Sukses

Update Baru, Begini Cara Menjadwalkan Pesan Teks di Google Messages

Liputan6.com, Jakarta - Google telah melakukan update bagi beberapa aplikasi besutannya, diantaranya Maps, Assistant, TalkBack dan Google Messages. Ada fitur menarik yang hadir di Messages, yakni penjadwalan pesan teks.

Sebagian dari kamu mungkin sering terlupa untuk mengurimkan pesan atau mengatakan selamat ulang tahun ke teman. Fitur ini cocok untuk kamu.

Selain itu, bagi mahasiswa, jika takut terlewat waktu menghubungi dosen, maka kamu bisa menjadwalkan pengiriman pesan di waktu yang lebih cepat.

Syarat utamanya, kamu harus memasang Google Messages pada smartphone kamu.

Pasalnya, fitur ini tidak akan bekerja pada aplikasi pesan bawaan yang ada sebelumnya. Cukup unduh Google Messages di Play Store.

 

2 dari 3 halaman

Langkah Pertama

Langkah pertama, buka Google Messages dan buka percakapan setelah memperbarui ke versi terbaru. Kamu akan melihat jendela pop-up kecil muncul di atas tombol ‘Kirim’.

Ini mirip dengan apa yang kamu lihat dengan penjadwalan email di Gmail.

Untuk menjadwalkan teks, mulailah mengetik pesan kamu, lalu tekan lama tombol ‘Kirim’.

Setelah itu, kamu akan melihat opsi tanggal dan waktu yang telah dipilih sebelumnya. Kamu dapat menggunakan salah satu saran tersebut, atau ketuk ‘Pilih tanggal dan waktu’.

 

3 dari 3 halaman

Tanggal dan Waktu

Itu akan membuka pemilih tanggal dan waktu Android yang memungkinkan kamu menyesuaikan kapan pesan akan dikirim hingga hitungan menit.

Setelah kamu selesai mengatur waktu, ketuk ‘Simpan’.

Selain pesan teks, kamu juga bisa menyisipkan gambar atau video pendukung jika memang diperlukan. Selanjutnya, tinggal ketuk tombol ‘kirim’ yang kini miliki ikon jam di atas pesawat kertas.