Tips Selanjutnya

Pasang Smartphone di Posisi Tepat

Posisi smartphone saat merekam menentukan hasil dari rekaman audio. Posisi smatphone sebaiknya diletakkan dengan jarak yang cukup untuk menghindari suara hembusan angin dari mulut atau hidung.

Untuk episode pembuka, sebaiknya buatlah konten perkenalan terlebih dulu, seperti tentang dirimu maupun topik yang akan dibahas dalam podcast secara singkat dan informatif.

Rekam Suaramu

Saat merekam menggunakan smartphone, sebaiknya matikan notifkasi dan kamu dapat mulai merekam suara. Pastikan pula hasil rekaman jelas saat melakukannya.

Sebagai catatan, ada baiknya kamu juga melakukan improvisasi dari naskah yang sudah disiapkan agar podcast terdengar lebih alami. Durasi podcast pun bisa disesuaikan, biasanya antara 20 hingga 60 menit.

3 dari 3 halaman

Tips Selanjutnya

Sunting dan Unggah

Kamu dapat menggunakan aplikasi penyunting suara, seperti Audacity sebagai langkah selanjutnya setelah melakukan perekaman. Tambahkan keterangan dan deskripsi untuk masing-masing episode podcast.

Buat juga rangkuman singkat untuk menjelaskan topik di episode tersebut. Untuk mulai mengunggah audio file, kamu bisa menggunakan layanan third-party seperti Anchor.fm untuk mengunggah tayangan podcast ke berbagai platform media digital, seperti Spotify atau Soundcloud.

Pilih Smartphone Andal

Meski menggunakan smartphone, kamu setidaknya tetap memperhatikan spesifikasi perangkat tersebut. Salah satunya adalah perangkat yang memiliki RAM dan ROM lega, seperti Oppo Reno6.

Sebagai tambahan, agar rekaman lebih apik kamu dapat menggunakan Oppo Enco Air. TWS ini sudah dibekali dengan fitur noise cancellation, sehingga membantu menghadirkan pengalaman suara lebih jernih.

(Dam/Isk)