Sukses

Siap-Siap, Poco M3 Bakal Hadir di Indonesia

Melalui akun Twitter resmi diketahui Poco M3 akan meluncur di Indonesia dalam waktu dekat.

Liputan6.com, Jakarta - Poco M3 dipastikan akan menyambangi pasar Indonesia dalam waktu dekat ini. Informasi ini diketahui dari akun Twitter resmi Poco beberapa hari lalu.

Dikutip dari akun Twitter Poco Indonesia, Senin (18/1/2021), Poco M3 akan diperkenalkan pada 21 Januari 2021. Peluncuran dapat disaksikan di akun YouTube Xiaomi Indonesia pukul 19.30 WIB.

"The New Entry Level Killer bakal hadir! Poco M3 akan memberikan sesuatu yang berbeda di kelas entry-level siap untuk menggebrak pasar!," tulis akun @POCO_ID.

Kendati demikian, informasi soal harga Poco M3 ini belum diungkap. Karenanya, menarik untuk menunggu pengumuman resmi yang akan dilakukan pekan ini.

Untuk diketahui, smartphone ini pertama kali diperkenalkan pada November 2020. Meski belum diketahui varian memori yang akan hadir di Indonesia, spesifikasi smartphone ini sebenarnya sudah diketahui.

Poco M3 memiliki baterai berkapasitas 6.000mAh dan didukung fitur fast charging 18W. Smartphone ini memiliki berukuran 6,53 inci dengan refresh rate 60Hz dan sudah dilindungi Gorilla Glass 3.

Sementara untuk kamera belakangnya, ada lensa utama 48Mp, lensa makro 2MP, dan depth sensor 2MP. Perangkat ini dipersenjatai chipset Snapdragon 662 yang didukung RAM 4GB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Poco X3 NFC Jadi Smartphone Menengah Pertama yang Usung Layar 120Hz

Sebelumnya, Xiaomi baru saja mengumumkan kehadiran smartphone terbarunya untuk meramaikan pasar ponsel Indonesia, yaitu Poco X3 NFC.

Menyasar segmen kelas menengah, ponsel baru Poco ini mengusung teknologi layar yang kebanyakan hanya hadir di ponsel premium.

Yup, teknologi tersebut adalah layar berkemampuan refresh rate 120Hz. Menariknya, Xiaomi hanya menyertakan dua pilihan refresh rate untuk seri Poco X3 NFC.

"Banyak konsumen berpendapat refresh rate 60Hz dan 90Hz itu terasa sama, sehingga Poco ingin menawarkan pengalaman terbaik memakai ponsel dengan menaikkan refresh rate langsung ke 120Hz," ucap Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia kepada media di sesi preskon virtual, Kamis (15/10/2020) malam.

Seperti yang kamu ketahui, kebanyakan ponsel kelas menengah di pasaran saat ini hanya mengusung refresh rate 60Hz dan 90Hz.

Ini berarti Poco X3 NFC akan menjadi ponsel mid-range pertama dengan kemampuan 120Hz. Maka wajar bila Xiaomi menyebut smartphone ini sebagai 'The Real Mid-Range Killer'.   

Walau terpasang secara default, pengguna dapat secara manual menurunkan refresh rate di ponsel ke 60Hz dengan masuk terlebih dahulu ke pengaturan/settings.

Namun untuk semakin memudahkan pengguna, Poco X3 NFC hadir dengan teknologi baru yang diberi nama dynamic switch.

Dengan dynamic switch ini ponsel akan secara otomatis memilih refresh rate berdasarkan penggunaan sehari-hari.

"Bila main gim naik ke 120Hz, nonton video paling di 60Hz. Dengan begini konsumsi baterai Poco X3 NFC pun lebih efisien dan tidak menyedot daya banyak," jelas Alvin.

3 dari 3 halaman

Kenapa Ada Embel NFC

Lebih lanjut, seri Poco X3 yang meluncur di Indonesia memiliki embel-embel NFC berbeda dengan seri yang diluncurkan di India sebelumnya.

Hal ini ternyata, menurut Alvin, agar nama Poco X3 NFC lebih mudah diingat.

"Pakai embel-embel NFC itu supaya konsumen bisa ingat lebih mudah," ucap Alvin sembari tertawa.

Terlepas dari itu, alasan kenapa seri NFC yang dihadirkan untuk konsumen Indonesia. Xiaomi merasa fitur ini akan sangat penting di masa mendatang.

"Poco ingin mempromosikan NFC sebagai fitur penting, khususnya di Indonesia. Tak hanya itu, kami ingin mempercepat adopsi NFC di kehidupan sehari-hari yang serba touchless seperti saat ini," ucapnya menambahkan.

Alvin berharap, dengan bekal NFC di Poco X3 NFC, pengguna tidak perlu lagi merasa kesulitan memakai smartphone untuk membayar, sebagai kartu akses dan masih banyak lagi.

"Fun fact, teknologi NFC di Poco X3 baru ini 33 persen lebih cepat ketimbang NFC di smartphone lain," pungkasnya.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.