Sukses

3 Aplikasi Al-Quran Digital untuk Tadarus di Bulan Ramadhan

Lebih praktis dan fleksibel untuk tadarus selama Ramadhan dengan tiga Al-Quran Digital berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah aktivitas digital yang terus dijalani selama pandemi, tentunya mengumpulkan pahala selama Ramadhan ini pun tidak boleh sampai terlewat.

Salah satu sumber pahala tersebut adalah dengan tadarus membaca Al-Quran. Agar lebih praktis dan fleksibel, berikut rekomendasi aplikasi untuk tadarus Al-Quran yang bisa kamu unduh gratis.

Al-Quran Indonesia

Aplikasi ini cukup ringan dengan 22Mb kebutuhan memori saat mengunduh. Kendati ringan, ada berbagai fitur terpisah yang kamu bisa dapatkan ketika menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi ini tampil dengan sederhana, tidak terlalu banyak perpaduan warna. Warna hijau tua dipadu dengan putih yang menjadi warna latar cukup nyaman ketika dipandang.

Ukuran font tulisan arab dari ayat Al-Quran pun cukup jelas. Selain itu, aplikasi ini juga bisa dijalankan dalam dark mode.

Fitur lainnya, aplikasi ini menyediakan terjemahan per ayat dan per kata. Sehingga, dalam memahami artinya pengguna bisa lebih mendalami.

Selain itu, ada fitur audio dengan berbagai pilihan qori, yang bisa kamu unduh secara terpisah.

Lebih dari 10 juta pengguna telah mengunduhnya di Google Play Store.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Al Quran (Tafsir&by Word)

Seuai dengan judulnya, aplikasi dengan besaran 16Mb ini memuat terjemahan Al-Quran per kata.

Ada dua mode terpisah yang bisa kamu gunakan, yakni mode mushaf yang menyediakan ayat tanpa terjemahan. Dan kemudian bersama dengan terjemahan yang dipenggal perkata.

Sehingga, bagi pengguna yang sedang belajar, terjemahan semacam ini bisa lebih mudah dipahami.

Fitur lainnya, aplikasi ini menawarkan ‘Quran Planer’ yang memungkinkan penggunanya menjadwalkan tadarus agar mencapai target yang sudah ditentukan.

Selain itu, dalam penulisannya, aplikasi ini juga menyediakan fitur tajwid yang ditandai dengan berbagai warna berbeda sesuai dengan tajwidnya.

Ada juga fitur audio yang bisa diunduh oleh pengguna secara terpisah. Aplikasi ini sendiri telah diunduh lebih dari 1 juta pengguna di Google Playstore.

 

3 dari 3 halaman

Al Quran Tajwid – Dream Quran

Selanjutnya, Dream Quran yang dilengkapi dengan fitur tajwid agak memudahkan tadarus sesuai dengan hukumnya.

Aplikasi sebesar 13Mb ini tampil sederhana dengan paduan warna biru muda dan putih.

Tajwid yang jadi perhatian khusus di aplikasi ini ditandai dengan berbagai warna sesuai dengan jenisnya.

Ada dua pilihan mode dalam menjalankan aplikasi ini, pertama mode mushaf yang secara menyeluruh menyediakan ayat al-qur’an. Kemudian, mode terjemahan yang hanya menampilkan artinya.

Untuk mendukung tadarus yang kamu lakukan di bulan ramadhan, Dream Quran juga menyediakan grafik targte tilawah harian yang memudahkan penggunanya untuk melihat peningkatan yang terjadi.

Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 100 ribu pengguna di Google Pay Store.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini