Sukses

Tips Aman Mengisi Daya Smartphone di Mobil dengan Car Charger

Untuk mengurangi risiko rusaknya smartphone akibat mengisi daya di mobil, berikut tips agar baterai smartphone kamu tetap awet walau sering diisi daya di mobil.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika kamu melakukan perjalanan jauh menggunakan kendaraan, khususnya mobil, car charger tentunya menjadi andalan untuk mengisi daya baterai gadget, terutama smartphone.

Banyak pilihan car charger di pasaran, mulai dari yang terjangkau hingga mahal. Namun rata-rata, harga akan menentukan kualitas.

Di sisi lain, banyak orang yang menganggap mengisi daya smartphone dengan car charger dapat merusak perangkat. Namun kenyataannya, ada cara yang aman untuk mengisi daya smartphone di mobil dengan car charger.

Untuk mengurangi risiko rusaknya smartphone akibat mengisi daya di mobil, berikut cara sederhana dari Hippo agar baterai smartphone kamu tetap awet walau sering diisi daya di mobil, dikutip Senin (12/10/2020).

1. Jangan Letakkan Smartphone di Bawah Sinar Matahari

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah dengan menjauhkan smartphone dari sinar matahari langsung atau sumber panas yang berlebih.

Pasalnya, kondisi smartphone atau pun charger yang panas dapat merusak kompenen di dalamnya. Jika kamu mendapati smartphone atau charger yang panas, sebaiknya kamu langsung mencabutnya dan diamkan beberapa saat.

Tentu, kondisi ini juga berlaku ketika kamu mengisi daya dari travel charger maupun powerbank.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Jangan Gunakan Smartphone Ketika Diisi Daya

Jika kamu harus menggunakan smartphone ketika sedang diisi daya dengan car charger, lebih baik kamu urungkan niat tersebut.

Menurut Hippo, menggunakan smartphone ketika dayanya sedang diisi bisa merusak baterai dan komponen di dalamnya.

Ini juga tidak hanya berlaku untuk pengisian daya di dalam mobil, tapi mengisi daya dari sumber listrik di dalam rumah juga bisa berbahaya karena dapat membuat baterai cepat rusak.

 

3 dari 3 halaman

3. Gunakan Car Charger yang Memiliki Proteksi

Hippo yang belum lama ini merilis car charger Elite SV-1 juga menyarankan untuk tidak asal membeli car charger. Pilihlah produk yang memiliki sejumlah proteksi agar pengisian daya smartphone semakin aman.

Hippo Elite SV-1

Banyak tipe proteksi yang bisa kamu dapatkan pada car charger berkualitas, seperti overheat protection, over charge protection, over discharge protection, over current protection, over voltage protection, dan over power protection.

(Isk/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.