Sukses

4 Juara Baru Lahir dari Kompetisi IES Smartfren Indonesia Championship 2020

IES Smartfren Indonesia Championship 2020 telah menyelesaikan babak Grand Final dan melahirkan empat juara baru di ranah esports Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - IES Smartfren Indonesia Championship 2020 telah menyelesaikan babak Grand Final. Karenanya, kompetisi ini sudah melahirkan sejumlah juara baru di ranah esports Tanah Air.

Ada empat tim terbaik yang berhasil menjadi juara di berbagai cabang yang dipertandingkan. Uniknya, para pemenang berasal dari beragam wilayah di Indonesia, yakni Jakarta, Yogyakarta, Kalimantan, dan Sumatera Utara.

"Selamat untuk 4 tim yang meraih Juara 1 dan berhasil memenangkan kompetisi esports terbesar di Indonesia. Semoga kompetisi ini turut mendorong berbagai peluang baru di dunia esports dari Sabang sampai Merauke," tutur Deputy CEO Smartfren, Djoko Tata Ibrahim dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (29/10/2020).

Untuk mengetahui deretan pemenang dari IES Smartfren Indonesia Champioship 2020 ini, berikut ini daftar lengkapnya:

  1. Jakarta Tigers - Juara 1 DotA
  2. Jogjakarta Bregada - Juara 1 Mobile Legends
  3. Kalbar Equator - Juara 1 PUBG Mobile
  4. SS.Myst - Juara 1 Autochess

"Kompetisi ini telah membuka peluang untuk para atlet esports, terlihat dari komposisi kemenangan di Grand Final ini. Bukan hanya tim dari Jakarta yang menang, tapi juga dari Yogyakarta, Kalimantan dan Sumatera Utara," tutur President of Indonesia Esports Association, Eddy Lim.

Perlu diketahui, sejak pertama kali dibuka pada 12 Mei 2020, IES Smartfren Indonesia Championship 2020 telah diikuti oleh kurang lebih 15 ribu peserta untuk empat cabang yang dipertandingkan, yakni DotA 2, Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Autochess.

Adapun seluruh pertandingan, mulai dari kualifikasi hingga Grand Final, diselenggarakan secara online dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Kompetisi ini juga ditayangkan secara langsung di kanal YouTube Smartfren maupun kanal YouTube dan Facebook dari Ligagame. Penayangan kompetisi ini dilakukan setiap Kamis hingga Minggu.

Selain menggelar kompetisi ini, Smartfren juga mendukung pengembangan tim esports Tanah Air lewat layanan yang ditawarkannya. Salah satunya adalah fitur Direct Billing yang memudahkan gamer membeli fitur tambahan dalam gim dengan memakai pulsa Smartfren.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gaet Pemain Lokal Baru

Kompetisi IES Smartfren Indonesia Championship 2020 memang membuka peluang besar bagi banyak orang yang sedang mulai merintis karir di bidang esports, terutama mereka yang berada di luar DKI Jakarta. 

Hal itu terbukti dari kualitas para pemain yang berasal dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Jawa yang berhasil maju ke Grand Final.

Hal ini sesuai dengan tujuan Smartfren mengadakan IES 2020, yakni menemukan bibit-bibit baru dari daerah diluar Jakarta untuk membuktikan kemampuan para pemain sebagai atlet esports untuk game Dota 2, Mobile Legends, PUBG Mobile dan Autochess.

3 dari 3 halaman

Smartfren Gunakan AI untuk Tingkatkan Layanan Pelanggan

Di samping itu, Smartfren juga bekerja sama dengan Whale Cloud Technology untuk menggunakan AI (artificial intelligence) guna meningkatkan layanan pelanggan.

Whale Cloud adalah perusahaan yang menyediakan solusi software telekomunikasi dan industri, guna meningkatkan teknologi ZSmart Multi-Channel Campaign Management (MCCM).

Teknologi ini merupakan solusi end-to-end yang memprediksi kebutuhan pelanggan. Dengan demikian, Smartfren bisa mengelola beragam program serta layanan pelanggan dengan cepat dan efektif.

Pasalnya kini Smartfren menjadi operator dengan pasar yang tengah berkembang. Jangkauan pasar yang luas jadi kunci, oleh karenanya penting untuk terus merangkul pelanggan lewat pemasaran multi-channel.

Smartfren sendiri sebelumnya telah bekerja sama dengan Whale Cloud untuk menghadirkan solusi serupa. Kini, anak perusahaan Grup Sinarmas ini kembali memperpanjang kerja sama.

"Dengan menggunakan solusi ini, kami berharap dapat melibatkan lebih banyak pelanggan dan memberi program pemasaran yang lebih efektif, relevan, dan cerdas memanfaatkan teknologi AI atau machine learning," tutur CTIO Smartfren Jagbir dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Kamis (24/9/2020).

Dengan solusi ini, Smartfren mengklaim bisa meningkatkan kecepatan respon terhadap kebutuhan pelanggan di berbagai saluran.

Misalnya aplikasi MySmartfren, WhatsApp, email, SMS, USSI, call center, dan media sosial. Sistem ini juga meningkatkan relevansi atas pengalaman pelanggan.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini