Sukses

Tips Atasi Smartphone Cepat Panas Saat Streaming atau Main Game

Apa yang perlu dilakukan untuk meminimalisir panasnya smartphone saat digunakan untuk bermain game atau streaming video?

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pengguna smartphone adalah suhu ponsel yang cepat atau sering panas. Salah satu alasan hal ini dapat terjadi, antara lain membuka aplikasi dalam waktu yang lama.

Ambil contoh saat bermain game PUBG Mobile, League of Legends: Wild Rift, hingga Genshin Impact yang notabene tidak bisa diselesaikan hanya dalam waktu singkat.

Selain bermain game, kegiatan streaming film dalam waktu yang lama juga membuat smartphone cepat panas. Misal, kamu ingin menyelesaikan serial drama di Netflix atau memantau berbagai video di YouTube.

Lantas, apa yang perlu dilakukan untuk meminimalisir panasnya ponsel saat digunakan? Dirangkum dari berbagai sumber, simak caranya berikut ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tutup Aplikasi Lain

Pertama, kamu perlu menutup aplikasi lainnya yang berjalan di belakang (background). Karena, aplikasi itu akan memakan cukup ruang di sistem untuk menjalankannya.

Usahakan juga membersihkan cache dari aplikasi yang ingin kamu buka dalam waktu lama.

Selanjutnya, kamu juga bisa menurunkan tingkat kecerahan atau brightness ponsel. Karena hal ini dapat memengaruhi ponsel untuk bekerja lebih keras disamping menyokong aplikasi streaming atau game yang sedang dibuka.

 

3 dari 4 halaman

Lepas Softcase atau Hardcase

Jika pakai hardcase atau softcase, melepas sementara casing tersebut bisa menjadi solusi. Dengan melakukan itu, suhu panas tidak akan berkumpul di sekitar ponsel dan akan dengan cepat menyebar.

Kamu juga perlu menghindari menggunakan perangkat selama mengisi daya. Itu akan menyebabkan sistem bekerja terlalu keras. Sebagai informasi, membuka aplikasi dan mengisi daya sama-sama membuat ponsel menjadi panas.

 

4 dari 4 halaman

Waspadai Overheat

Pemakaian yang berlebihan bisa membuat smartphone kamu overheat. Parahnya, ponsel bisa meledak jika suhu panas meningkat dan tak lagi bisa ditoleransi.

Kamu perlu memerhatikan, charger yang digunakan adalah orisinal. Charger orisinal tentunya telah memiliki aturannya tersendiri sesuai dengan perangkat yang dimiliki, jadi kesempatan untuk terjadi kesalahan akan semakin sedikit.

Perhatikan lingkungan kamu menggunakan smartphone. Hindari ruang terbuka yang secara langsung terkena paparan sinar matahari. Karena ponsel bisa menyerap suhu panas dari sinar matahari tersebut.

Terakhir, kamu juga perlu mengistirahatkan perangkat sementara. Selain memberi jeda kepada sistem di smartphone, itu juga akan memberi istirahat bagi mata yang terlalu lama menatap layar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini