Sukses

Yahoo Mail Hapus Fitur Forward Otomatis untuk Pengguna Layanan Versi Gratis

Pengguna Yahoo Mail versi gratis yang masih ingin memakai fitur forward otomatis ini perlu melakukan upgrade ke Yahoo Mail Pro.

Liputan6.com, Jakarta - Verizon menghapus fitur untuk meneruskan email masuk (forward) secara otomatis dari kotak masuk di Yahoo Mail ke alamat email lain untuk pengguna layanan versi gratis.

Mengutip ZDnet, Senin (9/11/2020), fitur itu rencananya akan dihapus pada 1 Januari 2021.

Verizon selaku perusahaan pemilik Yahoo Mail mengumumkan perubahan tersebut pada awal bulan ini, lalu memberi tahu pengguna melalui email.

Forward otomatis tidak jarang disalahgunakan. Peretas yang membobol suatu akun email sering kali menambahkan alamat email mereka sendiri pada setelan forward email otomatis untuk menerima salinan karbon (carbon copy, cc) dari semua pesan yang diterima korban.

Namun, fitur tersebut juga sering digunakan oleh pengguna sebenarnya untuk memusatkan lalu lintas email ke satu akun tunggal.

Pengguna Yahoo Mail versi gratis yang masih ingin memakai fitur forward otomatis ini perlu melakukan upgrade ke Yahoo Mail Pro. Tarif berlangganannya USD 3,49 sebulan atau USD 34,99 per tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Yahoo Groups Tutup, Bagaimana Nasib Layanan Email?

Sebelumnya Verizon memutuskan untuk menutup forum online Yahoo Groups pada 15 Desember 2020. Dengan demikian, laman groups.yahoo.com tak akan bisa diakses secara permanen.

"Kami akan menutup website Yahoo Groups pada 15 Desember 2020 dan anggota tidak lagi dapat mengirim atau menerima e-mail (mailing list) dari Yahoo Groups," kata perusahaan dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dikutip dari The Register, Rabu (14/10/2020).

Bergulirnya berita ini membuat sejumlah warganet khawatir dengan nasib akun e-mail mereka.

"Waduh, email media sosial saya harus ganti dong," tulis seorang warganet di Instagram.

"Email Yahoo termasuk kah?" tanya salah satu pengguna layanan email gratis Yahoo Mail.

Untuk diketahui, Yahoo Groups adalah layanan forum online mirip Reddit, Google Group, dan Group Facebook. Jadi, layanan ini berbeda dengan layanan email yang biasa kamu gunakan selama ini.

"Satu-satunya yang dinonaktifkan adalah Yahoo Groups (groups.yahoo.com) dan email yang dikirim dari Yahoo Groups. Layanan email Yahoo Mail akan terus berfungsi secara normal," tulis Yahoo di laman Yahoo Groups, menegaskan kepada pengguna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.