Sukses

Cara Cek Hoaks di Chatbot WhatsApp Liputan6.com Cek Fakta

Liputan6.com, Jakarta - KapanLagi Youniverse (KLY) dan Liputan6.com secara resmi merilis Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta. Ini adalah satu cara mudah untuk menangkal hoaks melalui aplikasi pesan instan di smartphone.

Dengan mengakses Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta, pengguna bisa mengecek informasi dan mendapatkan tips untuk membentengi diri dari hoaks.

Untuk menggunakannya, kamu cukup menambahkan nomor 0811-9787-670 di kontak smartphone atau dengan klik tautan https://wa.me/628119787670?text=halo.

Langkah itu akan langsung mengarahkan kamu ke kolom chat WhatsApp dengan nama Liputan6. Setelah mengirim pesan ‘Halo’ kamu akan melihat pesan perkenalan dari Chatbot.

Kemudian, ada tiga pilihan yang ditawarkan, yakni Cek Fakta, Tips & Trik Melawan Hoaks, dan Tentang Kami.

2 dari 3 halaman

Cek Fakta

Pada pilihan cek fakta, kamu bisa memasukkan kata kunci terkait informasi yang ingin diperiksa.

Pada kesempatan ini, Tekno Liputan6.com mencoba mencari kata kunci ‘Covid-19’. Setelah menunggu beberapa saat, muncul berita yang bersumber dari kanal Cek Fakta Liputan6.com.

Chatbot kemudian akan menanyakan konfirmasi pengguna untuk mencari berita terkait kata kunci lainnya atau kembali ke menu utama.

Pada kesempatan selanjutnya, dicari kata kunci ‘Hoaks’ dan muncul persis seperti yang sebelumnya. Ada deretan artikel yang muncul dan berkaitan dengan kata kunci tersebut.

Sementara untuk pilihan tips dan trik melawan hoaks, kamu akan disajikan artikel singkat langkah-langkah yang harus dilakukan agar terhindar dari informasi palsu.

Setelah selesai menggunakannya, kamu akan menerima pesan penutup dari bot Liputan6 Cek Fakta, pesan ini membuat penggunaan chatbot terkesan lebih komunikatif.

3 dari 3 halaman

KLY dan Liputan6.com Rilis Chatbot WhatsApp

Ada alasan mengapa WhatsApp dipilih sebagai medium penyebaran informasi cek fakta. Menurut Pemimpin Redaksi Liputan6.com, Irna Gustiawati, aplikasi percakapan tersebut sangat populer di Indonesia.

Layanan chatbot diharapkan akan menghubungkan jutaan pengguna WhatsApp dengan informasi anti-hoaks yang diproduksi tim Cek Fakta Liputan6.com.

"Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta ini akan memudahkan publik melawan hoaks dengan cara yang sangat simpel, melalui aplikasi percakapan yang digunakan sehari-hari," kata Irna.

"Pengguna cukup mengetik kemudian mengirimkan kata kunci, dan seketika akan mendapat jawaban dari informasi yang telah ada di database Liputan6.com," Irna menjelaskan.

Irna berharap, kemudahan untuk memverifikasi informasi melalui Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta akan mengundang partisipasi aktif masyarakat untuk melawan hoaks atau kabar dusta.

(Rif/Isk)