Sukses

Pastikan Kinerja Lebih Produktif Saat WFH dengan Gadget Multifungsi Ini

Liputan6.com, Jakarta Work from home merupakan salah satu langkah terbaik untuk meredam pandemi virus COVID-19. Namun, mengubah kebiasaan ini tentu perlu proses yang tak mudah. 

Pasalnya, kita yang biasa bekerja di kantor dan dengan rutinitas yang ada, tiba-tiba harus bekerja di rumah. Agar tetap produktif selama bekerja di rumah, berikut caranya. 

Atur waktu

Saat bekerja di rumah, suasana kantor akan terasa hilang. Memang, sebagian orang lebih nyaman ketika bekerja di kantor ketimbang di rumah. Maka dari itu, agar suasana kantor tetap ada saat bekerja di rumah, buatlah manajemen waktu yang benar. 

Misalnya, kamu mulai bekerja tetap seperti jam kantor. Jika kamu awalnya jam 9 pagi  – 5 sore, lakukan hal serupa. Mulailah bekerja mulai pukul 9 pagi dan selesai jam 5 sore. Selain itu, buatlah jam istirahat untuk makan siang,

Ingat, jangan membuat jam bekerja berantakan, semisal kamu mulai pukul 10 pagi dan selesai jam 6 sore. Hal itu akan menghambat kinerja kamu, alhasil pihak perusahaan bisa saja menegur kamu. 

Buat kantor di rumah 

Selain jam yang sama dengan kantor, kamu juga memerlukan tempat layaknya kantor. Buatlah ruangan dengan melengkapi perabotan, seperti meja dengan ukuran sedang dan bangku yang nyaman. Selain itu, susun laptop dan berkas lainnya di meja tersebut. 

Kalau pun kamu tidak memiliki space ruangan tersebut, kamu bisa menggunakan meja belajar di kamar ataupun di ruangan keluarga. Usahakan pilih lokasi untuk bekerja yang tenang agar kamu lebih fokus untuk bekerja. 

Berolahraga 

Di waktu senggang atau saat pekerjaan selesai pada sore hari. Kamu bisa lakukan push up maupun sit up. Jika area rumah cukup besar, kamu bisa lakukan jogging di sekitar rumah. Lakukan olahraga ini sekitar 15 – 30 menit. Nantinya, pikiran akan lebih rileks dan kamu siap bekerja untuk esok hari. 

Pakai gadget canggih

Kemudahan akan teknologi membuat setiap pekerja bisa lebih produktif. Namun gadget yang seperti apa yang bisa menunjang hal tersebut. Yap, salah satu gadget yang bisa memperlancar pekerjaanmu ialah Samsung Z Fold2. Soalnya, gadget tersebut memiliki fitur  yang dapat membantu para pekerja bisa lebih produktif dan optimal dalam bekerja. 

Fitur pertama ialah Fitur Samsung DeX Wireless. Fitur tersebut berfungsi untuk mengkoneksikan  Samsung Galaxy Z Fold2 dengan perangkat PC, Laptop, dan Smart TV tanpa kabel alias cukup dengan koneksi wireless. Lebih mudah bukan. 

Selain itu, ada fitur Link to Windows. Fitur ini mengintegrasikan Windows dan Galaxy Z Fold2 sehingga memungkinkan kamu untuk mengakses  ponsel dari laptop. Selain itu, kamu juga bisa mengirimkan data hanya dengan drag and drop, melihat notifikasi, mengakses telepon dan pesan melalui layar laptop atau personal computer dengan sistem wireless.

Tak hanya itu, Samsung Galaxy Z Fold2 juga memiliki fitur Flex Mode. Bagian layar smartphone pun bisa dibuka dengan tegak untuk mendukung pengalaman pengguna memakai sejumlah aplikasi.

Video yang didukung Flex Mode antara lain adalah Video Player atau perekaman video, YouTube, dan Internet. Sementara untuk Native Apps yang didukung mode ini adalah Gallery, Video Call, serta Calendar.

Misalnya ketika dipakai untuk video call, layar atas akan menampilkan panggilan video dan bagian bawah menampilkan kontrol panggilan seperti memutus telepon, merekam suara, dan lain-lain.

Ketika dipakai pada Flex Mode, perekaman video bisa dilakukan tanpa kontrol tangan alias hands-free berkat fitur Auto framing.

Samsung Galaxy Z Fold2 juga memiliki multi active windows, di mana pengguna bisa membuka tiga aplikasi secara bersamaan dalam satu layar utama. Misalnya pengguna sedang membuka aplikasi Words kemudian ingin sambil mencari bahan di internet, sekaligus sembari buka email.

Terkahir Samsung Galaxy Z Fold2 juga memiliki fitur Connectivity to Smart TV. Jadi, saat waktu istrahat bekerja seharian, kamu bisa menonton film melalui Samsung Galaxy Z Fold2 ke SmartTV. Kamu bisa santai sejenak dari pekerjaan. 

Nah, kalau sudah begitu, kamu bisa lebih produktif dalam menjalankan pekerjaan selama WFH. 

Coba deh!

 

(*)