Sukses

Tips WhatsApp: Ekspor Chat ke Email

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp merupakan salah satu aplikasi olah pesan terpopuler di dunia. Pada Februari 2020, jumlah penggunanya diklaim melampaui 2 miliar orang. 

Angka itu kurang lebih seperempat dari populasi dunia yang menurut Worldometers mencapai 7,8 miliar orang pada September 2020 ini.

Sebagai aplikasi olah pesan populer, tentu WhatsApp menghadirkan berbagai fitur yang diharapkan dapat menambah kenyamanan bagi penggunanya. Salah satu fitur tersebut adalah mengarsipkan chat dengan fungsi ekspor.

Buat kamu yang belum tahu, berikut ini tips WhatsApp untuk mengekspor chat ke email.

Langkah pertama, pilih chat yang ingin kamu arsipkan, entah itu chat individu atau grup. Lalu pilih ikon tiga titik di pojok kanan atas, pilih More (Lainnya).

2 dari 3 halaman

Dengan atau tanpa media

Selanjutnya pilih Export chat (Ekspor chat). Kamu akan diminta memilih opsi untuk mengekspor chat berikut media (gambar, dokumen, dan lainnya) atau tanpa media.

Beberapa tipe ponsel akan otomatis menyiapkan sebuah email untuk arsip tersebut dan melampirkannya sebagai dokumen dengan format .txt

Namun, sebagian tipe ponsel lainnya akan meminta kamu untuk menentukan tujuan ke manakah arsip chat tersebut akan dikirim, apakah ke email, Google Drive, atau lainnya.

3 dari 3 halaman

Catatan

Kalau kamu memilih opsi mengarsipkan chat dengan media, kamu hanya dapat mengirim hingga 10.000 pesan.

Sebaliknya, kalau kamu hendak menyimpan chat tanpa media, kamu dapat mengirim hingga 40.000 pesan.