Sukses

Pengguna Smartphone Paling Banyak Keluarkan Uang di YouTube

Liputan6.com, Jakarta - YouTube kini jadi aplikasi nomor satu dalam hal pengeluaran konsumen. Hal ini memperlihatkan bahwa para pengguna smartphone paling banyak menghabiskan uangnya untuk berlangganan YouTube.

Informasi ini berdasarkan laporan terbaru dari perusahaan riset App Annie pada kuartal pertama 2021.

Mengutip laman Search Engine Journal, Senin (5/4/2021), berdasarkan data yang diungkap App Annie jumlah belanja konsumen di toko aplikasi baik Google Play maupun App Store telah memecahkan rekor. Di mana, belanja terbanyak konsumen ternyata untuk aplikasi YouTube.

Dalam hal pengeluaran konsumen, YouTube berada di posisi pertama, di atas TikTok, Tinder, Disney Plus, Tencent Video, Bigo Live, Google One, Twitch, Piccoma, dan iQiYi.

Masih berdasarkan App Annie, belanja konsumen untuk aplikasi tumbuh dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Pada kuartal pertama 2021, total nilai belanja konsumen untuk aplikasi naik 40 persen dari tahun lalu.

Kenaikan ini dianggap merupakan dampak pandemi yang masih terus berlanjut. Pasalnya para pengguna cenderung menghabiskan waktunya lebih lama di perangkat.

2 dari 3 halaman

Apa yang Dibeli dari YouTube?

App Annie menyebut, pengguna smartphone menghabiskan sekitar USD 9 miliar lebih banyak untuk belanja aplikasi dan gim di kuartal pertama 2021 ketimbang kuartal pertama 2020.

Pertumbuhan belanja di aplikasi (in-app purchase) naik dengan persentase yang sama di iOS maupun Android. Tidak hanya itu, jumlah unduhan pun meningkat signifikan di kedua platform.

Lantas, apa yang konsumen beli ketika menghabiskan uangnya di YouTube?

Perlu diketahui, YouTube memang aplikasi yang bisa diunduh dan diakses secara gratisan. Namun di YouTube, ada sejumlah pembelian yang bisa dilakukan.

1. YouTube Premium

Pengguna bisa berlangganan YouTube Premium yang ditarik secara bulanan. Dengan langganan YouTube Premium, pengguna bebas menyaksikan semua video di YouTube tanpa iklan.

2. Channel Membership

Pernahkah kamu melihat ada kanal (channel) YouTube orang terkenal yang menerapkan biaya berlangganan anggota? Nah, itu adalah Channel Membership.

Channel Membership adalah keanggotaan pada satu kanal video yang biaya berlangganannya dibayarkan tiap bulan. Dengan menjadi anggota pelanggan satu kanal video, pengguna bisa mendapatkan banyak hak istimewa.

3 dari 3 halaman

Pemasukan Langsung untuk Pembuat Konten

3. Super Chat

Super Chat memungkinkan para penonton YouTube untuk membayar guna menyorot pesan chat selama pembuat konten tengah mengadakan live streaming.

4. Super Sticker

Penonton YouTube dapat membayar untuk bisa mengirimkan stiker dalam chat selama momen live streaming si kreator.

Baik Channel Membership, Super Stickers, dan Super Chat biaya berlangganannya akan langsung diarahkan kepada si pemilik kanal YouTube.

Meningkatnya pengeluaran di dalam aplikasi YouTube memperlihatkan bahwa fitur-fitur ini populer di kalangan audiens YouTube. Hal ini juga memperlihatkan, pengguna dengan senang hati mendukung pembuat konten favoritnya, jika mereka bisa mengonsumsi konten secara gratis.

Perlu diketahui, berdasarkan data App Annie pada 2020, para pengguna smartphone menonton YouTube 6x lebih lama dibandingkan dengan aplikasi streaming video lainnya.

Para pengguna YouTube di Amerika Serikat menyaksikan konten di YouTube selama rata-rata 38 jam tiap bulannya. Pada 2020, YouTube juga menjadi aplikasi streaming video nomor 1 di seluruh dunia, kecuali di Tiongkok.

(Tin/Isk)

 

BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa