Sukses

Cara Membuat Instagram Music di Story

Liputan6.com, Jakarta - Instagram Music merupakan salah satu fitur yang dirilis hanya di beberapa negara dan Indonesia tidak termasuk ke dalam daftar negara tersebut.

Sejak pertama kali diluncurkan pada 28 Juni 2018 hingga saat ini Instagram Music hanya tersedia untuk pengguna di AS, Inggris, Australia, Selandia Baru, Swedia, Prancis, Kanada, dan Jerman.

Namun, keterbatasan cakupan fitur Instagram Music tidak berarti bahwa pengguna di luar negara-negara itu tidak dapat menikmati fitur tersebut.

Dengan melakukan sejumlah trik, siapa saja termasuk pengguna di Indonesia bisa membuat Instagram Music. Apa saja triknya, simak penjelasan cara membuat Instagram Music berikut ini.

Pertama, hapus aplikasi Instagram yang telah terpasang di ponsel kamu. Namun sebelum menghapus, pastikan kamu tahu kata kunci akun Instagram itu, ya!

Selanjutnya, pasang aplikasi VPN. Saat ini tersedia aplikasi VPN baik berbayar maupun tidak berbayar.

Tentu, akan jauh lebih baik untuk memakai VPN berbayar karena ia menawarkan lebih banyak lokasi virtual secara global dan tidak membatasi pemakaian bandwidth. Sementara aplikasi VPN gratis umumnya menawarkan lokasi virtual dan volume bandwidth secara terbatas.

2 dari 4 halaman

Setel VPN

Setelah aplikasi VPN terpasang, pilih lokasi negara di mana layanan Instagram Music resmi diluncurkan. Dalam contoh kali ini, saya memilih Berlin, Jerman di VPN dari aplikasi AVG.

Sebagai catatan, AVG pada dasarnya merupakan aplikasi keamanan, tetapi versi berbayar dari aplikasi ini menawarkan banyak lokasi virtual.

Tentu, kamu boleh memilih negara selain Jerman, entah itu AS, Inggris, Australia, Selandia Baru, Swedia, Prancis ataupun Kanada. Yang penting, kamu wajib memilih salah satu dari negara-negara tersebut.

3 dari 4 halaman

Masuk ke Instagram

Sekarang, masuk ke aplikasi Instagram dengan kondisi VPN telah aktif. Ini penting supaya Instagram membaca seolah-olah kamu memang berada di lokasi VPN tersebut.

Buat Story dari menu Create. Pilih ikon Sticker, lalu cari ikon Instagram Music. Di kolom Search, cari judul lagu atau musisi yang akan diputar di Story.

Di artikel ini saya mencoba memutar lagu ONE OK ROCK yang berjudul The Beginning. 

4 dari 4 halaman

Setelan lanjutan

Perlu kamu tahu, durasi maksimal memutar lagu di Instagram Music adalah 15 detik. Karena itu, kamu harus menentukan, di menit/detik ke berapa atau lagu itu akan diputar. Setelah memilih bagian yang tepat, tentukan durasinya.

Kemudian, pilih visualisasi lirik yang hendak ditampilkan. Di situ ada beberapa opsi dan kamu bisa pilih yang sesuai dengan selera kamu.

Berikutnya kamu bisa mengganti warna latar belakang. Sekarang, Story kamu yang memuat Instagram Music sudah siap diunggah!

Sebagai catatan, karena keterbatasan cakupan layanan, mutuals atau follower kamu mungkin tidak akan dapat mendengarkan Instagram Music yang diputar di Story kamu, tetapi mereka masih dapat melihat visualisasi liriknya.

Bagaimana, mudah bukan? Selamat mencoba!