Sukses

3 Fitur di Smartphone Android yang Bikin Lebih Unggul dari iPhone

Smartphone Android punya banyak fitur yang bisa disesuaikan pengguna. Bagaimana dengan iPhone?

Liputan6.com, Jakarta - Tampaknya sudah menjadi rahasia umum kalau smartphone Android lebih bisa dieksplorasi oleh penggunanya dibandingkan iPhone.

Di samping itu, keduanya tentu memiliki fokus kelebihan dan kekuranganya masing-masing.

Banyak serangkaian fitur yang hanya hadir bagi sistem Android, begitu pula dengan iPhone. Perlu kamu ketahui, sedikitnya ada tiga fitur di sistem Android yang membuatnya menjadi terlihat lebih unggul dari iPhone.

Berikut ulasan lengkapnya, seperti dikutip dari PC Magz, Selasa (23/2/2021).

Instal Aplikasi dari Sumber Lain

Salah satu fitur di Android yang sangat terbuka adalah penggunanya tidak dibatasi untuk menggunakan satu toko aplikasi milik perusahaan. Selain mengunduh aplikasi melalui Google Play Store, dengan serangkaian jaminan keamanan, pengguna bisa mengunduh aplikasi dari sumber lain.

Misalnya, pengguna bisa mengunduh dari toko aplikasi dari penyedia merek smartphone, atau juga Amazon Store. Lebih jauh lagi, pengguna juga bisa mengunduh aplikasi dalam bentuk Android Aplication Package atau Apk.

Perlu diperhatikan, jika pengguna melakukan cara ini, pastikan kamu mendapatkan aplikasi dari sumber yang dapat dipercaya, karena toko aplikasi pihak ketiga adalah sumber malware Android nomor satu.

Lebih baik kalau pengguna melakukan riset terlebih dahulu. Kemudian pastikan juga untuk mematikan pengaturan 'Instal Aplikasi Tidak Dikenal' untuk sumber setelah kamu menginstal aplikasi yang kamu inginkan, untuk berjaga-jaga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Copot Pemasangan Aplikasi

Sebagian besar ponsel Android hadir dengan bantuan aplikasi prainstal yang manarik. Namun tak menutupkemungkinan ada beberapa aplikasi yang tidak kamu butuhkan. Misalnya, jika kamu bukan orang yang suka podcast, kamu tidak memerlukan aplikasi podcast.

Kemudian, vendor smartphone cenderung menyertakan banyak aplikasi mereka sendiri yang mungkin tidak perlu kamu gunakan. Maka kamu dapat uninstall aplikasi-aplikasi tersebut.

Caranya, cukup tekan lama ikon aplikasi lalu pilih entri untuk membuka halaman detailnya tempat kamu dapat mencopot pemasangannya.

Sayangnya, ada beberapa aplikasi stok yang tidak dapat kamu copot pemasangannya. Untuk aplikasi tersebut, kamu setidaknya dapat memilih nonaktifkan, yang akan menyembunyikannya dari halaman antarmuka dan memberikan ruang yang lebih untuk penyimpanan di sistem.

 

3 dari 3 halaman

Fitur Kesehatan Digital

Seperti diketahui, terlalu lama menggunakan smartphone bahkan sampai larut malam adalah sesuatu yang buruk bagi kesehatan. Di samping itu, menjelajah konten di media sosial tanpa mengatur jadwal juga menjadi sesuatu yang dapat mengganggu pekerjaan.

Maka, Android menghadirkan mode Sleep Time di Android 11. Tidak hanya membungkam ponsel kamu pada waktu yang ditentukan, itu juga mengubah layar menjadi hitam-putih, jika kamu harus melihat layar setelah jam kerja.

Fitur Kesehatan lain yang menjadi rekomendasi adalah mode Fokus, yang membungkam notifikasi dari aplikasi. Ini juga akan membatasi akses pada sebagian besar aplikasi sehingga hanya beberapa aplikasi yang diizinkan pengguna yang dapat digunakan.

Sebagai contoh, pada smartphone Samsung, hampir semua ikon aplikasi yang tak dapat digunakan akan berubah warna menjadi abu-abu. Selain itu ada fitur 'Jangan Ganggu' yang juga menghentikan notifikasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini