Sukses

Review Realme 8 5G: Smartphone 5G Terjangkau dengan RAM 8GB

Penasaran dengan pengalaman yang ditawarkan Realme 8 5G, berikut ini ulasan dari Tekno Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Realme 8 5G dipastikan akan menjadi smartphone terbaru Realme di Indonesia. Perangkat ini disebut akan menjadi smartphone 5G dengan harga terjangkau yang ditawarkan Realme di Tanah Air.

Rencananya, Realme akan menggelar acara peluncuran smartphone ini pada 16 Juni 2021. Meski belum resmi diperkenalkan, Tekno Liputan6.com mendapatkan kesempatan mengulas perangkat ini lebih dulu.

Unit yang kami terima merupakan varian warna hitam. Untuk spesifikasinya sendiri, Realme 8 5G dibekali chipset Dimensity 700 dengan RAM 8GB dan memori internal 128GB.

Dalam paket penjualan smartphone ini, Realme menyertakan silicon case, 18W quick charge, kabel USB Type-C, buku panduan, kartu garansi, dan SIM ejector.

Nah, lantas seperti apa pengalaman yang ditawarkan Realme 8 5G? Berikut ini adalah ulasan dari kami.

Desain

Realme 8 5G memiliki layar IPS berukuran 6,5 inci dengan desain punch-hole untuk kamera depan beresolusi 16MP. Secara keseluruhan, desain Realme 8 5G terbilang apik dan tidak memberikan kesan murah.

Hanya yang menjadi catatan, jejak sidik jari cukup mudah membekas di bodi belakang. Karenanya, penggunaan casing menjadi solusi untuk membuat bodi tidak terlihat cepat kotor.

Di bagian kanan bodi ada tombol power yang juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari. Sementara di bagian kiri, ada tombol volume dan slot kartu SIM.

Tampilan Realme 8 5G yang akan meluncur di Indonesia. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Realme masih mempertahankan kehadiran 3,5mm headphone jack yang diletakkan di bagian bawah bersama port USB Type-C dan speaker.

Kamera belakang disusun seperti mata dengan frame kotak dan sejajar di bagian bawahnya ada logo Realme.

Tampilan Realme 8 5G yang akan meluncur di Indonesia. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Realme 8 5G diklaim sebagai smartphone yang tipis dan ringan, karena memiliki ketebalan hanya 8,5mm dan bobot 185 gram.

Kami merasa klaim itu tidak berlebihan, sebab bobot smartphone ini memang terbilang ringan dan cukup nyaman digenggam dengan satu tangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Performa

Untuk performa selama pemakaian beberapa hari, kami tidak merasakan adanya kendala.

Realme 8 5G terbilang lancar untuk menjalankan kebutuhan sehari-hari, seperti menonton video, mendengarkan lagu, atau berkomunikasi lewat aplikasi chatting.

Transisi antar aplikasi juga lancar dan tidak ada lag. Sebagai informasi, Realme 8 5G menjalankan Realme UI 2.0 berbasis Android 11.

Selama penggunaan, kami merasa Realme UI 2.0 juga terbilang mudah dioperasikan. Tampilannya yang sederhana dan memberikan pengalaman khas Android Stock memudahkan proses adaptasi. 

Realme UI 2.0 yang ada di Realme 8 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Layar Realme 8 5G mendukung refresh rate 90Hz, sehingga pengalaman saat mengakses aplikasi terasa lebih mulus.

Realme juga menyediakan fitur auto select yang memungkinkan pengaturan refresh rate berganti otomatis tergantung aplikasi yang dibuka, sekaligus dapat menghemat penggunaan baterai.

Realme 8 5G memiliki baterai 5.000mAh yang didukung quick charge 18W. Dengan kapasitas baterai itu, smartphone ini mampu bertahan seharian dalam pemakaian normal.

Kendati menjanjikan daya tahan yang baik, kami menyorot kemampuan pengisian dayanya yang terbilang tidak terlalu cepat, mengingat kapasitas baterai yang besar.

Terlebih, jika dibandingkan dengan kemampuan yang ada di lini Realme 8 atau Realme 8 Pro.

Kami juga menjajal Realme 8 5G untuk memainkan Call of Duty: Mobile dan League of Legends: Wild Rift. Hasilnya, kedua game dapat dimainkan dengan lancar, tapi dengan setelan grafis medium.

Sebagai tambahan, kami juga melakukan pengujian performa dengan aplikasi GeekBench. Setelah diuji, Realme 8 5G mendapatkan skor 1782 untuk multi-core dan 573 untuk single-core.

3 dari 4 halaman

Kamera

Realme 8 5G hadir dengan tiga kamera belakang, yang masing-masing beresolusi 48MP untuk lensa utama, 2MP untuk lensa makro, dan 2MP depth sensor.

Hasil pengambilan gambar dengan lensa utama terbilang apik untuk kategori smartphone terjangkau, meski memang tidak begitu menakjubkan.

Saat kondisi cukup cahaya, warna yang ditampilkan terbilang akurat dan minim noise. Kehadiran fitur AI harus diakui ikut meningkatkan saturasi warna dari hasil gambar.

Sementara untuk kondisi malam hari, hasil foto Realme 8 5G juga cukup apik, ditambah fitur Night yang mendukung hasil foto. Berikut ini adalah hasil tangkapan kamera dari Realme 8 5G. 

Hasil Tangkapan 48MP

Hasil foto dari Realme 8 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hasil Foto Lensa Utama

Hasil foto dari Realme 8 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil foto kamera Realme 8 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil foto kamera Realme 8 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hasil foto kamera Realme 8 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hasil dengan Lensa Makro

Hasil foto kamera Realme 8 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hasil Foto Malam Hari dengan Fitur Night Mode

Hasil foto kamera Realme 8 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hingga ulasan ini ditayangkan, kami memang belum mengetahui harga resmi dari Realme 8 5G. Namun jika melihat harganya di pasar Asia lain, smartphone ini dibanderol sekitar Rp 2,7 juta hingga 3 jutaan.

Apabila harga tersebut juga dipatok di Indonesia, Realme 8 5G dapat dikatakan sebagai salah satu pilihan menarik untuk sebuah smartphone 5G.

Meski 5G memang belum merata, smartphone ini menawarkan kemampuan jangka panjang, sebab begitu 5G lebih banyak menjangkau wilayah Indonesia, pengguna dapat langsung menikmatinya.

Tidak hanya 5G, kemampuan Realme 8 5G juga mendukung aktivitas sehari-hari yang terbilang baik. Mulai dari layar 90Hz, daya tahan baterai mumpuni, hingga kemampuan kamera yang cukup baik di kelasnya.

Sebagai tambahan, ada pula 3,5mm headphone jack yang mungkin masih menjadi kebutuhan bagi sebagian orang. Kendati demikian, ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan dari Realme 8 5G.

Salah satunya adalah kemampuan pengisian daya yang tidak terlalu cepat, kapasitas ini terbilang besar.

Namun jika hal itu tidak terlalu masalah, Realme 8 5G bisa menjadi pertimbangan bagi kamu yang ingin merasakan pengalaman 5G dengan harga terjangkau.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini