Sukses

Vending Machine Masker Buatan Anak Negeri Hadir di Stasiun MRT

Liputan6.com, Jakarta - Startup lokal Needs Indonesia menyediakan vending machine masker dan kebutuhan kesehatan di stasiun MRT Istora Mandiri, Jakarta.

Baru-baru ini perusahaan melakukan pilot testing pada 10-18 Oktober 2020, dengan menyediakan masker gratis kepada masyarakat yang menggunakan layanan MRT.

Vending Machine masker tersebut rencananya akan tetap melakukan pilot testing dengan target deployment 10 mesin hingga Desember 2020, dengan target peluncuran Januari 2021.

Octa Myanda, Co-Founder & CEO Needs, mengatakan di tengah pandemi Covid-19 ini masyarakat membutuhkan barang-barang medis yang higienis, seperti masker dan hand sanitizer.

"Kami memulai perjalanan startup ini sejak akhir Juli 2020, di mana produk pertama yang kami keluarkan adalah medical and hygiene mini vending machine, mengingat tujuan utama kami adalah untuk #penuhikebutuhan end-user melalui teknologi vending machine," ujar Octa melalui keterangannya, Senin (19/10/2020).

Octa mengungkapkan, dalam proses instalasi vending machine masker dibantu oleh Ario Bimo, Kepala Stasiun MRT Istora Senayan.

Needs merupakan tahap awal startup di bidang IoT (Internet of Things) yang menyediakan layanan pembelian barang melalui mini vending machine.

 

2 dari 4 halaman

Murni Buatan Anak Negeri

Produk mini vending machine dari Needs tersedia dengan tiga tipe ukuran, yaitu 40 x 40, 60 x 60, dan 100 x 60 cm.

Proses pembuatan vending machine ini, baik dari hardware dan software dilakukan secara mandiri, bukan melalui pembelian dari luar negeri (import).

Oleh karenanya, mesin ini sangat fleksibel dalam menentukan items yang dijual di dalam mini vending machine dan tidak terpaku pada food & beverages vending machine semata, seperti mayoritas produk yang ada di Indonesia saat ini.

 

3 dari 4 halaman

Keunggulan Dibanding dengan Kompetitor

Dibandingkan dengan vending machine konvensional yang berukuran besar, mini vending machine memiliki keunggulan jauh dari segi harga jual, sewa, dan juga maintenance.

Sebagai contoh, listrik yang digunakan untuk mesin ini hanya dalam kisaran 60-125 watt, sementara vending machine konvensional membutuhkan rata-rata dalam kisaran 450 watt++.

Selain itu, operasional vending machine ini adalah 24 jam, bukan seperti air conditioner yang sebagian hanya digunakan 6-10 jam per harinya.

Dari segi penempatan lokasi, mini vending machine lebih mudah untuk ditempatkan di lokasi-lokasi yang memiliki luas wilayah relatif kecil karena tidak membutuhkan ruang yang besar seperti vending machine konvensional.

(Isk/Ysl)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini