Sukses

Wow! Samsung Galaxy S21 Ultra Dukung Penggunaan Pena Digital S Pen

Layar Galaxy S21 Ultra yang dibekali teknologi dari Wacom kini mendukung pena digital S Pen, menjadikannya sebagai Galaxy S series pertama yang bisa dipakai untuk mencoret-coret dengan dukungan S Pen.

Liputan6.com, Jakarta - Sesuai rumor yang beredar, Galaxy S21 Ultra mendukung penggunaan pena digital S Pen.

S Pen diketahui merupakan fitur ekslusif yang sebelumnya hanya ada di Galaxy Note series. Namun pada 2021 ini, Galaxy S21 Ultra kebagian fitur S Pen.

Pihak Samsung dalam acara Galaxy Unpacked mengungkap, layar Galaxy S21 Ultra menggunakan teknologi milik Wacom. Dengan begitu, layar Galaxy S21 Ultra bisa pakai untuk coret-coret layaknya pada tablet desain Wacom.

Tidak seperti pada Galaxy Note yang memiliki slot sendiri untuk S Pen, S Pen di galaxy S21 Ultra merupakan aksesori tambahan yang bisa dibeli secara terpisah.

Samsung juga menyediakan case Galaxy S21 Ultra yang mampu memuat S Pen, juga bisa dibeli terpisah.

Nah, ada dua S Pen yang bisa dipakai untuk corat coret di layar Galaxy S21 Ultra, yakni S Pen dan S Pen Pro.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

S Pen dan S Pen Pro

S Pen berbentuk lebih kecil dan merupakan versi standar. Dengan S Pen ini, pengguna bisa mencoret-coret di layar Galaxy S21 Ultra mereka.

Baik itu untuk mencatat note, membantu mengedit foto, menggambar, hingga menandatangani dokumen. Bisa dibilang, S Pen hanya memiliki fungsi dasar sebuah pena digital.

Sementara S Pen Pro hadir dalam ukuran lebih besar dan kemampuan yang diusungnya pun lebih pintar karena didukung teknologi Bluetooth Low Energy.

3 dari 3 halaman

S Pen Pro Punya Kemampuan Air Gesture

Teknologi Bluetooth ini memungkinkan S Pen Pro memiliki dukungan air gesture. Mulai dari memindah slide presentasi, memutar atau menghentikan musik dan video, dan berbagai kemampuan lagi seperti S Pen di Galaxy Note series.

Diungkapkan Samsung, S Pen versi standar untuk Galaxy S21 Ultra akan tersedia bersamaan dengan tanggal perilisan, yakni tanggal 29 Januari. Harga yang ditawarkan adalah USD 39,99 atau setara Rp 561 ribuan.

Sementara, S Pen Pro baru akan tersedia belakangan, yakni akhir tahun 2021. Samsung belum mengumumkan berapa harga untuk S Pen Pro.

(Tin/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini