Sukses

500 Ribu Smartphone Android Huawei Terinfeksi Malware Joker

Ada lebih dari 500.000 pengguna smartphone Huawei telah terinfeksi malware Joker usai mengunduh aplikasi Android via AppGallery.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, peneliti keamanan siber mengungkap ada lebih dari 500.000 pengguna smartphone Huawei telah terinfeksi malware Joker usai mengunduh aplikasi Android via AppGallery.

Walau terlihat seperti aplikasi biasanya, tim peneliti keamanan di Dr.Web mendapati ke-10 aplikasi tersebut berisikan kode berbahaya.

Mengutip laporan Dr. Web via Bleeping Computer, Kamis (14/4/2021), aplikasi berbahaya ini memiliki fungsi mendaftarkan korban ke layanan premium berlangganan tanpa sepengetahuan pengguna.

Agar aktivitasnya tidak terdeteksi korban, aplikasi yang terinfeksi malware Joker ini juga akan meminta izin akses notifikasi.

Dengan begini, malware Joker itu dapat mencegat SMS konfirmasi langganan. Tim keamanan juga mengungkap, korban akan didaftarkan ke 5 layanan mobile premium sekaligus.

Daftar aplikasi yang terinfeksi malware Joker dan mejeng di toko aplikasi pesaing Google Play Store itu, termasuk virtual keyboard, aplikasi kamera, launcher, aplikasi pesan singkat, koleksi stiker, aplikasi mewarnai, dan gim.

Informasi, kebanyakan aplikasi tersebut dibuat oleh satu pengembang, yaitu Shanxi Kuailaipai Network Technology Co., Ltd, dan dua lainnya dari perusahaan yang berbeda.

Hingga saat ini, 10 aplikasi yang terinfeksi malware Joker tersebut sudah diunduh lebih dari 538.000 pengguna Huawei.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sudah Kabarkan Huawei

Huawei (Foto: Huawei)

Lebih lanjut, Dr. Web sudah memberi tahu Huawei tentang aplikasi malware Joker ini dan lanngsung menghapusnya dari AppGallery.

Meski sudah tidak bisa diunduh, tim keamanan menyarankan pengguna smartphone Huawei yang sudah terlanjut men-download ke-10 aplikasi tersebut dapat menghapusnya secara manual.

 

3 dari 3 halaman

10 Aplikasi Terinfeksi Malware Joker di Huawei AppGallery

Berikut ini adalah daftar ke-10 aplikasi berisikan malware Joker yang muncul di AppGallery milik Huawei.

Super Keyboard

Happy Colour

Fun Color

New 2021 Keyboard

Camera MX - Photo Video Camera

BeautyPlus Camera

Color RollingIcon

Funney Meme Emoji

Happy Tapping

All-in-One Messenger

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.