Sukses

Cek Keaktifan Label Sebelum Rilis Lagu di Spotify

Liputan6.com, Jakarta - Banyak faktor yang perlu diperhatikan sebelum merilis lagu buatanmu ke platform pemutar musik. Salah satunya tentu memastikan label distributor musik yang dipilih masih aktif merilis lagu. Hal ini bisa jadi pertimbangan untuk memilih label distributor tersebut atau berganti ke yang lain.

Banyaknya label yang menawarkan jasa untuk merilis lagu, tentunya perlu menjadi perhatian bagi calon perilis lagu.

Simak 3 cara berikut ini untuk mengecek keaktifan distributor lagu terbaik kamu.

Spotify Search

Spotify jadi wadah yang pasti bakal kamu sasar untuk menerbitkan lagu. Walau masih banyak platform lain yang jadi muara distribusi musik, Spotify perlu dipercaya karena penggunanya yang cukup banyak.

Kamu cukup perlu masuk ke bagian pencarian untuk mencari berdasarkan label. Kemudian ketik 'label:(nama label)' dan klik Enter untuk mencari.

Kamu akan disuguhkan berbagai lagu dan artis yang telah diterbitkan oleh label tertentu. Dari sini, kamu bisa melihat berapa banyak rilis dari label tersebut.

 

2 dari 3 halaman

Listen by Label

Listen by Label adalah website layaknya mesin pencari untuk label-label distributor digital. Kamu bisa memastikan label yang akan dipilih sebagai penerbit lagu masih aktif sampai hari ini.

Kamu cukup masuk ke website lbl.fm di mesin pencari kamu baik mode desktop atau mode mobile. Kemudian, ketikkan nama label pada kolom pencarian yang tersedia di bagian tengah halaman muka.

Setelah mengetikkan nama label, kamu akan disuguhkan berbagai macam lagu hasil rilisan dari label tersebut yang dikelompokkan berbadasarkan tahun. Dimulai dari daftar paling atas adalah tahun terakhir label tersebut menerbitkan lagu.

 

3 dari 3 halaman

Labelsbase

Hampir sama seperti sebelumnya, Labelsbase secara tampilan layaknya mesin pencari khusus label penerbitan lagu. Pada halaman muka, kamu akan disuguhkan daftar berbagai label musik.

Kamu cukup memasukkan nama label pada kolom pencarian yang tersedia. Kemudian hasilnya akan keluar seperti profil dari label tersebut. Kamu juga bisa menggunakan filter tambahan dalam pencarian seperti genre musik, lokasi label, hingga akun terverifikasi.

Status label yang terverifikasi atau tidak tentunya dapat menjadi referensi tambahan kamu dalam memilih label tersebut atau tidak.

Jadi, sekalipun kamu telah memiliki lagu atau album yang bagus, kamu perlu memastikan juga label distributor digital yang dapat dipercaya. Dengan begitu, kamu dapat meminimalisir risiko terjadinya penyalahgunaan karya kamu.