Sukses

Bukalapak dan Facebook Gelar Pelatihan untuk Para Pelapak Tingkatkan Kompetensi

Liputan6.com, Jakarta - Bukalapak dan Facebook baru saja mengadakan program pelatihan untuk para pelaku UMKM dengan tajuk Facebook Community Manager Certification Programme. Program ini hadir bagi pelapak untuk meningkatkan kompetensi manajemen komunitas berbasis online lewat platform Facebook.

Kehadiran program ini tidak lepas dari kesamaan misi Bukalapak dan Facebook untuk memberikan dampak positif terhadap perkembangan UMKM di Indonesia. Karenanya, program ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pelaku usaha mengembangkan keterampilan mengelola bisnisnya.

Untuk diketahui, Facebook Manager Certification Programme merupakan inisiatif Facebook yang tidak hanya ditujukan untuk pelaku UMKM, tapi juga pemimpin komunitas, baik di organisasi non-pemerintah dan non-profit.

Ada sekitar 200 ranger atau local leaders Komunitas Bukalapak di berbagai kota di seluruh Indonesia yang mengikuti pelatihan ini pada 9 April 2021. Nantinya, para peserta pelatihan ini dapat mengikuti ujian mendapatkan sertifikasi sebagai Facebook Community Manager.

"Semoga setelah mengikuti program pelatihan ini, para pelapak dapat juga menjadi perpanjangan tangan Bukalapak dalam mengatur dinamika di komunitas kotanya masing-masing dengan baik," tutur Merchant Community & Engagement Lead Bukalapak, Ian Agisti Dewi Rani dalam keterangan resmi, Senin (12/4/2021).

Mengenai pelatihan ini, Director of Community Partnerships Facebook, Grace Clapham menuturkan Facebook memang memiliki misi penting untuk membangun komunitas. Karenanya di Indonesia, Facebook mendukung komunitas dan bisnis di Indonesia, baik besar maupun kecil menggunakan teknologi digital.

"Melalui program ini, kami berharap para pelapak di Bukalapak bisa mendapatkan keahlian untuk membangun dan mempertahankan komunitas, memperluas koneksi serta mencapai tujuan komunitas," ujar Grace menuturkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bukalapak Siap Dampingi Alumni Kartu Prakerja untuk Berbisnis Online

Sebelumnya, Bukalapak baru saja meluncurkan Kartu Pekerja Business Hub untuk memfasilitasi para alumni program Kartu Prakerja. Inisiatif ini nantinya akan mendampingi para alumni Kartu Prakerja memulai bisnis digital dengan bergabung di ekosistem Bukalapak.

Kehadiran inisiatif ini diharapkan dapat pula menumbuhkan para wirausaha baru sekaligus meningkatkan kesejahteraan peserta program Kartu Prakerja.

Nantinya, para alumni akan mendapat pendampingan Bukalapak mulai dari tahap profiling, sesi edukasi lewat Bincang Inspirasi, mempertemukan peserta dengan top seller/brands yang membuka jasa reseller, hingga proses onboarding untuk berjualan di platform marketplace dan mitra Bukalapak.

"Kolaborasi yang baik ini dapat memfasilitasi para alumni Kartu Prakerja menjadi reseller, sekaligus juga menjadi wirausaha yang menciptakan produk dengan brand untuk mendukung kampanye Bangga Buatan Indonesia," tutur Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (6/4/2021), CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin menuturkan kehadiran inisiatif ini tidak lepas dari program Kartu Prakerja yang telah mendigitalisasi jutaan orang sekaligus membawa mereka mendapatkan pengalaman transaksi secara digital.

Di samping itu, jumlah peserta yang mengambil kelas digital marketing juga terbilang tinggi. Kondisi itu lantas dianggap menunjukkan adanya animo besar dari masyarakat untuk berjualan online, sehingga Bukalapak menghadirkan inisiatif ini.

3 dari 3 halaman

Dorong Wirausahawan Online di Indonesia

"Akhirnya kami terinspirasi dan terdorong untuk membuat Kartu Prakerja Business Hub ini. Diharapkan dengan hadirnya inisiatif dari kami ini, semakin banyak wirausahawan online baru yang lahir di Indonesia dan semoga menjadi entrepreneur sukses," tutur Rachmat.

VP of Marketplace Bukalapak, Kurnia Sofia Rasyada juga mengatakan alumni Kartu Prakerja yang bergabung dalam inisiatif ini akan mendapat sejumlah keuntungan, seperti fee termurah, fitur berjualan yang lengkap, bergabung dengan komunitas pelapak dan mengikuti program pengembangan berkelanjutan.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.